Kritik Seni Analisis Kritik Karya Seniman Menggunakan Struktur Kritik Seni

Kritik Seni
Analisis Kritik Karya Seniman Menggunakan Struktur Kritik Seni





- Salvador Dali
 Salvador Dali Adalah Pelukis Spanyol Eksentrik Yang Sangat Kreatif dalam Menggunakan Media Berkarya dan dia  adalah Salah Satu Master  Terbesar Abad XX

Dia menggambarkan obyek dalam situasi absurd  dan kombinasi yang paling aneh dan tidak biasa. Sangat terampil, paling dikenal untuk  gambar mencolok dan aneh dalam karya surealisnya keterampilan melukisnya yang sering dikaitkan dengan pengaruh renaisance.

Nama dali ini identik dengan gerakan seni surealis dali adalah seorang seniman yang produktif , menciptakan lebih dari 1500 lukisan selama hidupnya dan banyak karya dimedia lain termasul cetakan, gambar, Patung, ilustrasi  buku dan desain teater diciptakannya.

* Salvador dali
Lahir pada tanggal 11 mei 1904 kota spanyol figueres catalonia pada tahun 1922 salvador dali di pindahkan ke madrid untuk belajar Melukis  di akademi seni.
Dia disana ia mulai mengembangkan reputasi sebagai eksentrik menarik perhatian dengan sikapnya berpakaian gaya rambut dan komentar  tentang seni.

- Salvador Dali umumnya dikenal dengan gaya lukisan aliran surrealisme.
Seperti lukisannya terkenal yaitu :
"THE PERSISTENCE OF MEMORY" (JAM MELELEH)
Selesai  pada tahun 1931


Salvadie dalim (Spanish, 1904-1989). The Persistance of memory, 1931. Oil on canvas,
9 1/2x13" (24.1x33 cm) . New york. Photograph taken in 2004

Deskripsi
- Lukisan Tersebut berjudul The Persistance of Memory, memiliki ukuran 24,1 × 33 cm merupakan karya salvador dali beraliran Surealisme.
Lukisan Tersebut terlihat adanya ranting pohon dan diatas balok ada sebuah jam yang seakan meleleh diranting tersebut ada 4 jam yang seakan meleleh  dengan letak posisi yang berbeda, ada tergeletak di pohon, dimeja ada juga seperti wajah yang menutup matanya diwajah tersebut ada jam meleleh. Lukisan ini dominan dengan warna coklat, kuning putih, hitam dan biru








Analisis Formal
Jika dilihat lukisannya terkesan 3 dimensi, Gradasinya pun terlihat di lukisan imi, dilukisan tersebut terlihat mustahil didunia nyata, tidak seperti didunia nyata, terkesan Seperti ada dalam dunia mimpi.





interpretatif

- Lukisan tersebut
Merupakan hasil ekspresi dari memori memori remaja salvador dali
Lukisan lukisan tersebut memperlihatkan pemikiran dari salvador dali yang mencakup dunia pskioanalisis konsep materi ruang waktu , mimpi, ilusi hingga fantasi.
Landscape dalam lukisan yang berada pada lukisan tersebut terdapat sebuah gunung dari tabah kelahirannya di catalonia








evaluasi

- Hasil analisis  terlihat pada jam meleleh sebagai objek utama dalam lukisan.
-Pewarnaannya terkesan sunyi dan warna awannya berwarna biru bergradasi abu kekuningan
- lukisan ini membuat kita mampu berimajinasi dan terbayang dalam pikiran kita.
Lukisan Tersebut bermedia kanvas ukuran , 24,1 X 33 Cm.

Menurut Dosen gambar teknik (Dr. Muhammad Rapi - Dosen Seni RupaUNM): Lukisan tersebut bermakna sebagai orang yang tidak memanfaatkan waktunya yaitu tidak tepat waktu mengerjakan tugas dalam bekerja.












Komentar

Postingan Populer