LAPORAN KEGIATAN MAGANG 2 (SMK NEGERI 3 GOWA)



     LAPORAN KEGIATAN MAGANG 2


          
  


    LAPORAN
  KEGIATAN MAGANG 2

      


  
         SMK NEGERI 3 GOWA 


 

                                                                                                            Oleh :
   NAMA : FIRDAUS
       NIM      : 10541083015

     PROGRAM STUDI STRATA 1 (S1)
    JURUSAN PENDIDIKAN SENI RUPA
    FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
  UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
AGUSTUS 2017










LEMBAR

PENGESAHAN KEGIATAN MAGANG 2


Laporan  Program  Magang  2 oleh mahasiswa  Universitas Muhammadiyah Makassar di

SMK NEGERI  3 GOWA Tahun ajaran 2017 dinyatakan  diterima dan disahkan.



                  Yang melaksanakan kegiatan ini adalah :

                  Nama                                : FIRDAUS

                  NIM                                  : 10541083015

                  Program Studi                 : Pendidikan Seni  Rupa

                  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)



                                                                                                                        Makassar, 11 September  2017

                                                                                  



       Mengetahui                                                                                                       Disahkan Oleh,                                                                                                                                    
          
               Kepala Sekolah                                                                                          Dosen Pengampu,                                                                    


   Drs. Asman Nur, M.pd__                                                               Andi Baetal Mukaddas, S.pd., M.sn.
   NIP : 19630901 198803 1 015                                                      NBM. 431 879


Guru Pembimbing


    Drs. Indra Mustaman_
NIP:  19671019 199303 1 004
























FORMAT
LEMBAR PENILAIAN

Berdasarkan  Pengamatan  Laporan  Program  Magang  2 oleh mahasiswa  Universitas Muhammadiyah Makassar

Yang melaksanakan kegiatan ini adalah :
                  Nama                                : FIRDAUS
                  NIM                                  : 10541083015
                  Program Studi                : Pendidikan Seni  Rupa
                  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Maka guru dan dosen pembimbing memberikan nilaI  A/B/C/D/E*
                                                                                    
 Makassar, 11 September 2017


       Mengetahui                                                                                                      
          
               Kepala Sekolah                                                                                 Dosen Pengampu,                                                                   


   Drs. Asman Nur, M.pd__                                                               Andi Baetal Mukaddas, S.pd., M.sn.
   NIP : 19630901 198803 1 015                                                      NBM. 431 879


Guru Pembimbing


    Drs. Indra Mustaman_
NIP:  19671019 199303 1 004
















Nama Mahasiswa          : Firdaus
NIM                                           : 10541083015
Jurusan/Prodi                 : Pendidikan Seni rupa
Bab
Komponen
Kriteria
Skala
Penilaian
1
2
3
4
1
Pendahuluan
Visi Misi Sekolah





Profil Sekolah





2
Prosedur Pelaksanaan
Jelas Jumlah Siswa, tempat,dan waktu Pelaksanaan magang 2




Langkah-Langkah Melakukan Pengamatan




3
Hasil Pelaksanaan, refleksi dan pembahasan
Deskripsi hasil telaah kurikulum




Deskripsi hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan guru




Deskripsi hasil telaah rancangan RPP guru







Deskripsi  hasil telaah media pembelajaran yang digunakan guru






Deskripsi hasil telaah sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan guru






Deskripsi hasil
Pengembangan RPP







Deskripsi hasil
Pengembangan Bahan ajar




Bab
Komponen
Kriteria
Skala
Penilaian

1
2
3
4



Deskripsi hasil pengembangan asemen






Menyajikan refleksi dan pembahasan




4
Simpulan
dan Saran 
Menyajikan simpulan hasil Pelaksanaan






Saran tindak lanjut diberikan berdasarkan temuan dan pembahasan yang terkait dengan hasil telaah dan pengembangan perangkat pembelajaran





5
Daftar
Pustaka
Daftar Pustaka relevan dan penulisannya sesuai ketentuan




Jumlah













                 


                     

              



















































                     
                         Keterangan
·         Nilai: 1 kurang sekali; 2 Kurang; 3 Baik; 4 Baik sekali
·         Penentuan Nilai Akhir (NA) Magang 2 
NA = (Jumlah Nilai guru pembimbing + jumlah Nilai dosen pembimbing)/2
·         Interval Nilai
                    3,50 – 4,00 = A
                    3,00 – 3,49 = B
                    2,50 – 2,99 = C
                                            2,00 – 2,49 = D
                                  
                   Makassar,...... September 2017
                   Dosen Pengampu,

             Andi Baetal Mukaddas, S.Pd., M.Sn.
             NBM. 431 879

















               Deskriptor Kriteria Penilaian
Bab
Komponen
Kriteria
Deskriptor
1
Pendahuluan
Visi misi sekolah
         Menginterpretasikan
         visi misi sekolah
         Dengan jelas
Profil Sekolah
          Menuliskan:
        (i)  Kualifikasi guru
        (ii) Jumlah guru
        (iii) Laboratorium
        (iv)Unit Kegiatan siswa
2
       Prosedur
       Pelaksanaan
Jelas Jumlah
Siswa, tempat,
Dan waktu
Pelaksanaan
Magang 2
     Menuliskan jumlah
     Siswa, tempat, dan
     Waktu pelaksanaan
      Magang  2
Langkah – langkah
Melakukan
Pengamatan
          Menjelaskan Langkah –
          Langkah melakukan
          Pengamatan dengan
          sistematis
3
Hasil
Pelaksanaan
Dan
pembahasan
Deskripsi hasil Telaah
kurikulum
          Menuliskan dan        
         menjelaskan data hasil
         Telaah kurikulum

Deskripsi hasil telaah
Strategi pembelajaran yang digunakan guru

Menuliskan dan menjelaskan
data hasil telaah strategi
pembelajaran yang digunakan guru

Deskripsi hasil telaah Rancangan  RPP guru
Menuliskan dan menjelaskan
Data hasil telaah  rancangan RPP guru


Deskripsi hasil telaah media pembelajaran yang digunakan guru

Menuliskan dan menjelaskan
Data hasil telaah media pembelajaran yang digunakan
guru




Deskripsi hasil telaah Sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan guru


Menuliskan dan menjelaskan
data hasil telaah sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan guru




Deskripsi hasil pengembangan RPP

Menuliskan dan menjelaskan  hasil pengembangan RPP





Deskripsi hasil pengembangan bahan ajar
Menuliskan dan menjelaskan hasil pengembangan bahan ajar


Deskripsi hasil pengembangan asesmen
Menuliskan dan menjelaskan
Hasil pengembangan asesmen


Menyajikan refleksi dan pembahasan
Menyajikan refleksi berdasarkan hasil telaah dan pengembangan perangkat
Pembelajaran yang disertai
Dengan pembahasan

4
Simpulan
Dan Saran
Menyajikan simpulan hasil
pelaksanaan
Menyajikan kesimpulan berdasarkan hasil pelaksanaan dan pembahasan magang 2


Saran tindak lanjut
Menyajikan saran tindak lanjut diberikan berdasarkan temuan dan pembahasan yang terkait dengan hasil telaah pengembangan perangkat pembelajaran
5
Daftar
Pustaka
Daftar Pustaka
Daftar Pustaka yang ditulis sesuai dengan aturan penulisan daftar pustaka,relevan dan mutakhir.

























FORMAT
ABSENSI KEGIATAN MAGANG 2

Nama Mahasiswa            : FIRDAUS
NIM                                       : 10541083015
Jurusan/Prodi                    : Pendidikan Seni Rupa

Pertemuan

Kegiatan
Tanggal/Bulan
...
...
...
...
1
Pembekalan Magang 2
2
8
0
7
2
Pembekalan Magang 2
0
1
0
8
3
Mengirim surat ke sekolah dan wawancara ke kepala sekolah
1
4
0
8
4
Wawancara dengan guru pembimbing
1
5
0
8
5
Wawancara dengan wakasek Kurikulum
1
6
0
8
6
Mengamati Proses Pembelajaran
2
2
0
8
7
Mengambil dokumentasi berupa foto
3
0
0
8
8
Penandatanganan Hasil Laporan Magang 2
1
1
0
9


              Sungguminasa  11 September 2017
              Kepala Sekolah (SMK NEGERI 3 GOWA)


                  Drs. Asman Nur, M.pd
             NIP : 19630901 198803 1 015          


























KATA PENGANTAR


            Puji 7syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya  sehingga Penulis dapat menyelesaikan laporan Program Mata Kuliah Magang II yang insyaallah mendapatkan rahmat-Nya.
Penulis membuat Laporan Magang 2 ini guna untuk memenuhi tugas mata kuliah Magang 2, semoga laporan ini memenuhi syarat seperti yang diharapkan.

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang turut membantu dalam penyusunan laporan ini, antara lain kepada :

1.      Andi Baetal Mukaddas, S.pd., M.sn.  Selaku Dosen Pembimbing Magang II
2.      Drs. Asman Nur, M.pd , Selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Gowa)
3.     Drs. Indra Mustaman Selaku Guru Pembimbing Magang II, yang juga telah banyak memberikan bimbingan baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga pelaksanaan magang dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
4.      Kepada Bapak dan Ibu Guru SMK Negeri 2 Somba Opu (SMKN 3 Gowa) yang telah membantu dalam proses kegiatan magang.
5.   Tak lupa pula penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak Terutama Kedua Orang Tua dan  terkait lainnya yang telah banyak membantu baik itu untuk pelaksanaan magang maupun dalam penyelesaian Laporan.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam pembuatan laporan ini, sehingga kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Akhir kata penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam penyusunan laporan ini.

                                                                                   

                                                         
                                                                                         Sungguminasa, 11 September 2017
                                                                                      Penulis


















DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
LEMBAR PENILAIAN
RUBRIK PENILAIAN
DESKRIPTOR PENILAIAN
ABSENSI KEGIATAN
KATA PENGANTAR........................................................................................ i
DAFTAR ISI ......................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................1
                      A.    Visi Misi Sekolah.........................................................................1
                      B.    Profil sekolah................................................................................2
BAB II PROSEDUR PELAKSANAAN..........................................................15
                     A.     Jumlah siswa, tempat, dan waktu pelaksanaan magang 2.......... 15
                     B.     Langkah – langkah menelaah..................................................... 18
BAB III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN......................... 20
                      A.   Hasil Telaah................................................................................ 20
                       A.1. Kurikulum........................................................................... 20
                       A.2. Strategi pembelajaran yang digunakan guru...................... 26
                       A.3. Rancangan RPP guru......................................................... 26
                       A.4. Media pembelajaran yang digunakan guru.........................35
                       A.5. Sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan guru......... 36
               B.  Hasil Pengembangan.................................................................... 37
                      B.1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)........................ 37
                      B.2. Bahan Ajar.......................................................................... 41
                      B.3. Asesmen............................................................................. 45
              C.   Refleksi dan Pembahasan ........................................................... 47
BAB IV SIMPULAN DAN SARAN............................................................. 50
                      A.  Simpulan.....................................................................................50
                     B.   Saran.......................................................................................... 50
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................... 51
LAMPIRAN-LAMPIRAN................................................................... ........ 52
                  











                                                                                        

BAB 1
PENDAHULUAN

A.Visi Misi Sekolah

 
                           SMK NEGERI 3 GOWA
           Email : <vocschsmk2sombaopu@yahoo.co.id>
                              www.smkn2sombaopu.sch.id
   JL. Mesjid Raya No 46       0411-866451 Sungguminasa, 92111

Visi  :
Menjadikan lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan yang menghasilkan SDM yang bertaqwa, profesional, terpercaya dan terkemuka serta berwawasan lingkungan

Misi :

Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan sesuai karakter wilayah.
Meningkatkan kerjasama dengan dunia industri, instansi, lembaga terkait dan partisipasi masyarakat.
Meningkatkan kesadaran berbudaya dan peduli lingkungan.
Berkontribusi pada pengembangan karakter budaya lokal


Motto:
Berkomitmen menjadi yang terbaik  (COMMITTED TO BE THE BEST¬)







B. Profil Sekolah
SMK NEGERI 2 SOMBA OPU Yang kini Berubah Nama Menjadi SMK NEGERI 3 GOWA  Merupakan Sekolah Menengah Kejuruan, Terletak Dikabupaten Gowa, Kelurahan Bonto-Bontoa,Kecamatan Somba Opu, Bertempat di depan Lapangan Syech Yusuf Discovery, tepatnya di belakang SMK Negeri 1 Somba Opu, dan terdiri dari berbagai Jurusan.Yang beralamat Di JL. Masjid Raya No.46 Yang Berdiri pada tahun 1989.
                                       
1. Identitas Sekolah
1    Nama Sekolah    :    SMKN 2 SOMBA OPU (SMK NEGERI 3 GOWA)
2    NPSN    :    40313851
3    Jenjang Pendidikan    :    SMK
4    Status Sekolah    :     Negeri
5    Alamat Sekolah    :    JL. MESJID RAYA NO. 46 SUNGGUMINASA
     RT / RW    :    1    /    1   
     Kode Pos    :    92111
     Kelurahan    :    BONTO-BONTOA
     Kecamatan    :    Kec. Somba Opu
     Kabupaten/Kota    :    Kab. Gowa
     Provinsi    :    Prop. Sulawesi Selatan
     Negara    :    
6    Posisi Geografis    :    -5,2014333    Lintang        
               119,4536717    Bujur        
2. Data Pelengkap
7    SK Pendirian Sekolah    :    0134/0/1989
8    Tanggal SK Pendirian    :     2017-02-20
9    Status Kepemilikan    :    Pemerintah Daerah
10    SK Izin Operasional    :    -
11    Tgl SK Izin Operasional    :    2017-02-20
12    Kebutuhan Khusus Dilayani    :    Tidak ada
13    Nomor Rekening    :    0225-01-029996-50-3
14    Nama Bank    :    BRI
15    Cabang KCP/Unit    :    Sungguminasa
16    Rekening Atas Nama    :    SMK Negeri 2 Somba Opu
17    MBS    :    Tidak
18    Luas Tanah Milik (m2)    :    20000
19    Luas Tanah Bukan Milik (m2)    :    0
20    Nama Wajib Pajak    :    BENDAHARAWAN RUTIN SMK NEG 2 SOMBA OPU
21    NPWP    :    6,01814E+12
3. Kontak Sekolah
20    Nomor Telepon    :    0411-866451
21    Nomor Fax    :     0411-866451
22    Email    :    smknegeri2sombaopu@yahoo.co.id
23    Website    :     http://www.smkn2sombaopu.net.com
4. Data Periodik
24    Waktu Penyelenggaraan    :    Pagi
25    Bersedia Menerima Bos?    :    Bersedia Menerima
26    Sertifikasi ISO    :    9001:2008
27    Sumber Listrik    :    PLN
28    Daya Listrik (watt)    :    88500
29    Akses Internet    :    Telkomsel Flash
30    Akses Internet Alternatif    :   
5. Data Lainnya
31    Kepala Sekolah    :    ASMAN NUR
32    Operator Pendataan    :    H. NOOR RAHIM
33    Akreditasi    :    A
34    Kurikulum    :    Kurikulum 2013



Nama Sekolah     : SMK Negeri 2 Somba Opu (SMK Negeri 3 Gowa)
NPSN    : 40313851
NSS     : 711.1903.01.007
Alamat     : Jl. Masjid Raya No. 46 Tlp 0411-866451 Sungguminasa 92111
                    Email : <vocschsmkn2sombaopu @yahoo.co.id>
SK. Pendirian
    Nomor     : 0134 / 0 / 1989
    Tanggal     : 14 - 3 - 1989
Bidang Prog. Keahlian     : Bidang Seni & Kerajinan dan Teknologi &
                                             Rekayasa
   
Program   Jurusan : 1. Kria Kayu
                                   2. Kria Tekstil
                                   3. Kria Logam
                                   4. Kria Keramik
                                   5. Teknik Pengelasan
                                   6. Kria Kulit
                                   7. Teknik Mekanik Otomotif
                                    8. Desain Komunikasi Visual
                                    9. Teknik Alat Berat
                                   10. Desain Interior & Furniture  

                                      
Kualifikasi Guru

Nama Kepala Sekolah    Drs. Asman Nur, M.Pd
N I P    19630901 198803 1 015
No. SK. Pengangkatan    821 /453/ BKDD
Tanggal    9 September 2016


NOMOR KODE GURU MATA PELAJARAN
               
NO    NO.  KODE    NIP    NAMA    MATA PELAJARAN
1    1    19571231 198703 2 016    Dra. Hamidah    Pend. Agama Islam ( PAI )
2    2    19670709 199512 1    Muhammad Basri, S.Pd.    Sejarah Indonesia
                    Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
3    3    19601231 198903 1 099    Drs. Mujahid    Pend. Kewarganegaraan ( PKN )
4    4    19630211 198701 2 001    Dra. Budima    Bahasa Indonesia ( BIN )
5    5    19641231 199001 2 005    Dra. Halijah    Bahasa Indonesia ( BIN )
6    6    19710828 200804 2 001    Syamsiah, S.Pd.    Bahasa Indonesia ( BIN )
7    7    19810907 201101 1 010    Roni Salasa, S.Pd.    Bahasa Indonesia ( BIN )
8    8    19661005 199403 2 006    Dra. Suprihatin    Pend. Jasmani,OR & Kesehatan ( PJOK )
9    9    19710625 199903 1     Muh. Taufiq Badewi, S.Pd.    Pend. Jasmani,OR & Kesehatan ( PJOK )
10    10    19691206 199303 2 009    Hj. Sahara, BA.    Pend. Jasmani,OR & Kesehatan ( PJOK )
11    11    19610406 198803 2 004    Dra. St. Rabiah    Seni Budaya ( SBY )
12    12    19640325 199601 2 002    Dra. Rosmiati K    Seni Budaya ( SBY )
                    Produktif DKV
13    13    19680217 199412 2 004    Dra. A.Tenri Sa’na    Matematika
14    14    19680602 199602 2 001    Dra.Hj.Iriani, M.Si.    Matematika
15    15    19820710 200604 2 021    Ramlah B, S.Pd    Matematika
16    16    19670519 199001 2 002    Hj. Junaedah, S.Pd    Bahasa Inggris (BIS)
17    17    19551021 198003 1 008    Mansur Akili, S.S    Bahasa Inggris (BIS)
18    18    19660118 199412 2 004    Dra.Nuraidah    Bahasa Inggris (BIS)
19    19    19681022 200502 2 001    Dra.Sribudi Siswanti    Bahasa Inggris (BIS)
20    20    19560610 198803 2 002    Dra.Yayu Wahyuni Yuritman, M.Si    Bahasa Inggris (BIS)
21    21    19600314 198603 1 028    Drs. Muhajirin    Fisika
                    Kimia
22    22    19599102 198703 2 005    Dra.Hj.Husni Dachlan    Bimbingan/Konseling ( BK )
23    23    19610910 198703 2 006    Dra.Hj.Nurul Rusilawati,SS.MM    Bimbingan/Konseling ( BK )
24    24    19590518 198602 2     Dra. Maryam Muchtar    Prakarya dan Kewirausahaan (PKUA)
25    25    19541112 198303 1 009    Drs. Sallarong    Prakarya dan Kewirausahaan (PKUA)
26    26    19710405 199804 2 004    Sukiana, SE. S.Pd.    Prakarya dan Kewirausahaan (PKUA)
                    Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
                    Sejarah Indonesia (SI)
27    27    19710303 199512 1 001    Muhammad Rusman, S.Pd, M.Pd    Produktif  Teknik.Pengelasan
                    Produktif  Teknik Alat Berat
28    28    19710330 200012 1 003    Muhammad Jafar, S.Pd    Produktif  Teknik.Pengelasan
                    Produktif Teknik Kendaraan Ringan
                    Produktif  Teknik Alat Berat
29    29    19720720 200701 1 020    Muhammad Tahir, S.Pd    Produktif  Teknik.Pengelasan
                    Produktif Teknik Kendaraan Ringan
30    30    19761217 200701 1 010    Muh. Alwi Arifin, S.Pd    Produktif  Teknik.Pengelasan
                    Produktif Teknik Kendaraan Ringan
31    31    19780609 200701 1 014    Rustam, S.Pd    Produktif  Teknik.Pengelasan
                    Produktif Teknik Kendaraan Ringan
                    Produktif Teknik Alat Berat
32    32    19590530 198703 1 005    Drs.H.M.Hasbullah, M.Si.    Produktif Kria Kayu
33    33    19650105 198903 1 014    Drs. Munsir    Produktif Kria Kayu
34    34    19671231 198903 1 064    Abd.Rahman, S.Pd. M.Pd.    Produktif Kria Kayu
35    35    19650613 199512 2 002    Dra. Rostina Fakhruddin    Produktif Kria Kayu
36    36    19681231 199601 1 003    Irjono Ali, S.Pd.    Produktif Kria Kayu
37    37    19631231 198903 1 157    Drs. Hadarno    Produktif  Teknik Alat Berat
                  
38    38    19761231 200604 1 003    Sudirman G, S.Pd    Produktif Teknik Kendaraan Ringan
                    Produktif  Teknik Alat Berat
39    39    19641128 200604 1 006    Drs. Rustan Saebe    Produktif Teknik Kendaraan Ringan
                    Produktif  Teknik Alat Berat
40    40    19821005 200901 1 013     Sabri, S.Pd    Produktif Teknik Kendaraan Ringan
                    Produktif  Teknik Alat Berat
41    41    19600328 198603 1 008    Drs. Idrus Nurdin    Produktif Kria Tekstil
42    42    19590314 198603 2 009    Dra. Ratnawati    Produktif Kria Tekstil
43    43    19680315 199503 2 006    Nurdiah, S.Pd    Produktif Kria Tekstil
44    44    19590918 198503 2 010    Debora Elisabeth, S.P.W.    Produktif Kria Tekstil
45    45    19661231 199402 1 009    Drs. Abidin  L.    Produktif Kria Tekstil
46    46    19670707 199402 2 002    Dra.Hj.Desma Yuliati, M.Pd.    Produktif Kria Tekstil
47    47    19590112 198703 2 010    Dra.Istina AP.    Produktif Kria Tekstil
48    48    19730322 200701 2 012    Wahyuni, S.Pd.    Produktif Kria Tekstil
                    Prakarya dan Kewirausahaan (PKUA)
49    49    19661231 199402 1 010    Drs. Abidin  B.    Produktif Kria Tekstil
50    50    19760720 200701 2 018    Darmawati R, S.Pd.    Produktif Kria Tekstil
                    Prakarya dan Kewirausahaan (PKUA)
51    51    19601225 198603 2 014    Dra. Herlin Natalia Nura    Produktif Kria Tekstil
52    52    19580509 199003 1 001    Drs.Hijrah Mangun    Produktif  Kria Logam
53    53    19630312 198903 1 029    Drs. Aboebakar B    Produktif  Kria Logam
54    54    19570419 198602 1 002    Drs.Pamadeng Rukka    Produktif  Kria Logam
55    55    19670415 199402 1 002    Drs. Muh. Nasir    Produktif  Kria Logam
56    56    19680907 198903 1 014    Abd. Fattah, S.Sos.    Produktif  Kria Logam
57    57    19600302 198503 1 019    Martinus Palindung, S.Pd.    Produktif  Kria Kulit
                    Produktif Kria Kayu
58    58    19570403 198703 1 010    Drs. Saikon Suratman    Produktif  Kria Kulit
59    59    19641231 198903 1 157    Syakir, S.Pd.    Produktif  Kria Kulit
60    60    19771217 200801 2 007    Fatmawati ,  S.Pd    Produktif  Kria Kulit
61    61    19681231 199601 1 002    Kemmang, S.Pd.    Produktif  Kria Keramik
62    62    19550908 198903 1 005    Drs. M. Natsir    Produktif  Kria Keramik
63    63    19651127 199601 1 001    Drs. Ruslan    Produktif  Kria Keramik
64    64    19660526 199601 1 001    Syahrul, S.Pd.    Produktif  Kria Keramik
65    65    19670921 199402 2 002    Dra. Nurhudayah Lukman    Produktif  Kria Keramik
66    66    19591010 198602 1 014    Drs. Suprio    Produktif DKV
67    67    19661109 199402 1 001    Drs.Imanuddin Djaya, M.Pd.    Produktif DKV
68    68    19671019 199303 1 004    Drs. Indra Mustaman    Produktif DKV
69    69    19631215 199003 1 009    Drs.Mahdar    Produktif  Kria Logam
70    70    19810828 201101 1 007    Adnan, S.Pd    Produktif Teknik Kendaraan Ringan
                    Produktif Teknik Alat Berat
71    71    GTT    Sutrisna Arlianti, S.Pd.    Produktif Kria Tekstil
72    72    GTT    Sardiana, S.Pd.    Produktif Desain Komunikasi Visual
73    73    GTT    Sri Astuti,S.Pd    Produktif Kria Kulit
74    74    GTT    Satriyullah, S.Pd.    Produktif  Teknik.Pengelasan
                    Produktif Teknik Kendaraan Ringan
                    Produktif Teknik Alat Berat
75    75    GTT    Riswan, S.Pd.    Produktif Teknik Kendaraan Ringan
                    Produktif  Teknik Alat Berat
76    76    GTT    Icawaty Umar, SE    Pend. Kewarganegaraan ( PKN )
                    Prakarya dan Kewirausahaan (PKUA)
77    77    GTT    Irawati Bundu Raga, S.Pd.    Pend. Kewarganegaraan ( PKN )
78    78    GTT    Nurhaedah, S.Pd.    Pend. Kewarganegaraan ( PKN )
79    79    GTT    Fauziah, S.Pd    KIMIA
80    80    GTT    Wahyu Andriani, S.Pd.    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
                    Kimia
81    81    GTT    Jumriana, S.Pd    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
82    82    GTT    Syamsiah, S.Pd    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
                    Produktif Kria Kulit
83    83    GTT    A. Marlina, S.Pd     Matematika
84    84    GTT    Satriani Segar, S.Pd.    Matematika
85    85    GTT    Hasnawati, S.Pd    Matematika
86    86    19690702 200801 2 007    Surianti Lilikay, S.Pd    PPKn
87    87    GTT    Asriani Djabbar, S.Pd.    Matematika
88    88    GTT    Hasriyawaty B,  A.Md.Kom.    SIMULASI DIGITAL ( SD )
89    89    GTT    Nur Salam    SIMULASI DIGITAL ( SD )
                    Fisika
90    90    GTT    Nurfatimah Wardani Rahman, S.Pd.    SIMULASI DIGITAL ( SD )
91    91    GTT    Sri Sufatmiwaty, S.Pd.    Bahasa Inggris (BIS)
92    92    GTT    Nurfitriani S, S.Pd    Produktif Kria Kulit
93    93    GTT    Nursyamsi, S.Pd    Bahasa Indonesia ( BIN )
94    94    GTT    Nurlaelah, SHI, S.PdI    Pendidikan Agama Islam (PAI )
95    95    GTT    Wenni Setiawan, S.Pdi    Pendidikan Agama Islam (PAI )
96    96    GTT    Seila Fhebrianti Shariff, S.Pd.    Sejarah Indonesia
97    97    GTT    Sarkawi Takir    Produktif DKV
98    98    GTT    M. Rijal Ramli    Produktif DKV
99    99    GTT    Abd. Ma'ruf, S.Ds    Produktif DKV
100    100    GTT    Muhammad Akbar Syafruddin, S.Pd    Pend. Jasmani,OR & Kesehatan ( PJOK )
101    101    GTT    Supardi, S.Pd.    Bahasa Inggris (BIS)
102    102    GTT    Awaluddin Abidin, S.Sn.    Produktif DKV
       






DATA TENAGA KEPENDIDIKAN (TATA USAHA)   
SMK NEGERI 2 SOMBA OPU       
           
NO.    NIP    NAMA    TUGAS
1     196803151989031011      Noor Rahim, SE.     Kepala Tata Usaha
2     196406271989031009      Muhammad  Taufik, S.Sos.    
3     195910101988032005      Nursiah Kulle    
4     196010061988032005      Hj. Suhati  B. SE    
5     196108091989032001      St. Hartatiah, SE    
6     195909081982032005      Bunary Samparrung    
7     196407101986032022      Rosmiati    
8     196612221989032006      Hartini    
9     196809201992032006      Dwilasminiati    
10     196202211992031008      Abdullah Yusuf    
11     19740301199312 001      Ratna WijayaKusuma    
12     196912231989031004      Muhammad Said    
13          Asmawati    
14          Jumria    
15          Maskur, S.Sos.    





Jumlah Guru
Dari Table Diatas Dapat Dilihat Jumlah Guru Sebanyak 102 Guru Dari berbagai Guru Kejuruan/Praktek dan hingga guru mata pelajaran Umum/Teori meliputi PNS dan Belum PNS.
Dan 15 TenagaKependidikan.



Laboratorium
Meliputi Sarana dan Prasarana :

Sarana/Prasarana SMK NEGERI 2 SOMBA OPU
SARANA GEDUNG
NO    URAIAN.    JUMLAH
SATUAN    KONDISI    KEBUTUHAN
            BAIK    RR    RB   
1    2    3    4    5    6    7
5.    Gedung / Ruang                   
    1. Ruang Administrasi                   
    1.1. R.Kepala Sekolah    1    1    -    -   
    1.2. R.Tata Usaha    1    1    -    -   
    1.3. R.Guru    1    1    -    -   
    1.4. Gudang    1    1    -    -   
    2. Ruang Praktik                   
    2.1. R. Kriya Logam    1    1    -    -   
    2.2. R. Kriya Tekstil    1    1    -    -   
    2.3. R. Kriya Kayu    1    1    -    -   
    2.4. R. Kriya Keramik    1    1    -    -   
6.    Ruang Lab Bahasa    1    1    -    -   
7.    Ruang Lab Komputer    1    1    -    -   
8.    Ruang Perpustakaan    1    1    -    -   
9.    Ruang Teori    24    24    -    -   
10.    Ruang Osis    1    1    -    -   
11.    Ruang UKS    1    1    -    -   
12.    Ruang BP/BK    1    1    -    -   
13.    Ruang Pola    1    1    -    -   
14.    Mushollah    1    1    -    -   
15.    R. Dinas Kepala Sekolah    1    1    -    -   
16.    Aula    1    1    -    -   
17.    WC/KM    6    6    -    -   
18.    Infra Struktur                   
    18.1. Pagar Keliling                   
    18.2. Listrik /PLN    1    1    -    -   
    18.3. Sumur Bor    1    1    -    -   
    18.4. Menara Air    1    -    1    -   
19.     Luas Bangunan Seluruhnya                   
    19.1. Tanah    2000 m3    2000 m3    -    -   
    19.2. Lapangan    1    1    -    -   
    19.3. Lahan Kosong    1    1    -    -   
    19.4. Keliling tanah seluruh    2000    2000    -    -   







KEGIATAN UNIT PRODUKSI
KRIYA  KAYU
Meubel   
Profil Kayu
Souvenir
Ukiran
Bubutan
KRIYA  LOGAM
Pagar
Terali Jendela
Las
Bubut
Souvenir
KRIYA TEKSTIL
Sablon
Sulaman / Tenun / Batik
Jahit menjahit
Garment
Batik tulis / cetak
Grafis
Souvenir
KRIYA KERAMIK
Gerabah
Cendramata / Sauvenir
Hiasan Dinding
TEKNIK LAS / OTOMOTIF
Las Listrik, Karbit
Mesin diesel
Mesin bensin

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Advertising
Photography
Desain/Ilustrasi
Komputer Grafis
Multimedia
Animasi
KRIA KULIT
Ikat Pinggang
Gantung Kunci
Dompet
Sepatu / Sendal
Tempat HP

Unit Kegiatan Siswa
Unit Kegiatan Siswa merupakan Serangkaian Kegiatan yang didirikan oleh pihak sekolah itu sendiri dan djilankan oleh siswa (i). Bertujuan untuk mengembangkan Bakat yang Nantinya dapat diperlombakan , baik ditingkat kabupaten maupun provinsi.
                Adapun Unit Kegiatan Siswa Di SMK NEGERI 2 SOMBA OPU :
Pramuka
Paskibra
Palang Merah Remaja (PMR)
English Meeting Club ( EMC)
Remaja Mesjid Nurul Ilmi
Sispala
Club Olah Raga
Club Seni
Remaja Masjid Nurul Ilmi
Bulletin Kampus/Mading














BAB II
                                    PROSEDUR PELAKSANAAN


  A. Jumlah Siswa, Tempat, Dan Waktu Pelaksanaan Magang 2

A.1.   Jumlah Siswa
Jumlah Siswa di SMK NEGERI 2 SOMBA OPU (SMK NEGERI 3 GOWA) Keseluruhan 1545 orang
KELAS X terdiri dari 640 orang, Kelas XI terdiri dari 536 Orang , dan kelas XII terdiri dari 368 Orang.








A.2.Tempat  Pelaksanaan Magang
 Magang 2 dilaksanakan di sekolah SMK NEGERI 2 SOMBA OPU (SMK NEGERI 3 GOWA)

A.3. Waktu Pelaksanaan Magang
 Pelaksanaan Magang 2 dilaksanakan Saat Libur semester 4 Yang dilaksanakan tgl 14 agustus – 11 september, selama 1 bulan.


















B.  Langkah- langkah Melakukan Pengamatan

        Adapun Langkah- langkah Melakukan Pengamatan Magang 2 yaitu:

1. Meminta Izin

         Penulis membawa dan menyerahkan surat izin Magang 2 kepada Kepala Sekolah SMK NEGERI 2 SOMBA OPU ( SMK NEGERI 3 GOWA ) Serta Memberikan Penjelasan Mengenai Tujuan Dan Kegiatan Yang akan dilakukan selama Magang disekolah.

2.  Mengamati Infrastruktur Dan Visi Misi Sekolah
           Setelah Mendapatkan Izin Dari Kepala Sekolah penulis mengamati
Infrastruktur sekolah melalui dari parkiran,ruang kelas,wc,perpustakan,dan lain-lain yang
Berhubungan dengan sekolah serta mengamati visi dan misi sekolah. Dalam Proses
Pengamatan infrastruktur sekolah penulis mengambil beberapa foto dokumentasi dan
Mencatat infrastruktur yang ada di SMK NEGERI 2 SOMBA OPU.

3. Melakukan wawancara
          Wawancara adalah langkah yang dilakukan untuk mendapatkan informasi
Yang lebih jelas tentang sekolah. Dalam hal ini penulis melakukan wawancara dengan kepala
Sekolah, wakasek,kurikulum,guru pembimbing,dan siswa.

4 .Meminta Data
          Untuk membuktikan hasil wawancara secara jelas penulis meminta data seperti
 profil sekolah,jumlah guru, dan  Data data yang berkaitan dengan pengisian laporan
 Magang 2.

5. Menentukan Kelas
   Bagian kurikulum menentukan kelas dan guru pembimbing untuk meminta
  data RPP serta mengamati proses pembelajaran.
   
6. Mengamati Proses Pembelajaran
Dalam Mengamati Proses pembelajaran Dalam kelas yang dilakukan mencatat serta
Mengambil beberapa dokumentasi dan menganalisis metode yang digunakan guru dalam
Proses belajar mengajar.

  7. Berdiskusi dengan guru
     Setelah Mengamati Penulis Kemudian Berdiskusi dengan guru tentang proses
      Pemebelajaran dikelas dan sikap siswa dalam proses belajar

       8. Berdiskusi dengan siswa
Informasi dari siswa tentang Proses Pembelajaran Sangatlah di butuhkan  untuk  Memperkuat hasil wawancara dengan guru












BAB III
HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN

A. Hasil Telaah
    A.1.  Deskripsi Hasil Telaah Kurikulum
              Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang
Diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi suatu rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini biasanya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja.
             Lama waktu dalam satu Kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud
dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan
dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.

Dalam hal ini pendidikannya tidak selalu sama,hal ini disebabkan karena biasanya dalam setiap sekolah mempunyai filsafat dan tujuan pendidikan tertentu yang dipengaruhi oleh berbagai segi Agama, Ideologi,Kebudayaan maupun Kurikulum sekolah itu sendiri. Untuk itu maka :
1.  Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional
2.  Kurikulum merupakan program yang harus dilaksanakan oleh guru dan
         Murid dalam proses belajar mengajar (PBM), guna mencapai tujuan-tujuan tertentu.
3. Kurikulum merupakan pedoman guru dan siswa agar terlaksana proses
    Belajar mengajar (PBM) dengan baik dalam rangka mencapai tujuan
    Pendidikan.


- Selama Pelaksanaan Magang II di SMK NEGERI 2 SOMBA OPU/SMKNEGERI 3 GOWA, Penulis Telah melakukan telaah Kurikulum yang diterapkan atau dilaksanakan disekolah Dengan Melakukan wawancara langsung dengan kepala sekolah dan beberapa guru yang terkait, Kurikulum yang diterapkan SMK NEGERI 2 SOMBA OPU/SMKNEGERI 3 GOWA adalah  Kurikulum 2013  (K13)
             Kurikulum 2013 sering disebut juga dengan kurikulum berbasis karakter. Kurikulum ini merupakan kurikulum baru yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum 2013 sendiri merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pada pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, dimana siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam proses berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan sikap disiplin yang tinggi. Kurikulum ini secara resmi menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sudah diterapkan sejak 2006 lalu. bukan hanya itu, Kurikulum ini pun mempunyai kelemahan dan keunggulan.
Beberapa aspek yang terkandung dalam kurikulum 2013 tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Pengetahuan (Kognitif)
          Untuk aspek pengetahuan pada kurikulum 2013, masih serupa dengan aspek di kurikulum yang sebelumnya, yakni masih pada penekanan pada tingkat pemahaman siswa dalam hal pelajaran. Nilai dari aspek pengetahuan bisa diperolehjuga  dari Ulangan Harian, Ujian Tengah/Akhir Semester, dan Ujian Kenaikan Kelas. Pada kurikulum 2013 tersebut, pengetahuan bukanlah aspek utama seperti pada kurikulum-kurikulum yang dilaksanakan sebelumnya.
2. Sikap (Afektif)
          Aspek sikap tersebut merupakan aspek tersulit untuk dilakukan penilaian. Sikap meliputi perangai sopan santun, adab dalam belajar, sosial, absensi,dan agama. Kesulitan penilaian dalam aspek ini banyak disebabkan karena guru tidak setiap saat mampu mengawasi siswa-siswinya. Sehingga penilaian yang dilakukan tidak begitu efektif.
3. Keterampilan (Psikomotorik)
         Keterampilan merupakan aspek baru yang dimasukkan dalam kurikulum di Indonesia. Keterampilan merupakan upaya penekanan pada bidang skill atau kemampuan. Misalnya adalah kemampuan untuk mengemukakan opini pendapat, berdiksusi/bermusyawarah, membuat berkas laporan, serta melakukan presentasi. Aspek Keterampilansendiri  merupakan salah satu aspek yang cukup penting karena jika hanya dengan pengetahuan, maka siswa tidak akan dapat menyalurkan pengetahuan yang dimiliki sehingga hanya menjadi teori semata.

Kurikulum yang ada di SMK NEGERI 3 GOWA ialah Kurikulum 2013 (Revisi 2017)
 Serta Sepaket dengan Model Pembelajaran TEFA (Teaching Factory) Merupakan Sistem Model Pembelajaran Yang Layaknya seperti Di Industri (perusahaan).
           Sistem Blok tersendiri memiliki sistem yang dikelompok-kelompokkan dimana siswa/i diurai secara kelompok  Dalam jangka waktu  terdiri ( 1 minggu teori dan 2 minggu Praktek Ataupun Sebaliknya) Sesuai mata pelajaran Contoh : Teori Dan Praktek = Desain publikasi , Secara bergantian siswa masuk kelas sesuai dengan prosedur jadwal yang ditentukan..
Pembelajaran Teaching Factory adalah model pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. Pelaksanaan Teaching Factory menuntut keterlibatan mutlak pihak industri sebagai pihak yang relevan menilai kualitas hasil pendidikan di SMK. Pelaksanaan Teaching Factory (TEFA) juga harus melibatkan pemerintah, pemerintah daerah dan stakeholders dalam pembuatan regulasi, perencanaan, implementasi maupun evaluasinya.
Pelaksanaan Teaching Factory sesuai Panduan TEFA Direktorat PMK terbagi atas 4 model, dan dapat digunakan sebagai alat pemetaan SMK yang telah melaksanakan TEFA. Adapun model tersebut adalah sebagai berikut:
Model pertama, Dual Sistem dalam bentuk praktik kerja lapangan adalah pola pembelajaran kejuruan di tempat kerja yang dikenal sebagai experience based training atau enterprise based training.
Model kedua, Competency Based Training (CBT) atau pelatihan berbasis kompetensi merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pengembangan dan peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta didik sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Pada model ini, penilaian peserta didik dirancang untuk memastikan bahwa setiap peserta didik telah mencapai keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan pada setiap unit kompetensi yang ditempuh.
Model ketiga, Production Based Education and Training (PBET) merupakan pendekatan pembelajaran berbasis produksi. Kompetensi yang telah dimliki oleh peserta didik perlu diperkuat dan dipastikan keterampilannya dengan memberikan pengetahuan pembuatan produk nyata yang dibutuhkan dunia kerja (industri dan masyarakat).
Model keempat, Teaching Factory adalah konsep pembelajaran berbasis industri (produk dan jasa) melalui sinergi sekolah dan industri untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dengan kebutuhan pasar.


Tujuan pembelajaran Teaching Factory
Mempersiapkan lulusan SMK menjadi pekerja dan wirausaha;
Membantu siswa memilih bidang kerja yang sesuai dengan kompetensinya;
Menumbuhkan kreatifitas siswa melalui learning by doing;
Memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja;
Memperluas cakupan kesempatan rekruitmen bagi lulusan SMK;
Membantu siswa SMK dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja, serta membantu menjalin kerjasama dengan dunia kerja yang aktual;
Memberi kesempatan kepada siswa SMK untuk melatih keterampilannya sehingga dapat membuat keputusan tentang karier yang akan dipilih.
Tujuan yang selaras tentang pembelajaran teaching factory (Sema E. Alptekin, Reza Pouraghabagher, atPatricia McQuaid, and Dan Waldorf; 2001) adalah sebagai berikut.
Menyiapkan lulusan yang lebih profesional melalui pemberian konsep manufaktur moderen sehingga secara efektif dapat berkompetitif di industri;
Meningkatkan pelaksanaan kurikulum SMK yang berfokus pada konsep manufaktur moderen;
Menunjukan solusi yang layak pada dinamika teknologi dari usaha yang terpadu;
Menerima transfer teknologi dan informasi dari industri pasangan terutama pada aktivitas peserta didik dan guru saat pembelajaran.

Sintaksis Teaching Factory
Atas dasar uraian di atas, sintaksis pembelajaran teaching factory dapat menggunakan sintaksis PBET/PBT atau dapat juga menggunakan sintaksis yang diterapkan di Cal Poly – San Luis Obispo USA ( Sema E. Alptekin : 2001) dengan langkah-langkah yang disesuaikan dengan kompetensi keahlian :
Merancang produk
Pada tahap ini peserta didik mengembangkan produk baru/ cipta resep atau produk kebutuhan sehari-hari (consumer goods)/merancang pertunjukan kontemporer dengan menggambar/membuat scrip/merancang pada komputer atau manual dengan data spesifikasinya.
Membuat prototype
Membuat produk/ kreasi baru /tester sebagai proto type sesuai data spesifikasi.

Memvalidasi dan memverifikasi prototype
Peserta didik melakukan validasi dan verifikasi terhadap dimensi data spesifikasi dari prototype/kreasi baru/tester yang dibuat untuk mendapatkan persetujuan layak diproduksi/dipentaskan.
Membuat produk masal
Peserta didik mengembangkan jadwal dan jumlah produk/ pertunjukan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
Dadang Hidayat (2011) berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, mengembangkan langkah-langkah pembelajaran Teaching Factory sebagai berikut.
Menerima order
Pada langkah belajar ini peserta didik berperan sebagai penerima order dan berkomunikasi dengan pemberi order berkaitan dengan pesanan/layanan jasa yang diinginkan. Terjadi komunikasi efektif dan santun serta mencatat keinginan/keluhan pemberi order seperti contoh: pada gerai perbaikan Smart Phone atau reservasi kamar hotel.
Menganalisis order
Peserta didik berperan sebagai teknisi untuk melakukan analisis terhadap pesanan pemberi order baik berkaitan dengan benda produk/layanan jasa sehubungan dengan gambar detail, spesifikasi, bahan, waktu pengerjaan dan harga di bawah supervisi guru yang berperan sebagai supervisor.
Menyatakan Kesiapan mengerjakan order
Peserta didik menyatakan kesiapan untuk melakukan pekerjaan berdasarkan hasil analisis dan kompetensi yang dimilikinya sehingga menumbuhkan motivasi dan tanggung jawab.
Mengerjakan order
Melaksanakan pekerjaan sesuai tuntutan spesifikasi kerja yang sudah dihasilkan dari proses analisis order. Siswa sebagai pekerja harus menaati prosedur kerja yang sudah ditentukan. Dia harus menaati keselamatan kerja dan langkah kerja dengan sungguh-sunguh untuk menghasilkan benda kerja yang sesuai spesifikasi yang ditentukan pemesan
Mengevaluasi produk
Melakukan penilaian terhadap benda kerja/layanan jasa dengan cara membandingkan parameter benda kerja/ layanan jasa yang dihasilkan dengan data parameter pada spesifikasi order pesanan atau spesifikasi pada service manual.
Menyerahkan order
Peserta didik menyerahkan order baik benda kerja/layanan jasa setelah yakin semua persyratan spesifikasi order telah terpenuhi, sehingga terjadi komunikasi produktif dengan pelanggan




A.2. Deskripsi hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
        Strategi Pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
         Berdasarkan Pengamatan di SMK NEGERI 3 GOWA dengan strategi pembelajaran yang digunakan guru pembimbing bahwa beliau menggunakan strategi pembelajaran interaktif dimana guru sebagai pemeran utama dalam menyajikan Materi ajar Kepada siswa.
Dalam proses pembelajaran guru juga menggunakan strategi tanya jawab kepada siswa sehingga siswa juga berperan aktif dalam menerima pembelajaran.
Dari pengamatan strategi pembelajaran diatas termasuk kategori metode sekaligus Model pembelajaran  :
CTL (Contextual Teaching and Learning)
            Merupakan Sebuah Konsep yang membantu guru dalam mengaitkan antara materi  Yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong peserta didik
Membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
TEFA (Teaching Factory)
Merupakan Sebuah sistem model pembelajaran yang Ada di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)  bertujuan untuk mengefektifkan suatu proses pembelajaran secara berkelompok (Sistem blok) – (1 minggu teori dan 2 minggu praktek) didalam kelas . TEFA sendiri ialah model pembelajaran yang memantapkan keahlian siswa  yang nantinya akan bertatapan dengan dunia industri (Perusahaan).

A.3. Deskripsi hasil telaah rancangan RPP guru
              Menurut Permendikbud  No. 81 A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum Pedoman umum pembelajaran, bahwa tahap pertama dalam pembelajaran menurut standar proses yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP). Selanjutnya dijelaskan bahwa RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci di suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus, RPP mencakup Beberapa hal yaitu : (1) Data Sekolah,  Mata Pelajaran , dan kelas/Semester ;  (2) Materi Pokok; (3) Alokasi Waktu; (4) Tujuan Pembelajaran , KD dan indikator pencapaian kompetensi; (5) Materi Pembelajaran; metode Pembelajaran; (6) Media, alat dan sumber belajar, (7) Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran , dan (7) Penilaian.
Berdasarkan Hasil pengamatan Pada rancangan RPP ( Rencana Pelaksana pembelajaran) guru SMK NEGERI 3 GOWA, dalam Hal meliputi :
1.  Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 3 GOWA, dalam satuan pendidikan biasanya mencantumkan nama sekolah yang bersangkutan
2. Mata Pelajaran : Produktif multimedia (Dkv)
3. Standar Kompetensi
4. Kelas / Semester : XI/ 1 (Ganjil)
6. Kompetensi Dasar
7. Indikator,  Dalam indikator biasanya meliputi jenis teks,Alokasi waktu dan Aspek/Skill
8. Tujuan Pembelajaran : Tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
9. Materi Pembelajaran : materi yang diberikan guru kepada siswa
10. Metode Pembelajaran : Teknikn atau strategi pembelajaran yang digunakan  guru dalam   mengajar.
11. Langkah –langkah kegiatan Pembelajaran Dalam langkah- langkah kegiatan ini biasanya terdiri atas kegiatan awal , kegiatan inti, dan kegiatan akhir yang disertai dengan alokasi waktu yang digunakan.
12. Sumber Pembelajaran
13. Penilaian : Dalam penilaian biasanya berisi tentang teknik,bentuk dan instrument




RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN(RPP)

Nama SMK    :     SMK NEGERI 3 GOWA
Mata Pelajaran    :    Produktif Multimedia
Standar Kompetensi    :    Desain Grafis
Kelas / Semester    :    XI / 1
Pertemuan ke-    :    --
Alokasi Waktu    :   24 X 45 Menit
Kompetensi    :   Konsep dasar ilmu desain grafis
Indikator    :    -  Memahami definisi dan fungsi desain grafis
        -  Mengetahui elemen-elemen desain
        -  Mengetahui  prinsip-prinsip  dalam  membuat  sebuah desain
                                                     -  Memahami kategori desain dalam fungsi produksi
                                                     -  Memahami aplikasi pengolah grafis

 I.  Tujuan Pembelajaran     1.    Siswa mampu mengidentifikasi ilmu
        dasar desain grafis dengan benar
     2.    Siswa mampu mengetahui dasar
        pembuatan desain dengan baik
     3.    Siswa dapat mengetahui program
        pengolah grafis
       


  II.  Materi Ajar     -    Definisi desain grafis dan ilmu yang
        mendukung
     -   Fungsi grafis dalam produksi
     -   Teknik membuat dasar desain
     -    Teknik mengggunakan aplikasi
        pengolah grafis
       

Unsur-unsur Desain Grafis yang meliputi;
Elemen-elemen desain grafis
Garis

Bentuk

Ruang

Tekstur

Prinsip-prinsip dalam desain grafis
Kesatuan / Unity

Keseimbangan / Balance

Proporsi / Proportion

Irama / Rhytm

Dominasi / Domination
Aplikasi pengolah desain grafis
Adobe Photoshop

Corel Draw



 III. Metode Pembelajaran      Informasi, praktek, tutorial, kerja
          kelompok
       
       
 IV. Langkah-langkah Pembelajaran       
    A.  Kegiatan Awal ;    1.    Salam pembuka.
        2.    Guru memberikan pertanyaan seputar
            desain grafis
        3.    Guru memberikan pengenalan pada
            ilmu desain grafis
    B.  Kegiatan Inti ;     1.    Mengidentifikasi peranan desain dalam
            multimedia
         2.    Mengidentifikasi bagian-bagian desain
            grafis (elemen, prinsip, dsb)
         3.    Mengetahui ilmu-ilmu pendukung
            desain grafis (tipografi, dsb)
         4.    Mengidentifikasi aplikasi pengolah
            desain grafis
         5.    Membuat contoh desain secara manual
    C.  Kegiatan akhir ;     1.    Siswa menyelesaikan karya tentang
            pembuatan desain grafis sederhana
         2.    Guru memberikan penguatan kembali
            pembuatan desain grafis
         3.    Guru memberikan penilaian
           
           
 V .    Alat / Bahan / Sumber Belajar     -    Buku Desain Grafis
         -    Majalah Grafis
         -    Newspaper
         -    Internet
         -    Buku Penunjang
           
           
VI.    Penilaian     -    Evaluasi Tulis
         -    Evaluasi Praktek
         -    Evaluasi Karya
           


       Latihan

       Tugas 1

Identifikasikan elemen-elemen pembangun desain grafis !

Buatlah sebuah desain sederhana sesuai dengan tema !



       Lembar Kerja 1

       Alat dan bahan :

Tutorial

Buku penunjang desain grafis

Contoh desain

       Langkah Kerja

Siapkan tema dari animasi yang akan dibuat

Identifikasikan elemen-elemen yang akan dibuat dalam desain

Pembuatan objek bisa dilakukan dengan melakukan teknik menggambar

Buatlah komposisi dari objek-objek tersebut

Dengan penambahan beberapa unsur pembangun seni, sempurnakan hasil komposisi dari bangun-bangun tersebut

Kumpulkan karya kepada guru untuk mendapatkan penilaian





KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

          Bidang Keahlian    : Seni Dan Industri Kreatif
Program Keahlian             : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian      : Desain Komunikasi Visual
Kelompok Kompetensi   : Desain Publikasi

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)    KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
Memahami, menerapkan, Menganalisis, dan Mengevaluasi tentang Pengetahuan Faktual, Konseptual, operasional Lanjut, Dan  Metakognitif secara Multidisiplin sesuai dengan Bidang dan lingkup Kerja Desain Publikasi Pada Tingkat Teknis,Spesifik,detil, Dan Kompleks, berkenaan Dengan Ilmu Pengetahuan,Teknologi, Seni,budaya,dan Humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian keluarga,Sekolah dunia kerja,warga Masyarakat Ragional, Dan internasional.    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik Secara Mandiri Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik Secara Mandiri.

KOMPETENSI DASAR    KOMPETENSI DASAR    ALOKASI
WAKTU    SERTIFIKASI
KOMPETENSI
3.1 Memahami ruang
      Lingkup desain media
      publikasi    4.1 Menjelaskan ruang
      Lingkup desain
      Media publikasi    20   
3.2  Memahami Jenis dan
       Karakter Media
       Publikasi indoor    4.2 Menjelaskan jenis
      Dan karakter media
      Publikasi indoor    10   
3.3 Memahami jenis dan
      Karakter media
      Publikasi outdoor    4.3 Menjelaskan Jenis
      Dan karakter media
       Publikasi outdoor    10   
3.4 Menerapkan prinsip
      Tata letak desain
       publikasi    4.4 Membuat tata letak
      Desain publikasi    30
   

3.5 Menerapkan prosedur
      Pembuat desain
      Publikasi
      Menggunakan
      Komputer grafis    4.5 Membuat desain
      Publikasi
      Menggunakan
      Komputer grafis    50    BSNP
Komputer
Grafis
3.6  Menganalisis media
       Publikasi menurut
       Temanya (Sosial dan  
       Komersial)    4.6 Membuat media
      Publikasi menurut
      Temanya (sosial/ dan
       Komersial)    10   
3.7 Menganalisis media
      Tiga dimensi
    4.7 Membuat media tiga
      dimensi    10   
3.8 Memahami ruang 
      Lingkup cetak saring
      (Sablon)    4.8 Menjelaskan ruang
      Lingkup cetak saring
      (Sablon)    10   
3.9 Menerapkan Prosedur
      Cetak saring (Sablon)
    4.9 Memproduksi cetak
      Saring (Sablon)    30   
3.10 Menerapkan unsur-unsur Media Publikasi indoor    4.10 Menyusun Unsur-
        Unsur Media Publik
        Asi indoor    20   
3.11 Menganalisis Desain
        Publikasi dua
         Dimensi indoor tema
    4.11 Membuat desain
        Publikasi dua
         Dimensi indootema
         Sosial    50   
3.12 Menganalisis desain
        Media publikasi dan
        Dimensi indoortema
        komersial    4.12 Membuat desain
        Media publikasi dua
        Dimensi indoor
            50   

3.13 Menganalisis desain
        Media publikasi
        Cetak dua dimensi
         indoor    4.13 Mempresentasikan
        Desain media
         Publikasi cetak dua
         Dimensi indoor
              30   
3.14 mengevaluasi desain
        Media publikasi
        Cetak dua dimensi
         Indoor yang sudah
          dipublikasikan    4.14 Memperbaiki desain
        Media publikasi
        Cetak dua dimensi
         Indoor yang sudah
         dipublikasikan    30   
3.15 Menganalisis dan
         Karakter desain
         Media publikasi
         indoor    4.15 memperbaiki desain
        Media publikasi
        indoor
    20   
3.16 menganalisis jenis
       Dan karakter desain
        Media publikasi
         outdoor      4.16 memperbaiki desain
         Media publikasi
          Outdoor    20   
3.17 menganalisis jenis
        dan karakter desain media publikasi menurut temanya (Sosial dan Komersil)    Mempresentasikan jenis
Dan karakter desain media menurut temanya (Sosial dan Komersil)    30   
3.18  Menganalisis Jenis
          Dan Karakter media
          Publikasi dua
           dimensi    4.18 Menyajikan desain
        Media publikasi dua
        dimensi    30   
3.19 Menganalisis Jenis
        Dan Karakter media
        Publikasi tiga
         Dimensi     4.19 Menyajikan jenis
        Dan karakter media
        Publikasi tiga media    30   

3.20 Menganalisis Desain
        Publikasi dua
        Dimensi indoor
         Dengan tema sosial    4.20 Membuat desain
         Media publikasi
        Dua dimensi indoor
         Tema sosial    50   
3.21 Menganalisis desain
         Media publikasi
        Dua dimensi indoor
         Dengan tema
          komersial    4.21 Membuat desain
       Media publikasi dua
       Dimensi indoor
        Dengan tema
          komersial    50    BSNP  media dua dimensi indoor
3.22 Mengevaluasi Desain
        Media Publikasi dua
        Dimensi indoor
    4.22 Memperbaiki desain
        Media publikasi dua
         Dimensi indoor    30   
3.23 menganalisis desain
        Media publikasi dua
        Dimensi outdoor
    4.23 Membuat desain
        Media publikasi
        Dua dimensi
        outdoor    50    BSNP media
Publikasi dua
dimensi outdoor
3.24 Mengevaluasi desain
        Media publikasi dua
         Dimensi outdoor
    4.24  Memperbaiki
          Desain media
          Publikasi dua
          Dimensi outdoor    30   
        700   

Diatas Ialah Spektrum Desain Publikasi tujuannya untuk proses pembelajaran  Lebih sistematis agar lebih sesuai dengan apa yg diberikan guru kepada siswa.



A.4. Deskripsi hasil telaah media pembelajaran yang digunakan guru
Media Pembelajaran
            Secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
            pada hakikatnya bukan media pembelajaran itu sendiri yang  menentukan hasil  belajar. Ternyata keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan  ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.
Tujuan menggunakan media pembelajaran :
Ada beberapa tujuan menggunakan media pembelajaran, diantaranya yaitu :

–          Mempermudah proses belajar-mengajar
–          Meningkatkan efisiensi belajar-mengajar
–          Membantu konsentrasi siswa
–          Menurut Briggs : Wahana fisik yang mengandung materi instruksional
–          Menurut Schramm : Teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional
–          Menurut Y. Miarso : Segala sesuatu yang dapat merangsang proses belajar siswa

Berdasarkan Hasil Pengamatan yang saya lakukan dalam proses pembelajaran dikelas, media yang digunakan  guru adalah media cetak dan media gambar (Referensi) dimana media cetak tersebut berupa buku paket. Dan media gambar merupakan hasil gambar guru dan referensi di internet.


A.5. Deskripsi Hasil telaah sistem evaluasi pembelajaran yang digunakan guru
         Evaluasi Pembelajaran adalah Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Indikator efektivitas dapat dilihat dari perubahan tingkah laku yang terjadi pada peserta didik
.
Tujuan Evaluasi Pembelajaran
Secara umum, tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui efektivitas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Secara khusus, tujuan evaluasi adalah untuk : (a) mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap kompetensi yang telah ditetapkan, (b) mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam proses belajar, sehingga dapat dilakukan diagnosis dan kemungkinan memberikan remedial teaching, dan (c) mengetahui efisiensi dan efektifitas strategi pembelajaran yang digunakan guru, baik yang menyangkut metode, media maupun sumber-sumber belajar.

 - Dari hasil Pengamatan yang dilakukan ketika guru melakukan evaluasi, dapat saya simpulkan bahwa cara guru memberikan evaluasi kepada siswa yaitu dengan cara memberikan evaluasi lisan dan tulisan. Dalam evaluasi lisan guru memberikan pertanyaan mengenai materi yang telah diajarkan dari awal hingga akhir, sedangkan evaluasi tulisan guru memberikan soal-soal yang ada didalam buku yang bersangkutan dengan materi yang telah dibahas, kemudian dikumpul setelah jam pelajaran selesai.




 B. Hasil Pengembangan
      B.1. Deskripsi hasil pengembangan RPP
       Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu hari atau lebih yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus.
Pengembangan RPP harus memperhatikan minat dan perhatian peserta didik terhadap materi standar dan kompetensi dasar yang dijadikan bahan kajian.
Dalam hal ini harus diperhatikan guru jangan hanya berperan sebagai ptransformator tetapi jg berperan sebagai motivator, mendorong peserta didik untuk mengajar , dengan menggunakan variasi media dan sumber belajar yang sesuai, serta menunjang pembentukan kompetensi dasar.
1. Kompetensi yang dirumuskan dalam RPP harus jelas
2. Rencana pembelajaran harus sederhana dan fleksibel serta dapat dilaksanakan dalam kegiatan pemebelajaran dan pembentukan kompetensi peserta didik
3. Kegiatan-Kegiatan yang disusun dan dikembangkan dalam RPP menunjang dan sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan
4. RPP yang dikembangkan harus utuh dan menyeluruh serta jelas pencapaiannya
5. Harus ada kordinasi anatara komponen pelaksana program sekolah, terutama apabila pembelajaran dilaksanakan secara tim.
Adapun Prosedur untuk menyukseskan implementasi kurikulum 2013
Langkah-Langkah Perencanaan
          Di dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk implementasi Kurikulum 2013, perlu diperhatikan dan diikuti beberapa langkah berikut ini. Langkah-Langkah Pengembangan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) meliputi: (1) pengkajian silabus; (2) pengidentifikasian materi pembelajaran untuk siswa; (3) Penentuan tujuan pembelajaran; (4) pengembangan kegiatan pembelajaran; (5) penjabaran jenis-jenis penilaian yang akan digunakan; (6) penentuan alokasi waktu yang disediakanl dan (7) penentuan sumber-sumber belajar bagi siswa. Marti kita bahas satu persatu langkah-langkah tersebut.
Pengkajian Silabus
               Secara umum, pada tiap materi pokok di setiap silabus yang diberikan telah terdapat 4 KD yang bersesuaian dengan aspek KI (sikap kepada Tuhan, sikap diri dan terhadap lingkungan, pengetahuan, dan keterampilan). Untuk memperoleh pencapaian bagi ke-4 KD tersebut, pada silabus telah dirumuskan kegiatan siswa secara umum saat mengikuti pembelajaran yang didasarkan pada standar proses. Kegiatan-kegiatan siswa ini sebenarnya adalah rincian dari tahap eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, yaitu: melakukan pengamatan, bertanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan selanjutnya mengkomunikasikan. Kegiatan-kegiatan inilah yang kemudian dijabarkan secara lebih mendetail pada RPP yang akan dikembangkan. Bentuknya adalah berupa langkah-langkah yang akan dikerjakan guru dalam pembelajaran, sehingga  siswa menjadi terlibat untuk aktif belajar. Pengkajian silabus selain hal tersebut di atas juga dengan merumuskan indikator KD dan lengkap dengan penilaiannya.
Identifikasi Materi Pembelajaran
            Guru atau pengembang RPP selanjutnya mengidentifikasi materi pembelajaran yang sesuai untuk menunjang tercapainya KD. Pengidentifikasian materi pembelajaran untuk siswa ini harus mempertimbangkan beberapa hal, yaitu: (a) potensi yang dimiliki siswa; (b) ada tidaknya relevansi terhadap karakteristik daerah; (c) tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual yang dimiliki siswa saat ini; (d) manfaat untuk siswa; (e) struktur keilmuan; (f) aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran; (g) ada tidaknya relevansi terhadap kebutuhan siswa serta tuntutan lingkungan; dan (h) alokasi waktu yang disediakan/tersedia.
Penentuan Tujuan Pembelajaran
          Tujuan pembelajaran bisa diorganisasikan sedemikian rupa sehingga mencakup semua KD atau dapat pula tujuan pembelajaran diorganisasikan untuk tiap-tiap pertemuan. Tujuan pembelajaran harus beracuan kepada indikator yang sudah diberikan, atau setidaknya tujuan pembelajaran tersebut harus mengandung dua aspek: Audience (peserta didik) dan Behavior (aspek kemampuan).
Pengembangan Kegiatan Pembelajaran
Setiap kegiatan pembelajaran di dalam sebuah RPP didesain sedemikian rupa sehingga akan dapat memberi suatu pengalaman belajar (learning experiences) yang bermutu kepada siswa yang di dalamnya terjadi proses mental dan fisik melalui interaksi antar siswa, siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dengan maksud untuk mencapai KD. Pengalaman belajar yang dimaksud umumnya akan dapat diwujudkan lewat penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik (student centered). Pengalaman belajar juga harus mengakomodasi pelatihan keterampilan kecakapan hidup (life skills) yang penting untuk dimiliki siswa.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang seyogyanya diperhatikan saat guru melakukan pengembangan kegiatan pembelajaran:
Kegiatan pembelajaran didesain agar dapat memberi bantuan kepada guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
Kegiatan pembelajaran harus menjabarkan urutan kegiatan manajerial yang dilakukan guru, sehingga nantinya siswa akan dapat melakukan kegiatan yang diharapkan sebagaimana telah tertulis di silabus.
Kegiatan pembelajaran untuk setiap kali pertemuan adalah skenario langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sehingga merangsang siswa untuk aktif belajar. Kegiatan ini diorganisasikan menjadi kegiatan: Pendahuluan, Inti, dan Penutup. Kegiatan inti dijabarkan lebih lanjut dalam rincian kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, dalam bentuk: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Sedangkan pada pembelajaran yang bertujuan menguasai prosedur untuk melakukan sesuatu (procedural knowledge), kegiatan pembelajaran dapat dilakukan oleh guru dalam bentuk pemodelan/demonstrasi (modelling) oleh guru atau ahlinya, peniruan oleh siswa, pengecekan dan pemberian umpan balik oleh guru, dan pelatihan lanjutan. (Ingat langkah-langkah Model Pembelajaran Langsung/Direct Instruction).

       Penjabaran Jenis-Jenis Penilaian Yang akan Digunakan
           Pada silabus telah diberikan rujukan mengenai jenis penilaian yang akan digunakan untuk setiap pembelajarannya. Penilaian pencapaian KD oleh siswa dilakukan dengan didasarkan kepada indikator yang telah dikembangkan sebelumnya. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk tertulis (paper and pencil test) maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri (self asessment). Oleh karena pada setiap pembelajaran siswa dipicu agar menghasilkan karya, maka penyajian portofolio adalah cara penilaian yang wajib dilakukan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Nah, untuk merancang sebuah penilaian yang baik pengembang RPP misalnya guru, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut:
Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi yaitu KD-KD pada KI-3 dan KI-4.
Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan KD yang telah dimiliki dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan siswa.
Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedi bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah ketuntasan, dan program pengayaan bagi siswa yang telah memenuhi ketuntasan.
Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses misalnya teknik wawancara, maupun produk berupa hasil melakukan observasi lapangan.
Pentuan Alokasi Waktu yang Disediakan
             Di dalam menentukan alokasi waktu untuk tiap KD harus didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran setiap minggu yang tersedia dengan tetap mempertimbangkan jumlah KD, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan KD. Alokasi waktu yang telah dituliskan di dalam silabus adalah perkiraan waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk penguasaan KD oleh siswa yang beragam. Karena itu, alokasi tersebut dapat dirinci dan disesuaikan kembali di dalam RPP yang dikembangkan guru.
Penentuan Sumber Belajar
      Sumber belajar (learning resources) yang dimaksud di dalam Kurikulum 2013 dan harus dikembangkan di dalam RPP merupakan rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, nara umber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.


B.2. Deskripsi hasil pengembangan bahan ajar
Menurut Ahmad Sudrajad, bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/ suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.
Bahan ajar yang baik dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip instruksional. Guru dapat menulis sendiri bahan ajar yang ingin digunakan dalam kegiatan belajar mengajar (kbm). Namun, guru juga dapat memanfaatkan buku teks atau bahan dan informasi lainnya yang sudah ada di pasaran untuk dikemas kembali atau ditata sedemikian rupa sehingga dapat menjadi bahan ajar. Bahan ajar biasanya dilengkapi dengan pedoman untuk siswa dan guru. Pedoman berguna untuk mempermudah siswa dan guru mempergunakan.
Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam bahan ajar , yaitu :
Konsep adalah suatu ide atau gagasan atau suatu pengertian yang umum, misalnya sumber kekayaan alam yang dapat diperbarui.
Prinsip adalah suatu kebenaran dasar sebagai titik tolak untuk berpikir atau merupakan suatu petunjuk untuk berbuat/melaksanakan sesuatu.
Fakta adalah sesuatu yang telah terjadi atau yang telah dikerjakan/dialami. Mungkin berupa hal, objek atau keadaan. Jadi bukan sesuatu yang diinginkan atau pendapat atau teori. Contoh : Proklamasi Kemerdekaan RI adalah pada tanggal 17 Agustus 1945.
Proses adalah serangkaian perubahan, gerakan-gerakan perkembangan. Suatu proses dapat terjadi secara sadar atau tidak disadari. Dapat juga merupakan cara melaksanakan kegiatan operasional (misalnya di pabrik) atau proses pembuatan tempe, proses peubahan warna pada daun yang kena hama wereng dan sebagainya.
Nilai adalah suatu pola, ukuran atau merupakan suatu tipe atau model. Umumnya nilai bertalian dengan pengakuan atau kebenaran yang bersifat umum, tentang baik atau buruk misalnya: hukum jual beli, hukum koperasi unit desa, Bimas dan sebagainya.
Keterampilan adalah kemampuan berbuat sesuatu dengan baik. Berbuat dapat berarti secara jasmaniah (menulis, berbicara dan sebagainya) dan dapat juga berarti rohaniah (membedakan, menganaliss dan sebagainya). Biasanya kedua aspek tersebut tidak terlepas satu sama lain, kendatipun tidak selalu demikian adanya. (Oemar Hamalik, 1978).
Langkah-langkah dalam memilih bahan ajar


Dalam Mengembangkan Bahan ajar tentu perlu memperhatikan prinsip-Prinsip  pembelajaran.. Di antara prinsip pembelajaran tersebut adalah:
Mulai dari yang mudah untuk memahami yang sulit, dari yang kongkret untuk memahami yang abstrak,
Siswa akan lebih mudah memahami suatu konsep tertentu apabila penjelasan dimulai dari yang mudah atau sesuatu yang kongkret, sesuatu yang nyata ada di lingkungan mereka. Misalnya untuk menjelaskan konsep pasar, maka mulailah siswa diajak untuk berbicara tentang pasar yang terdapat di tempat mereka tinggal. Setelah itu, kita bisa membawa mereka untuk berbicara tentang berbagai jenis pasar lainnya.
Pengulangan akan memperkuat pemahaman
Dalam pembelajaran, pengulangan sangat diperlukan agar siswa lebih memahami suatu konsep. Dalam prinsip ini kita sering mendengar pepatah yang mengatakan bahwa 5 x 2 lebih baik daripada 2 x 5.Artinya, walaupun maksudnya sama, sesuatu informasi yang diulang-ulang, akan lebih berbekas pada ingatan siswa. Namun pengulangan dalam penulisan bahan belajar harus disajikan secara tepat dan bervariasi sehingga tidak membosankan.
Umpan balikpositif akan memberikan penguatan terhadap pemahaman siswa
Seringkali kita menganggap enteng dengan memberikan respond yang sekedarnya atas hasil kerja siswa. Padahal respond yang diberikan oleh guru terhadap siswa akan menjadi penguatan pada diri siswa. Perkataan seorang guru seperti ’ya benar’ atau ‚’ya kamu pintar’ atau,’itu benar, namun akan lebih baik kalau begini…’ akan menimbulkan kepercayaan diri pada siswa bahwa ia telah menjawab atau mengerjakan sesuatu dengan benar. Sebaliknya, respond negatif akan mematahkan semangat siswa. Untuk itu, jangan lupa berikan umpan balik yang positif terhadap hasil kerja siswa.
Motivasi belajar yang tinggi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar
Seorang siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan lebih berhasil dalam belajar. Untuk itu, maka salah satu tugas guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah memberikan dorongan (motivasi) agar siswa mau belajar. Banyak cara untuk memberikan motivasi, antara lain dengan memberikan pujian, memberikan harapan, menjelas tujuan dan manfaat, memberi contoh, ataupun menceritakan sesuatu yang membuat siswa senang belajar, dll.
Mencapai tujuan ibarat naik tangga, setahap demi setahap, akhirnya akan mencapai ketinggian tertentu.
Pembelajaran adalah suatu proses yang bertahap dan berkelanjutan. Untuk mencapai suatu standard kompetensi yang tinggi, perlu dibuatkan tujuan-tujuan antara. Ibarat anak tangga, semakin lebar anak tangga semakin sulit kita melangkah, namun juga anak tangga yang terlalu kecil terlampau mudah melewatinya. Untuk itu, maka guru perlu menyusun anak tangga tujuan pembelajaran secara pas, sesuai dengan karakteristik siswa. Dalam bahan ajar, anak tangga tersebut dirumuskan dalam bentuk indikator-indikator kompetensi.
Mengetahui hasil yang telah dicapai akan mendorong siswa untuk terus mencapai tujuan
Ibarat menempuh perjalanan jauh, untuk mencapai kota yang dituju, sepanjang perjalanan kita akan melewati kota-kota lain. Kita akan senang apabila pemandu perjalanan kita memberitahukan setiap kota yang dilewati, sehingga kita menjadi tahu sudah sampai di mana dan berapa jauh lagi kita akan berjalan. Demikian pula dalam proses pembelajaran, guru ibarat pemandu perjalanan. Pemandu perjalanan yang baik, akan memberitahukan kota tujuan akhir yang ingin dicapai, bagaimana cara mencapainya, kota-kota apa saja yang akan dilewati, dan memberitahukan pula sudah sampai di mana dan berapa jauh lagi perjalanan. Dengan demikian, semua peserta dapat mencapai kota tujuan dengan selamat. Dalam pembelajaran, setiap anak akan mencapai tujuan tersebut dengan kecepatannya sendiri, namun mereka semua akan sampai kepada tujuan meskipun dengan waktu yang berbeda-beda. Inilah sebagian dari prinsip belajar tuntas.

B.3 Deskripsi hasil pengembangan asesmen
Istitilah penilaian merupakan alih bahasa dari istilah assessment . Depdikbud mengemukakan “penilaian adalah suatu kegiatan untuk memberikan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tetang proses dari hasil yang telah dicapai siswa. Penilaian yang dilakukan guru produktif dkv kepada siswa yaitu dilihat langsung dari kemampuan siswa menjawab pdan mengerjakan tugas tugas dan praktek yang diberikan dengan pedoman dan skor masing- masing yang berbeda setiap mata pelajaran.

Prinsip-prinsip Dalam mengembangkan Asesmen yaitu :
1.Sasaran yang akan dinilai harus jelas
2. Teknik-Teknik asesmen yang dipilih harus sesuai dengan karakteristik sasaran
3. Teknik- Teknik asesmen yang dipilih harus memenuhi kebutuhan pembelajaran
4. Setiap Sasaran asesmen harus dirumuskan berbagai  indikator prestasi pembelajaran
5. Dalam Menginterprestasi  hasil asesmen harus dipertimbangkan unsur kelemahan –kelemahannya.


   





mencakup seluruh kinerja atau usaha siswa dalam pembelajaran. Sistem penilaian ini mencakup penilaian dalam ranah:
Kognitif
Penilaian dalam ranah atau aspek ini yaitu penilaian akademik atau menilai sejauh mana kemampuan akademik siswa. Dimana guru memberikan tes berupa tes objektif, yaitu multiple choice tes  (Pilihan Ganda) dan subjektif yaitu, essai.
Afektif
Penilaian dalam ranah afektif ini yaitu penilaian sikap atau perilaku siswa. Yaitu kesopanan dan tatakrama siswa dalam proses pembelajaran
Psikomotorik
Penilaian pada ranah psikmotorik yaitu, penilaian yang berhubungan aktivitas siswa secara fisik atau motorik siswa dan keterampilan siswa. Penilaian ini paling biasa digunakan pada mata pelajaran seni dan olahraga, atau yang behubungan langsung dengan fisik atau motorik siswa.










C. Refleksi  dan pembahasan
C.1 Refleksi Hasil Pengamatan Proses Pembelajaran
            Dari hasil pengamatan  saya , guru melakukan kegiatan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan memberikan suatu pertanyaan kepada siswa-siswi menyangkut materi yang telah diajarkannya dengan tujuan apakah siswa siswinya  telah memahami dan mengikuti serius kegiatan pembelajaran tersebut.
Guru menyimpulkan materi pelajaran dengan cara dituliskan dipapan tulis secara singkat dan menjelaskan secara terperinci supaya siswa-siswinya lebih mengerti. Kegiatan lain yang dilakuakan guru adalah latihan soal ataupun praktek yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan dengan cara mengoreksinya satu persatu

C.2. Pembahasan
1.. Kurikulum
       SMK NEGERI 3 GOWA menggunakan kurikulum 2013 yang mana kurikulum merupakan program yang harus dilaksanakan oleh guru dan murid dalam proses belajar mengajar. Guna untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu,kurikulum ini juga merupakan pedoman guru dan siswa agar terlaksana proses belajar mengajar  dangan baik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
2. Strategi Pembelajaran
      Strategi pembelajaran yang digunakan guru dan disekolah SMK NEGERI 3 GOWA Yaitu Model Pembelajaran TEFA (Teaching Factory) Merupakan Sistem Model Pembelajaran Yang Layaknya seperti Di Industri (perusahaan). Sistem Blok tersendiri memiliki sistem yang dikelompok-kelompokkan dimana siswa/i diurai secara kelompok  Dalam jangka waktu  terdiri ( 1 minggu teori dan 2 minggu Praktek Ataupun Sebaliknya) Sesuai mata pelajaran Contoh : Teori Dan Praktek = Desain publikasi , Secara bergantian siswa masuk kelas sesuai dengan prosedur jadwal yang ditentukan.
3.Media Pembelajaran
Media yang digunakan guru SMK NEGERI 3 GOWA yaitu buku cetak,papan tulis,spidol dan mesin alat produksi. Media ini merupakan elemen dasar dalam menyampaikan suatu informasi yang mempunyai berbagai jenis, bentuk tulisan ataupun non tulisan yang berupaya memberi daya tarik dalam penyampaiaan informasi.
Fungsi media pembelajaran yaitu :
1. Untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif
2. Penggunaan media merupakan bagian internal dalam sistem pembelajaran
3. Media pemebelajaran penting dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran
4. Penggunaan media dalam pembelajaran adalah untuk mempercepat proses pembelajaran dan membantu siswa dalam upaya memahami materi yang disajikan guru dalam kelas.
5. Penggunaan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk mempertinggi mutu pendidikan.

4.  Pengembangan RPP
Pengembangan RPP harus memperhatikan minat dan peserta didik terhadap materi standar dan kompetensi dasar yang dijadikan bahan kajian. Dalam hal ini harus diperhatikan guru untuk berperan sebagai motivator,mendorong peserta didik untuk diajarkan dengan menggunakan berbagai variasi media dan sumber belajar.
5.     Pengembangan bahan ajar
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar  mengajar dikelas bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis,maupun bahan tidak tertulis contohnya teori dan praktek yg dilaksanakan di SMK NEGERI 3 GOWA


6. Pengembangan Asesemen
        Penilaian (asesmen) adalah suatu kegiatan untuk memberikan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil yang telah dicapai oleh siswa.penilaian dilakukan oleh guru produktif Dkv kepada siswa yaitu dilihat langsung dari kemampuan siswa menjawab dan mengerjakan praktek latihan- latihan yang diberikan dengan pedoman dan skor masing-masing yang berbeda disetiap mata pelajaran.



















BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
            Sebagai mahasiswa yang menempuh jenjang perguruan tinggi mengobservasi dan mengamati proses pembelajaran merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas mahasiswa khususnya dibidang pendidikan, tidak hanya itu dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengenali karakter guru dan siswa serta menegetahui bagaimana model pembelajaran yang digunakan dan segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga mahasiswa dapat belajar dan memiliki pengalaman mengajar, mendidik
Dan memberikan panutan kepada masyarakat agar mampu menjadi pribadi yang profesional kelak.

B. Saran
Adapun saran untuk guru dan mahasiwa yang melaksanakan magang 2
1. Sebagai Calon guru yang profesional mahasiswa magang 2 harus melakukan observasi,Menelaah RPP, Mempelajari media yang digunakan guru dengan sungguh-sungguh serta bertanggung jawab agar memperoleh data atau informasi sesuai dengan keadaan sekolah.
2.  Mahasiwa Magang sebaiknya ikut pembekalan terlebih dahulu agar menegetahui fungsi ,tujuan dan manfaat dilaksanakannya magang 2
3.  Mahasiswa yang tidak ikut pembekalan magang sebaiknya menanyakan atau meminta kebijakan dosen  pengampu agar kegiatan magang tidak ditunda dan tahu akan tugas yang akan dilakukan supaya tidak terjadi kekeliruan dalam melaksanakan kegiatan magang.
4. Guru yang melakukan kegiatan belajar mengajar disekolah seharusnya melaksanakan kewajibannya dengan baik.




DAFTAR PUSTAKA

https://mutudidik.wordpress.com/2017/05/26/model-pembelajaran-teaching-factory-tefa/
http://www.gubuginformasi.com/2014/04/apa-itu-kurikulum-2013.html

http://dadanggani.blogspot.co.id/2012/03/evaluasi-pembelajaran-suatu-telaah.html

http://tulisanterkini.com/artikel/pendidikan/708-model-pengembangan-asesmen-yang-efektif.html

Syamsuri, A.Sukri, dkk. 2017. Buku Panduan Magang 2. Makassar : FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.











LAMPIRAN – LAMPIRAN









 

Komentar

Postingan Populer