Review Buku, Kritik Seni, "Sarana Apresiasi dalam Wahana Kontemplasi Seni" Meisar Ashari (Edisi Revisi)





A. identitas Buku

1. Judul Buku : Kritik Seni " Sarana Apresiasi dalam wahana Kontemplasi Seni" (Edisi Revisi)

2. Penulis : Meisar Ashari, M.Sn

3. Tebal Buku  : 178 Halaman

4. Tahun Terbit : 2016

5. Kota Terbit : Makassar

6. Penerbit : Mediaqita Foundation

7. ISBN : 978-602-72092-4-4


B. Latar Belakang

- Buku Kritik Seni " Sarana apresiasi dalam wahana Kontemplasi seni .
Sebuah buku yang dibuat Oleh Meisar Ashari M.Sn Buku ini menjelaskan mengenai, Pengertian Kritik seni, Tujuan, dan fungsi Kritik Seni , Komponen , Struktur , Tipe-Tipe teori dan evaluasi , ekosistem seni Dsb.

- Kritik dalam Seni digunakan dalam bentuk apresiasi , Setelah Apresiasi Karya digunakan untuk mengevaluasi karya, Meneliti Karya dan mengulas karya serta menilai karya.

- Tujuan dan Fungsi kritik seni :
Memperoleh sebuah peningkatan Pemahaman, Kenikmatan dari sebuah karya seni.
Dan ingin dihasilkan, serta memahami apa yang disampaikan oleh pembuatnya.

C. Urgensi Buku
Buku ini digunakan untuk , bagaimana membangun kritik yang ideal terhadap sebuah karya seni ditujukan untuk khusus mahasiswa perguruan tinggi seni, dalam memberikan garis besar pemahaman atau pengamatan seni, sebab kritik seni diyakini sebagai basis pengetahuan teoritis dan penilaian mengenai prestasi kesenian

Kritik seni sebagai sarana introspeksi atau sebagai evaluasi diri untuk mengetahui sampai sejauh mana karya seni dapat ditangkap dan dipahami oleh penikmatnya, Sekaligus menepis persepsi bahwa kritik seni merupakan kegiatan untuk memvonis kekurangan dan kelemahan seniman dan karyanya tidak secara serampangan.

* Buku ini membahas tentang kritik seni, kritik seni merupakan sebuah evaluasi yang dilakukan dalam seni dengan tujuan agar orang bisa memahami karya seni, Latar Belakang Karya tersebut. Serta dapat memahami apa pesan yang ingin disampaikan pembuat karya kepada penikmat seni.

* Kritik Seni bertujuan sebagai jembatan antara pencipta dengan penikmat seni, Serta antara karya dengan penikmat

*Dalam kritil seni , Baik secara verbal maupun tertulis biasanya terdapat unsur deskriptif, analisis formal , interpretasi, dan evaluasi atau penilaian. Sedangkan gaya aspek yang dikritik meliputi "
Gaya perorangan, tema, kreatifitas dan teknik mewujudkan karya.

Aspek tersebut sangat dipertimbangkan para kritikus seni diharapkan mampu mengkomunikasikan aspek-aspek tersebut beserta nilainya kepada masyarakat.

Komponen kritik Seni , Struktur Seni , Tipe dan jenis seni teori evaluasi ada didalam buku tersebut

Dasar kesenirupaan yang diperlukan dalam kritik seni adalah pengetahuan mengenai medium seni dalam tema luas meliputi isi dan tema karya seni dan dalam pengertian terbatas mengcakup bahan baku yang digunakan mengungkap isi dengan kelebihan dan kekurangan bahan tersebut dalam mengungkapkannya. Seni dalam dilihat dinikmati berdasarkan bentuk dan dimensinya berdasarkab garis, warna, tekstur ,ruang,volume , garis tersebut menimbulkan irama, warna dengan nada tertentu juga dapat menimbulkan ritme.

-Corak dengan seni meliputi gaya barok, gaya rococo, naturalisme, realisme romantisme dsb.
Corak dan gaya seni sangat diperlukan dalam kritik seni seperti pengetahuan mengenai aliran-aliran seni dalam pengertian luas meliputi kecendrungan kecendrungan isi dan tema karya seni yang ada didunia.

Seni perlu mendapatkan apresiasi seni adalah suatu proses sadar yang dilakukan seseorang dalam menghadapi dan memahami karya seni mengapresiasi adalah sebuah proses menafsirkan sebuah makna yang terkandung dalam karya seni.

Dalam kritik seni perlu adanya pemahaman tentang kriteria dan tipe kritik yang mengcakup  menegakan penilaian karena setiap periode kelahiran karya  seni mempunyai standar kriterianya sendiri-sendiri

- Manfaat yang didalam buku ini :
Saya banyak mendapat pengetahuan dan pemahaman tentang kritik seni, karena pada dasarnya saya minim dan dangkal dengan bahan bacaan buku seni.

Kesimpulan : Seni merupakan Suatu Hal yang Sangat Luas , dengan seni kita akan dapat mengekspresikanapa yang dirasakan. Dalam suatu karya ada yang namanya evaluasi.
Evaluasi / penilaian , Kritik Seni Bertujuan untuk memberikan sebuah gambaran mengenai hasil karya seni, tentang pesan   yang ingin disampaikan pembuat seni dan adanya kritik seni akan lebih muda para penikmat seni dala memahami dan menukmati hasil karya seni , karena seni itu indah dan luas , Marilah kita ekspresikan apa yang kita rasakan melalui seni

Kekurangan : harusnya bukunya disertakan kamus bahasa intelektual seni supaya dapat dipahami dengan orang awam akan seni

Saran: penambahan kamus tentang kata2 intelektual dapat mampu dan cepat dipahami oleh pembaca


- Firdaus Filsufirst -



Komentar

Postingan Populer