LAPORAN KEGIATAN MAGANG 1 (SMA NEGERI 2 TAKALAR)



LAPORAN
KEGIATAN MAGANG 1






SMA NEGERI 2 TAKALAR






                                                                                                          Oleh :
NAMA : FIRDAUS
     NIM      : 10541083015




PROGRAM STUDI STRATA 1 (S1)
JURUSAN PENDIDIKAN SENI RUPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
AGUSTUS 2016






















KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunianya sehingga dapat menyelesaikan laporan kegiatan Magang 1 yang diselenggarakan di SMA NEGERI 2 TAKALAR
Penyusunan laporan ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Magang 1. Dalam laporan ini di uraikan mengenai sistem pendidikan yang berlangsung di SMA NEGERI 2 TAKALAR
Penyusun menyadari, penyusunan laporan ini masih jauh dari sempurna, serta masih banyak kekurangan. Penyusun mohon kritik dan saran dari rekan-rekan semua kearah kesempurnaan laporan ini.
Penyusun mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pengampu atas segala bimbingannya, dan juga kepada rekan-rekan yang terlibat didalamnya, sehingga laporan ini bisa tersusun.
Akhirnya penyusun berharap, laporan ini bisa bermanfaat bagi penyusun sendiri ataupun semua pihak yang memerlukan.



Makassar,  1 September  2016
                                                                                                         Penyusun























DAFTAR ISI

Lembar Pengesahan………………………………………………………………………………………………………
Lembar Penilaian…………………………………………………………………………………………………………..
Kata Pengantar………………………………………………………………………………………………………………
Daftar Isi……………………………………………………………………………………………………………………….
Bab I PENDAHULUAN……………………………………………………………………………………………………
             A. Visi Misi Sekolah
             B. Profil Sekolah
Bab II PROSEDUR PELAKSANAAN..………………………………………………………………………………       
              A. Jumlah Siswa,Tempat, Dan Waktu Pelaksanaan Magang 1
              B. Langkah – Langkah Melakukan Pengamatan   
Bab III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN………………………………………………………..
              A. Hasil Pelaksanaan
                    A.1. Deskripsi hasil pengamatan  langsung kultur sekolah.
                    A.2. Deskripsi hasil pengamatan untuk membangun kompetensi dasar pedagogik,
                     Kompetensi dasar pedagogik, kepribadian, dan sosial.
              A.3. Deskripsi Hasil pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik.
              A.4. Deskripsi hasill pengamatan langsung proses pembelajaran dikelas.
              A.5. Refleksi hasil  pengamatan proses pembelajaran.
       B. Pembahasan
Bab IV SIMPULAN DAN SARAN……………………………………………………………………………..
             A. Simpulan
             B. Saran
Daftar Pustaka………………………………………………………………………………………………………..    
      Lampiran –Lampiran………………………………………………………………………………………………..

BAB I PENDAHULUAN
A. Visi Misi Sekolah
Visi & Misi  SMA NEGERI 2 TAKALAR







B. Profil Sekolah






•    SMA NEGERI 2 TAKALAR Merupakan Sekolah Menengah Atas Yang Terletak Di Kabupaten Takalar Di Kelurahan Pappa kecamatan pattallassang, Yang Beralamat Di JL. Ranggong Dg Romo, SMA NEGERI 2 TAKALAR didirikan pada tahun 01 juli 1985.






a. Kualifikasi guru

Kualifikasi guru merupakan unsur terpenting didunia pendidikan, guru harus memungkinkan memiliki kompetensi yang baik ,maka dari itu kualifikasi guru SMA NEGERI 2 TAKALAR sebagai berikut :

SMA  = 2 orang
D3     =  2 orang
S1      =  70 0rang
S2     = 10 orang


KUALIFIKASI GURU
NO    NAMA    GELAR    JK    PENDIDIKAN    JURUSAN/PRODI
1    ABDUL KARIM    S.pd    L    S1    Bahasa Inggris
2    ABDUL. AZIS M    S.ag    L    S1    Pend. Agama Islam
3    ABDUL. KARIM    S.pd    L    S1    Bahasa Inggris
4    AISYAH        P       
5    AMINUDDIN    A.Md, S.pd    L    S1    PENJASKES
6    ANDI ISMA ARIEF    S.pd    P    S1    Bahasa Inggris
7    ANWIR    M.M.    L    S2    Ekonomi
8    ARIANI N.    S.pd    P    S1    Pend. Bahasa Indonesia
9    ARWATI    Dra    P    S1    Bimbingan dan Konseling
10    ASMAWATI    S.pd    P    S1    Pend. Matematika
11    ASMAWATI    S.pd    P    S1    Pendidikan Bahasa Inggris
12    ASRIANI SYAM    A.md, S.E.    P    S1    Manajemen SDM
13    BADRIAH    A.md    P    D3    Tek. Pengolahan Hasil Perikanan
14    BAHARUDDIN. P    S.Ag    L    S2    Pendidikan Agama Islam
15    BASMAWATI    S.sos    P    S1    Lainnya
16    DIAN HIDAYANTI    S.pd    P    S1    Pend. Matematika
17    EKA FITRILIA    S.pd    P    S1    Pendidikan Fisika
18    FATMAWATI INDAR    S.pd    P    S1    Sejarah
19    FITRIANI SALEH    S.pd    P    S1    Pend. Matematika
20    HIJRATUL ASWAD    S.Ag, M.Pd.I    P    S2    Pend. Agama Islam
21    HALIJAH    S.pd    P    S1    Pend. Seni Drama, Tari dan Musik
22    HAMZAH    S.pd M. pd    L    S2    Manajemen Pendidikan
23    HARTATI RAHIM    S.pd    P    S1    Bahasa Indonesia
24    HARTINA    S.pd    P    S1    Pend. Matematika
25    HASAN BASRI    S.sos    L    S1    Sosiologi
26    HASNAH    S.E.    P    S1    Manajemen Perusahaan
27    HASNIAH    S.pd    P    S1    Bimbingan dan Konseling
28    HASNIATI    S.pd    P    S1    Bahasa Inggris
29    HAWANI    S.pd    P    S1    Sejarah
30    HERLINA MUS        P       
31    HUSNIAH    S.pd    P    S1    Pend. Bhs Jerman
32    INDAH SUSILAWATI    S.pd M.pd    P    S2    Pendidikan Geografi
33    ISMAIL    S.pd    L    S1    PENJASKES
34    JAFAR    S.pd    L    S1    Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
35    JINAWATI    S.pd    P    S1    Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
36    JUMRAH    S.pd M.pd    P    S2    Kimia
37    JUMRIAH AGUSTINA    S.pd    P    S1    Pendidikan Ekonomi
38    JUNAEDAH. H    Dra    P    S1    Sejarah
39    KAMARUDDIN    S.S.    L    S1    Bahasa Indonesia
40    KAMBA    Drs    L    S1    Geografi Kependudukan dan Tenaga Kerja
41    KARTINI    S.pd    P    S1    Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
42    LAHASENG    A.Md.Pd,S.Pd    L    S1    Pendidikan Bahasa Inggris
43    LATIEF    Drs    L    S1    Biologi
44    M. YUSUF    Drs    L    S1    Administrasi Perkantoran
45    MAHADI MUSTAFA    S.Pd.I    L    S1    PAI
46    MAKMUR    S.Pd, M.Pd    L    S2    Pendidikan Kimia
47    MARDIA    S.Pd    P    S1    Pendidikan Kimia
48    MARLINAH    S.Pd    P    S1    Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
49    MARTINI    S.E.    P    S1    Ekonomi
50    MEGAWATI        P    SMA    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
51    MUCHTAR JUNAEDI    S.E.    L    S1    Ekonomi
52    MUH. NASIR    S.Pd    L    S1    Pendidikan Fisika
53    MUH. NAJIB RAUF    S.Pd    L    S1    PENJASKES
54    MUH. ARMAN T    S.Pd    L    S1    Bahasa Indonesia
55    MUHAMMAD BAKRI    S.Pd, M.Pd    L    S2    Hukum Kewarganegaraan
56    MULIATI. H    S.E.    P    S1    Manajemen Informasi Keuangan dan Perbank
57    MURNIATI    S.Pd    P    S1    Bahasa Inggris
58    MURNIATI    S.Pd    P    S1    Biologi
59    MUSTAFA        L    S1   
60    NIRMALA SARI    S.Pd    P    S1    Pendidikan Kimia
61    NURHAYATI    S.Pd    P    S1    Kimia
62    RABAHIAH    A.Md, S.Pd    P    S1    Pendidikan Fisika
63    RAMLAH    S.Pd    P    S1    Bahasa Indonesia
64    ROSDIANA    S.Pd    P    S1    Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
65    RUSNI    S.Pd    P    S1    Pendidikan Seni Rupa
66    SISWATI NUR        P    SMA    Keuangan
67    ST. MARDIAH    S.Sos    P    S1    Administrasi
68    ST. MARLINA SALAM    S.Pd    P    S1    Pend. Matematika
69    SITI. NURBAYA    S.Pd    P    S1    Pend. Ekonomi
70    SRI HADIYAH    Dra    P    S1    Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan
71    ST. JOHAR MAHSUS    Dra    P    S1    Bimbingan dan Konseling
72    ST. JOHRAH    Dra    P    S1    Pend. Kesejahteraan Keluarga
73    ST. MASNAH    Dra    P    S1    Biologi
74    ST. MUSDALIFAH. Z    S. pd    P    S1    Pendidikan Biologi
75    ST. ROHANI    A.Md    P    D3    Fisika
76    ST. ROSMALA    Dra    P    S1    Pendidikan Fisika
77    SUBAEDAH    Dra    P    S1    Administrasi
78    SUHERMAN RAUF    S.Pd, M.Pd    L    S2    Pend. Bahasa Indonesia
79    SUKMAWATI    S.Si    P    S1    Matematika
80    SUPRAH    Dra    P    S1    Pendidikan Kimia
81    SYAFRIWANA    S.Pd    L    S1    Pendidikan Bahasa Inggris
82    SYAMSIAH    S.T, M.T    P    S2    Teknik Elektro
83    SYAMSIAH    Dra    P    S1    Pendidikan Tata Busana
84    TENRI ABENG    S.Pd    P    S1    Pendidikan Ekonomi
85    WAHIDAH RAHMAN    S.Pd    P    S1    Pendidikan Bahasa Inggris
86    WAHYUDIN    S.Pd    L    S1    Geografi
87    WIYOSOKARNO    S.Pd    L    S1    Bahasa Jerman

Jumlah PTK
L    P    TOTAL
28    59    87



b.  Jumlah Guru :
Jumlah guru di SMA NEGERI 2 TAKALAR sebanyak 87 Orang


c. Laboratorium

LABORATORIUM
NO    NAMA    PANJANG (m)    LEBAR (m)    STATUS MILIK
1    LAB-BIOLOGI    15.1    8.25    MILIK
2    LAB-FISIKA    14.8    7.8    MILIK
3    LAB-IPA    18    8    MILIK









d. Unit kegiatan siswa (UKS)
   Unit Kegiatan Siswa (UKS) merupakan serangkaian kegiatan yang didirikan oleh pihak sekolah itu sendiri dan dijalankan oleh siswa (i) yang ada didalamnya. Unit kegiatan siswa ini bertujuan untuk melatih bakat para siswa-siswi yang nantinya dapat diperlombakan, baik ditingkat Kabupaten maupun Provinsi.
Adapun jenis Unit Kegiatan Siswa di SMA NEGERI 2TAKALAR , yaitu sebagai berikut :

-    OSIS (Organisasi Siswa)
-    PRAMUKA (PRAJA MUDA KARANA)
-    KIR (Karya Ilmiah Remaja)
-    PASKIBRAKA
-    PMR (PALANG MERAH REMAJA)
-    OLAHRAGA (VOLLY+FUTSAL)
-    SENI TARI, RUPA DAN MUSIK














Bab II PROSEDUR PELAKSANAAN


A. Jumlah Siswa, Tempat Dan waktu Pelaksanaan Magang 1
a.   Jumlah Siswa
Adapun jumlah Siswa di SMA NEGERI 2 TAKALAR sebanyak 1029 orang

b. Tempat  : di SMA NEGERI 2 TAKALAR
c. Waktu pelaksanaan magang  : pelaksanaan magang 1 dilaksanakan saat libur semester 2 yg sebenarnya 1 bulan tapi untuk melaksanakan observasi hanya 2 minggu saja dilaksanakan pada tanggal 1 agustus  - 13 agustus .


         
   B. Langkah – Langkah Melakukan Pengamatan   
             Adapun Langkah-Langkah melakukan pengamatan sebagai berikut :






















Bab III HASIL PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
          
   A. Hasil Pelaksanaan
                A.1. Deskripsi hasil pengamatan  langsung kultur sekolah.
a.Program Kerja

•    PROGRAM KERJA

TUGAS POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH
 BAGIAN KURIKULUM
NO    KOMPONEN//ASPEK
1    Menyusun program pengajaran
2    Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
3    Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pengajaran
4    Menyusun jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir
5    Menerapkan kriteria persyaratan kenaikan kelas dan ketamatan
6    Mengatur jadwal penerimaan rapordan STTB
7    Mengkoordinasi, menyusun dan mengarahkan penyusunan kelengkapan mengajar
8    Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan
9    Mengatur pembagian MGMP/MGBP dan koordinasi mata pelajaran
1O    Melakukan supervise administrasi akademis
11    Melakukan pengarsipan program kurikulum
12    Penyusunan laporan secara berkala

TUGAS POKOK DAN FUNGSI WAKIL KEPALA SEKOLAH
 BAGIAN SARANA PRASARANA
NO    KOMPONEN/ASPEK
1    Menyusun program pengadaan saran dan prasarana
2    Mengkoordinasi penggunaan sarana dan prasarana
3    Pengelolaan pembiayaan alat-alat pengajaran
4    Mengelola perawatan dan perbaikan sarana dan prasarana
5    Bertanggung jawab terhadap kelengkapan data sekolah secara keseluruhan
6    Melakukan pembukuan saran dan prasarana secara rutin
7    Menyusun laporan secara berkala


TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU
NO    KOMPONEN/ASPEK
1    Membuat kelengkapan mengajar yang baik dan lengkap
2    Melakukan kegiatan pembelajaran
3    Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan, dan ujian
4    Melaksanakan hasil analisis hasil ulangan harian
5    Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
6    Mengisi daftar nilai harian didik
7    Melaksanakan kegiatan membimbing (pengibasan, pengetahuan), kepada guru lain dalam proses pembelajaran
8    Membuat alat pelajar/alat peraga
9    Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
10    Mengikuti kegiatan pengembangan dan permasyarkatan kurikulum
11    Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
12    Mengadakan pengembangan program pembelajaran
13    Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
14    Mengadakan pengembangan program program pembelajaran
15    Mengatur kebersihan ruang kelas dan sekitarnya
16    Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkat

SMA NEGERI 2 TAKALAR mempunyai program kerja baru dengan :
(+) Membentuk Kelas Unggulan Untuk Bersaing Ditingkat Kabupaten maupun Provinsi.


b. Sistem Pengelolaan Keuangan
Pengelolaan keuangan SMA 2 TAKALAR adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan keuangan Sekolah. Adapun sumber-sumber keuangan Sekolah yaitu Dana dari pemerintah (APBN).
Adapun pula Beasiswa Untuk Siswa Miskin (BSM ) diperuntukkan untuk siswa yang kurang mampu dalam hal Ekonomi.
c. Sistem Pembelajaran
Sistem pembelajaran dalam memajukan dunia pendidikan sudah dilakukan berbagai macam cara. Biasanya sistem dalam pendidikan diatur oleh dinas pendidikan. Dan dibuatlah standar kurikulum, standar ini dibuat agar dalam pendidikan harus mengejar nilai standar yang sudah di tentukan. Dalam kegiatan belajar dan mengajar juga sudah ditentukan materi yang akan di ajarkan. Mungkin guru memiliki pendirian atau kriteria dalam mengajar tetapi tetap harus mengacu terhadap kurikulum. Sistem Pembelajaran Yang Ada di SMA NEGERI 2 TAKALAR masih menggunakan kurikulum, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dan Sebagian Pula Ada pelajaran yang sudah Memakai sistem Pembelajaran Kurikulum 2013. 

d. Partisipasi masyarskat terhadap sekolah (Komite)
Sekolah tanpa dukungan masyarakat pasti tidak akan berjalan dengan sempurna. Karena itu, hubungan sekolah dengan masyarakat harus selalu menjadi perhatian siapa pun agar sekolah juga dapat lebih bertanggung jawab terhadap penggunanya. Sebaliknya, masyarakat dapat mengembangkan kapasitas kolektif untuk mendukung peningkatan kualitas sekolah









A.2.       Deskripsi hasil pengamatan untuk membangun kompetensi dasar pedagogik,
Kompetensi dasar pedagogik, kepribadian, dan sosial.

a. Kompetensi Pedagogik

       Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik,
perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan
peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
 Sub kompetensi dalam kompetensi Pedagogik adalah :

1.   Memahami peserta didik secara mendalam yang meliputi memahami peserta didik
dengan memamfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif, prinsip-prinsip kepribadian,
dan mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik.

2.   Merancang pembelajaran,teermasuk memahami landasan pendidikan untuk
kepentingan pembelajaran yang meliputi memahmi landasan pendidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.

3.   Melaksanakan pembelajaran yang meliputi menata latar ( setting) pembelajaran dan
melaksanakan pembelajaran yang kondusif.

4.   Merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang meliputi merancang dan
melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan
denga berbagai metode,menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk
menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery level), dan memamfaatkan hasil penilaian
pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.

5.    Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensinya meliputi
memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik, dan
memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.



b. Kompetensi Kepribadian
Kompetensi Kepribadian adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian
yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan
berakhlak mulia. Sub kompetensi dalam kompetensi kepribadian meliputi :

1. Kepribadian yang mantap dan stabil meliputi bertindak sesuai dengan norma sosial,
bangga menjadi guru, dan memiliki konsistensi dalam bertindak sesuai dengan
norma.

2. Kepribadian yang dewasa yaitu menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai
pendidik dan memiliki etod kerja sebagai guru.

3. Kepribadian yang arif adalah menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemamfaatan
peserta didik, sekolah dan masyarakat dan menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan
bertindak.

4. Kepribadian yang berwibawa meliputi memiliki perilaku yang berpengaruh positif
Terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yangh disegani.

5. Berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan meliputibertindak sesuai dengan norma
religius (imtaq, jujur, ikhlas, suka menolong) dan memiliki perilaku yang diteladani peserta
didik.
















c. Kompetensi Sosial Guru

          Kita harus mengakui bahwa manusia merupakan mahluk sosial karena manusia tidak bisa hidup tanpa berhubungan dengan manusia yang lain bahkan untuk urusan sekecil apapun kita tetap membutuhkan orang lain  untuk membantu kita. Begitu juga dengan seorang guru. Kemampuan untuk berinteraksi sosial sangatlah penting. Karena proses belajar-mengajar tidak efisien jika gurunya tidak memiliki kemampuan itu.
1. Kompetensi sosial sesorang guru bersikap secara inkulif, bertindak obyektif serta tidak diskriminatif Karena pertimbangan jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial keluarga.
2. Berkomunikasi secara efektif,empatik, dan santun sesama pendidik, tenaga kependidikan orang tua dan masyarakat.
3.Berkomunikasi dengan Lisan maupun tulisan











A.3. Deskripsi Hasil pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik.
Pemahaman (understanding) adalah bagaimana seorang mempertahankan, membedakan, menduga (estimates), menerangkan, memperluas, menyimpulkan dan mengeneralisasikan, memberikan contoh, menuliskan kembali, dan memperkirakan.
Dalam perspektif psikologis, peserta didik adalah individu yang sedang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun psikis menurut fitrahnya masing-masing.
Jadi pemahaman peserta didik adalah mengenali, memahami dan menyimpulkan atas seorang individu baik dari pertumbuhan dan perkembangannya. Mengenali diri peserta didik secara untuh, menyeluruh dan sistematis.
Pemahaman (understanding) pada pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, disebut pemahaman instruksional (instructional understanding). Pada tingkatan ini dapat dikatakan bahwa peserta didik baru berada di tahap tahu atau hafal tetapi dia belum atau tidak tahu mengapa hal itu bisa dan dapat terjadi. Lebih lanjut, peserta didik pada tahapan ini juga belum atau tidak bisa menerapkan hal tersebut pada keadaan baru yang berkaitan. Kedua, pemahaman relasional (relational understanding). Pada tahapan tingkatan ini, peserta didik (klien) tidak hanya sekedar tahu dan hafal tentang suatu hal, tetapi dia juga tahu bagaimana dan mengapa hal itu dapat terjadi. Lebih lanjut, dia dapat menggunakannya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terkait pada situasi lain.
 Karakteristik siswa dalam kelas masing-masing memiliki perbedaan yang mejadikan karakter siswa menjadi baragam, ini menjadikan guru harus berusaha lebih dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik,
Hasil Pengamatan saya tentang bagaimana menguatakan pemahaman ,Untuk Menguatkan Pemahaman Kepada siswa guru Seni budaya Memberikan sebuah contoh ataupun gambaran untuk siswa dapat memahami pelajaran, dan guru meluangkan siswa untuk bertanya kepada guru , agar siswa yg belum Paham akan mengerti dan diberitahukan secara detail.




 A.4. Deskripsi hasil pengamatan langsung proses pembelajaran dikelas.
         Pengertian proses pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Pada proses pembelajaran dikelas terdapat 3 tahap yaitu Kegiatan awal (input), proses pembelajaran dan kegiatan akhir (out-put).
1.      Kegiatan Awal (Input)
Pada kegiatan awal, guru memasuki kelas dan ketua kelas memberikan arahan kepada teman-temannya untuk berdoa sebelum belajar lalu memberikan salam kepada guru dan bersiap untuk menerima pelajaran. Kemudian guru membuka pertemuan dengan ucapan salam dan memberikan sedikit nasehat-nasehat kepada siswa-siswinya agar termotivasi untuk belajar.
2.      Proses Pembelajaran Inti
Dalam proses pembelajaran, ada beberapa hal yang dilakukan oleh guru kemudian siswa memberikan respon. Misalnya ketika guru menuliskan materi di papan tulis, tulisan guru tersebut kurang di mengerti oleh siswa. Tapi karena kejelihannya, seorang siswa kemudian bertanya mengenai tulisan yang kurang jelas itu dan guru menanggapi dengan memperbaiki tulisannya agar jelas lalu membacanya agar lebih jelas lagi.
3.      Kegiatan Akhir (Output)
Kegiatan akhir dilakukan untuk menutup pertemuan dalam proses pembelajaran. Pada saat itu, guru memberikan informasi kepada siswa mengenai materi apa saja yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan siswa diberikan suatu tugas kelompok ataupun individu untuk dikumpul di pertemuan selanjutnya sebagai persyaratatan siswa mendapatkan nilai,Kemudian guru menutup pertemuan dengan mengucapkan salam sebelum meningggalkan kelas.


A.5. Refleksi hasil  pengamatan proses pembelajaran
Refleksi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar berupa penilaian tertulis maupun lisan (umumnya tulisan) oleh peserta didik kepada guru/dosen, berisi ungkapan kesan, pesan, harapan serta kritik membangun atas pembelajaran yang diterimanya.
Guru mengajak siswa dengan cara yang jujur, terbuka, dan bertanggungjawab untuk merenungkan kembali terhadap aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan. Mengecek kembali sejauh mana materi telah dikuasai, dan materi mana yang masih samar-samar atau sama sekali belum dipahami.


B. Pembahasan
a.  Pengertian Budaya Sekolah / Kultur Sekolah
          Kultur merupakan pandangan hidup yang diakui bersama oleh suatu kelompok masyarakat, yang mencakup cara berfikir, perilaku, sikap, nilai yang tercermin baik dalam wujud fisik maupun abstrak.  Kultur ini juga dapat dilihat sebagai suatu perilaku, nilai-nilai, sikap hidup, dan cara hidup untuk melakukan penyesuaian dengan lingkungan, dan sekaligus cara untuk memandang persoalan dan memecahkannya. Oleh karena itu, suatu kultur secara alami akan diwariskan oleh satu generasi kepada generasi berikutnya. Sekolah merupakan lembaga utama yang yang didesain untuk memperlancar proses transmisi kultural antar generasi tersebut. Konsep kultur di dunia pendidikan berasal dari kultur tempat kerja di dunia industri, yakni merupakan situasi yang akan memberikan landasan dan arah untuk berlangsungnya suatu proses pembelajaran secara efisien dan efektif.
     Faktor pembentuk kultur sekolah misalnya adalah nilai, moral, sikap dan perilaku siswa tumbuh berkembang selama waktu di sekolah, dan perkembangan mereka tidak dapat dihindarkan yang dipengaruhi oleh struktur dan kultur sekolah, serta oleh interaksi mereka dengan aspek-aspek dan komponen yang ada di sekolah, seperti kepala sekolah, guru, materi pelajaran dan antar siswa sendiri. Aturan sekolah yang ketat berlebihan dan ritual sekolah yang membosankan tidak jarang menimbulkan konflik baik antar siswa maupun antara sekolah dan siswa. Sebab aturan dan ritual sekolah tersebut tidak selamanya dapat diterima oleh siswa. Aturan dan ritual yang oleh siswa diyakini tidak mendatangkan kebaikan bagi mereka, tetapi tetap dipaksakan akan menjadikan sekolah tidak memberikan tempat bagi siswa untuk menjadi dirinya.
               Kultur sekolah biasanya berkaitan erat dengan visi yang dimiliki oleh kepala sekolah tentang masa depan sekolah. Kepala sekolah yang memiliki visi untuk menghadapi tantangan sekolah di masa depan akan lebih sukses dalam membangun kultur sekolah. Untuk membangun visi sekolah ini, perlu kolaborasi antara kepala sekolah, guru, orang tua, staf administrasi dan tenaga profesional. Kultur sekolah akan baik apabila:
 a) kepala dapat berperan sebagai model,
 b) mampu membangun tim kerjasama,
 c) belajar dari guru, staf, dan siswa, dan,
 d) harus memahami kebiasaan yang baik untuk terus dikembangkan.
      Kepala sekolah dan guru harus mampu memahami lingkungan sekolah yang spesifik tersebut. Karena, akan memberikan perspektif dan kerangka dasar untuk melihat, memahami dan memecahkan berbagai problem yang terjadi di sekolah. Dengan dapat memahami permasalahan yang kompleks sebagai suatu kesatuan secara mendalam, kepala sekolah dan guru akan memiliki nilai-nilai dan sikap yang amat diperlukan dalam menjaga dan memberikan lingkungan yang kondusif bagi berlangsungnya proses pendidikan.
          Jadi yang dimaksud dengan kultur sekolah adalah seperangkat kumpulan nilai kepercayaan, nilai tradisi, dan pola pikir untuk bagaimana bertindak dalam suatu lingkungan sekolah sebagai suatu identitas sekolah yang menentukan proses perkembangan anak didiknya.

b.  Pengertian Manajaemen Berbasis Sekolah (MBS)
Istilah manajemen berbasis sekolah merupakan terjemahan dari “school-based management”. MBS merupakan paradigma baru pendidikan, yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah (pelibatan masyarakat) dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional.
1) Tujuan MBS
a.  Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam megelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia;
b.  Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama;
c.  Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolahnya; dan
d. Meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang akan dicapai.
Kewenangan yang bertumpu pada sekolah merupakan inti dari MBS yang dipandang memiliki tingkat efektivitas tinggi serta memberikan beberapa keuntungan berikut:
a.  Kebijaksanaan dan kewenangan sekolah membawa  pengaruh langsung kepada peserta didik, orang tua, dan guru.
b.  Bertujuan bagaimana memanfaatkan sumber daya lokal.
c.  Efektif dalam melakukan pembinaan peserta didik seperti kehadiran, hasil belajar, tingkat pengulangan, tingkat putus sekolah, moral guru, dan iklim sekolah.
d.  Adanya perhatian bersama untuk mengambil keputusan, memberdayakan guru, manajemen sekolah, rancangan ulang sekolah, dan perubahan perencanaan.


2) Manfaat Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
MBS memberikan beberapa manfaat diantaranya :
a.  Dengan kondisi setempat, sekolah dapat meningkatkan kesejahteraan guru sehingga dapat lebih berkonsentrasi pada tugasnya;
b.  Keleluasaan dalam mengelola sumberdaya dan dalam menyertakan masyarakat untuk berpartisipasi, mendorong profesionalisme kepala sekolah, dalam peranannya sebagai manajer maupun pemimpin sekolah;
c.  Guru didorong untuk berinovasi;
d.  Rasa tanggap sekolah terhadap kebutuhan setempat meningkat dan menjamin layanan pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat sekolah dan peserta didik.




















                                                  BAB IV SIMPULAN DAN SARAN



A.   Simpulan
Setelah melakukan pengamatan langsung di SMA NEGERI 2 TAKALAR dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan bertatap muka langsung kepada Sekolah atau objek yang dituju akan lebih baik dan juga memberi pengalaman kepada Saya serta memberikan Saya pengetahuan yang cukup untuk kedepannya. Saya juga bisa mengetahui situasi dan kondisi yang berkaitan dengan sekolah yang bersangkutan.

B.   Saran
Adapun beberapa saran yang saya berikan antara lain :
          -  Sebagai calon guru yang professional, mahasiswa magang harus melakukan observasi dengan serius dan bertanggung jawab agar memperoleh data atau informasi sesuai dengan kenyataan disekolah yang dituju.
-         Mahasiswa magang sebaiknya ikut terlibat dalam membangun sekolah misalnya ikut berpartisipasi membantu guru atau karyawan dalam melakukan sebuah tugas atau pekerjaan.  












                                                                   DAFTAR PUSTAKA


Kompetensi.info/kompetensi-guru/empat-kompetensi-guru.html
Http://dewinurpriyatminingsih.wordpress.com/2013/06/08/7-aspek-kompetensi-pedagogik-guru-2/
http://tifiacerdikia.wordpress.com/lecture/lecture 6/pendidikan/membangun-kultur-sekolah-berbasis-kepemimpinan/
http://www.m-edukasi.web.id/pengertian- manajemen-berbasis-sekolah.html>
(Buku panduan magang  1) Fkip Universitas Muhammadiyah Makassar (2016)
                                  






























RUBRIK PENILAIAN
LAPORAN KEGIATAN MAGANG 1

                                                 Nama Mahasiswa       : FIRDAUS
                                                 NIM                            : 10541083015
                                                Jurusan/Prodi               : Pendidikan Seni Rupa
Bab
Komponen
Kiteria
Skala
penilaian

1
Pendahuluan
Visi Misi Sekolah
1
2
3
4
              Profil sekolah




2
Prosedur
Pelaksanaan
Jelas jumlah siswa,
Tempat,dan waktu
    Pelaksanaan magang




Langkah – langkah
          melakukan pengamatan




3
Hasil
Pelaksanaan dan
pembahasan
            Deskripsi hasil
      pengamatan langsung
            kultur sekolah




            Deskripsi  hasil
Pengamatan untuk
            Membangun
Kompetensi dasar
            Pedagogik,
            Kepribadian, dan
            Sosial.




            Deskripsi hasil
            Pengamatan untuk
            Memperkuat
            Pemahaman peserta
            Didik






            Deskripsi hasil
            Pengamatan langsung
            Proses pembelajaran di
            Kelas.




           









Bab
Komponen
Kriteria
Skala
Penilaian
1
2
3
4



Refleksi hasil
            Pengamatan proses
pembelajaran




4
Simpulan
Dan saran
             Menyajikan simpulan
      Hasil pelaksanaan




                  Saran tindak lanjut
                  Diberikan berdasarkan
                  Temuan dan
                  Pembahasan hasil
                  Pelaksanaan
                  Pembelajaran inovatif
                  Di kelas




5
Daftar
Pustaka
              Daftar Pustaka relevan
     Dan penulisannya
   Sesuai ketentuan




                                                                  Jumlah





                        Keterangan
·         Nilai : 1 kurang sekali ; 2 kurang; 3 baik; 4 Baik Sekali
·         Penentuan Nilai Akhir (NA) Magang 1
NA = (Jumlah Nilai Guru Pembimbing + Jumlah Nilai Dosen
Pembimbing)/2
·         Interval Nilai :
     3,50-4,00 = A
     3,00-3,49 = B
     2,50-2,99 = C
     2,00-2,49 = D
                                Makassar,………………………………..  2016
                                   Dosen Pengampu,
                       
                     Andi Baetal Mukaddas, S.pd., M.sn.
                                    NIDN: 0919057001                                                                                              

Deskriptor Kriteria Penilaian
Bab
Komponen
Kriteria
Deskriptor
1
Pendahuluan
Visi misi sekolah
Menginterpretasikan
         visi misi sekolah
         Dengan jelas
Profil Sekolah
          Menuliskan: (i)
          Kualifikasi guru, (ii)
          Jumlah guru (iii)
          Laboratorium, (iv)
          Unit Kegiatan siswa
2
       Prosedur
       Pelaksanaan
             Jelas Jumlah
Siswa, tempat,
             Dan waktu
             Pelaksanaan
             Magang 1
     Menuliskan jumlah
     Siswa, tempat, dan
     Waktu pelaksanaan
      Magang 1
             Langkah – langkah
             Melakukan
             Pengamatan
          Menjelaskan Langkah –
          Langkah melakukan
          Pengamatan dengan
          sistematis
3
Hasil
Pelaksanaan
Dan
pembahasan
Deskripsi hasil
             Pengamatan
   Langsung kultur
             Sekolah
          Menjelaskan: (i)
          Program kerja, (ii)
Sistem pengelolaan
   Keuangan,(iii) sistem
          Pembelajaran (iv)
          Partisipasi
    Masyarakat terhadap
          Sekolah (komite)


             Deskripsi hasil
             Pengamatan
             Untuk
             Membangun
             Kompetensi
             Dasar pedagogik,
             Kepribadian, dan
             Sosial.
           Menjelaskan
Kompetensi dasar
           Pedagogik,
           Kepribadian, dan
Kompetensi sosial
           Guru.

Bab
Komponen
Kriteria
Deskriptor


Deskripsi hasil
              Pengamatan
              Untuk
              Memperkuat
              Pemahaman
              Peserta didik
                 Menjelaskan
                 Penguatan
              Pemahaman peserta
             Didik yang dilakukan
                 Oleh guru


Deskripsi hasil
              Pengamatan
     Langsung proses
    Pembelajaran di
              Kelas
            Menjelaskan proses
      Pembelajaran di
             Kelas yang dilakukan
                 Oleh guru


              Refleksi hasil
              Pengamatan
              Proses
              pembelajaran
         Menguraikan hasil
    Refleksi proses
       Pembelajaran di
           Kelas dengan guru
4
Simpulan
Dan Saran
              Menyajikan
              Simpulan hasil
              Pelaksanaan
                  Menyajikan
                  Kesimpulan
         Berdasarkan hasil
        Pelaksanaan dan
Pembahasan
                 Magang 1
Saran tindak
                Lanjut
        Menyajikan saran
                 Tindak lanjut
                Diberikan berdasarkan
                 Temuan dan
         Pembahasan hasil
                 Pelaksanaan
                Pembelajaran inovatif
                 Di kelas
5
Daftar
Pustaka
Daftar Pustaka
            Daftar Pustaka yang
             Ditulis sesuai dengan
      Aturan penulisan
    Daftar pustaka,
               Relevan dan mutakhir












Lampiran – Lampiran (Dokumentasi Foto SMA NEGERI 2 TAKALAR)




Komentar

Postingan Populer