LAPORAN KEGIATAN MAGANG 3 (SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA)



LAPORAN KEGIATAN MAGANG 3



SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA


Oleh :

                                                NAMA : FIRDAUS
                                                NIM     : 10541083015




PROGRAM STUDI STRATA 1 (S1)
JURUSAN PENDIDIKAN SENI RUPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

SEPTEMBER 2019








LEMBAR PENGESAHAN KEGIATAN MAGANG 3
Laporan Program MAGANG 3 oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar di SMP Negeri 2 Sungguminasa Tahun ajaran 2019/2020 dinyatakan diterima dan disahkan.
Yang melaksanakan kegiatan ini adalah :
Nama                           : Firdaus
NIM                            : 10541083015
Jurusan                        : Pendidikan Seni Rupa
Program Studi             : Strata 1 (S1)
  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Sungguminasa, 17 September 2019

Dosen Pembimbing                                                     Guru Pembimbing


Soekarno Buchary Pasyah, S.Pd., M.Sn.                Nurlaela, S.Pd.             
NIDN : 0916038401                                                  NIP. 19680405 199103 2 013                                   


Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sungguminasa


Muhammad Irfan Mahmud. S.Pd.
NIP 19770424 200604 1 013






















LEMBAR PENILAIAN

Berdasarkan pengamatan dan laporan MAGANG 3 oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar.
Yang Melaksanakan program ini adalah:
Nama                   : Firdaus
NIM                    : 10541083015
Jurusan                : Pendidikan Seni Rupa
Program Studi     : Strata 1 (S1)
                               Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Maka guru dan dosen pembimbing memberikan nilai A/B/C/D/E(………) pada Magang 3 kegiatan ini.

Sungguminasa, 17 September 2019
Dosen Pembimbing                                                     Guru Pembimbing

Soekarno Buchary Pasyah, S.Pd., M.Sn.                Nurlaela, S.Pd.             
NIDN : 0916038401                                                  NIP. 19680405 199103 2 013                                   

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sungguminasa

Muhammad Irfan Mahmud. S.Pd.
NIP 19770424 200604 1 013






LEMBAR PENILAIAN AKHIR
PROGRAM MAGANG 3

Berdasarkan pengamatan dan laporan Program Magang 3 oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar.

Yang melaksanakan program ini adalah :
Nama                           :  Firdaus
NIM                            :  10541083015
Jurusan                        :  Pendidikan Seni Rupa
Program Studi             :  Strata 1 (S1)
Fakultas                       :  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Maka guru pamong dan dosen pembimbing memberikan nilai akhir sesuai aspek dan bobot penilaian akhir program Magang 3 sebagai berikut :


No
Aspek yang Dinilai
Bobot (B)
Penilaian oleh
Guru
Dosen
Skor (S)
S x B
Skor  (S)
S x B
1
Kegiatan Nonmengajar
N1
1




2
Praktik Mengajar
N2
3




3
Laporan  Magang 3
N3
3




4
Kompetensi Sosial dan Kepribadian
N4
1




Jumlah
8
Jum.
S x B

Jum.
S x B

 Jumlah Skor Guru dan Dosen (Jumlah S x B)
Nilai Akhir*
Angka
Huruf

A/B/C/D/E***

* Nilai akhir Angka dan Huruf diisi oleh Dosen
** Coret yang tidak perlu

Sungguminasa, 17 September 2019
Dosen Pembimbing                                                     Guru Pembimbing



Soekarno Buchary Pasyah, S.Pd., M.Sn.            Nurlaela, S.Pd.             
NIDN : 0916038401                                              NIP. 19680405 199103 2 013                                   




Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sungguminasa


Muhammad Irfan Mahmud. S.Pd.
NIP. 19770424 200604 1 013













KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, itulah kata yang dapat penulis ucapkan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.,yang senantiasa memberi berbagai karunia dan Rahmat yang tak terhingga kepada seluruh makhluk-Nya terutama kita selaku hamba-Nya. Salam dan salawat kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan panutan kita sampai akhir zaman. Dengan keyakinan itu, penulis dapat menyelesaikan kewajiban akademik dalam Magang 3 SMP Negeri
2 Sungguminasa
Keberhasilan Magang 3 ini ditentukan oleh berbagai faktor, oleh karena itu kami ucapkan terima kasih kepada :
1.      Kedua orang tua, Bapak Syamsuddin dan Ibu Faridah Wahab tercinta yang telah member pendidikan kedisiplinan, do’a dan motivasi sampai sekarang.
2.      Bapak, Dr. Rahman Rahim selaku rektor Universitas Muhammadiyah Makassar
3.      Bapak Erwin Akib, M.Pd., Ph.D. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
4.      Bapak, Dr. Andi Baetal Mukaddas, S.Pd.,MSn. Ketua Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP Unismuh Makassar.
5.      Bapak, Soekarno Buchary Pasyah, S.Pd., M.Sn. Selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan kritik dan saran yang senantiasa menjadi arah dan dorongan dalam pelaksanaan Magang
6.      Bapak Muhammad Irfan Mahmud, S.Pd.  selaku kepala sekolah SMP Negeri 2 Sungguminasa yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan Magang 3
7.      Ibu Nurlaela, S.Pd  selaku guru pembimbing yang telah memberikan arahan serta bimbingan dalam pelaksanaan Magang 3
8.      Bapak dan ibu Guru serta Staf tata usaha SMP Negeri 2 Sungguminasa
9.      Rekan – rekan mahasiswa Magang  3 SMP Negeri 2 Sungguminasa yang telah memberikan masukan-masukan dalam pelaksanaan Magang 3.
10.  Siswa-siswi SMP Negeri 2 Sungguminasa Terutama kelas VIII.1 VIII.2 & VIII.3
11.  Semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan Magang 3 di SMP Negeri 2 Sungguminasa
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini dapat menjadi masukan yang bermanfaat, khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya. Semoga segala apa yang menjadi jerih payah bernilai ibadah di sisi Allah SWT.
Billahi Fisabilil Haq Fastabiqul Khaerat
Wassalamu Alaikum Wr.Wb.
                                                                      
Sungguminasa, 17 September  2019
                                                                 
                                                            Penulis









                                                          DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN.................................................................................... ii
LEMBAR PENILAIAN......................................................................................... iii
LEMBAR PENILAIAN AKHIR .......................................................................... iv        
KATA PENGANTAR............................................................................................ vi
DAFTAR ISI............................................................................................................ viii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
A.    Visi Misi Sekolah............................................................................................... 1
B.     Profil Sekolah.................................................................................................... 2
B.1 Riwayat Singkat Pendiri dan Pembina Sekolah tempat Magang 3....... 2
B.2 Fasilitas Sekolah......................................................................................... 5
B.3 Keadaan Siswa........................................................................................... 6
   B.3.1 Penerimaan Siswa Baru..................................................................... 6
   B.3.2 Proses Kenaikan Kelas...................................................................... 6
   B.3.3 Waktu Belajar.................................................................................... 7
   B.3.4 Jumlah Siswa..................................................................................... 7
B.4 Personil........................................................................................................ 8
   B.4.1 Guru.................................................................................................. 8
   B.4.2 Staf.................................................................................................... 11
   B.4.3 Petugas Keamanan............................................................................ 12
BAB II  PELAKSANAAN DAN PERMASALAHAN PENDIDIKAN
               DI SEKOLAH........................................................................................... 13
A.    Ulasan Bidang Studi......................................................................................... 13

viii
A.1 Persiapan Perangkat Pembelajaran.......................................................... 13
A.2 Masalah Proses........................................................................................ 14
A.3 Partisipasi dan Adaptasi Sekolah............................................................ 15
B.     Bimbingan Guru Pamong dan Dosen Tutor.................................................. 15
B.1 Kegiatan Latihan Mengajar..................................................................... 15
B.2 Kegiatan Pendidikan Lain....................................................................... 16
CKegiatan Penanggulangan Masalah............................................................... 17
C.1 Proses Belajar Mengajar.......................................................................... 17
C.2 Penanggulangan Masalah Pendidikan Lainnya....................................... 17
C.3 Latihan Mengajar.................................................................................... 18
BAB III SIMPULAN DAN SARAN..................................................................... 19
A.    Kesimpulan .................................................................................................. 19
B.     Saran............................................................................................................. 19
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 20
DAFTAR LAMPIRAN – LAMPIRAN    
A.    Instrumen Magang III
B.     Laporan Penilaian Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
C.    Absensi Pelaksanaan Magang III
D.    Absensi Kelas
E.     RPP
F.     Dokumentasi



















BAB 1


PENDAHULUAN

A.    Visi Misi Sekolah
SMP Negeri 2 Sungguminasa
                                                                                       Email : smpnduasungguminasa@yahoo.com
Website : www.smpnegeri2sungguminasa.net
Jl. Andi Mallombasang No. 1 Telp. 0411-865571
 Sungguminasa, 92111.






1.      Visi Sekolah
Menjadikan peserta didik cerdas berkarakter, ramah lingkungan berprestasi pada bidang akademik dan non akademik dengan berlandaskan iman dan taqwa”.

2.      Misi Sekolah
Untuk mewujudkan visi yang telah dirumuskan,maka yang harus dilakukan sekolah adalah :
1.      Meningkatkan disiplin dan kualitas layanan pendidikan yang profesional.
2.      Meningkatkan kesadaran warga sekolah dalam menjangga lingkungan sekolah yang bersih, asri, nyaman, untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan.
3.      Meningkatkan sumber daya manusia tenaga pendidik dan kependidikan.
4.      Meningkatkan kegiatan pembelajaran yang berkualitas berbasis sekolah yang literat.
5.      Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik.
6.      Menyelenggarakan kegiatan keagamaan.





3.      Tujuan sekolah
a.       Melaksanakan kegiatan (pengembangan strategi pembelajaran dengan pendekatan Scientific yang berbasis ICT) yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang akademik;
b.      Melaksanakan kegiatan (berbagai kompetisi OSN, O2SN, FLS2N dan FLSN) yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang non akademik;
c.       Melaksanakan kegiatan (mengembangkan system pembelajaran dan penilaian sesuai dengan standar nasional) yang bertujuan mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional dan kompeten;
d.      Melaksanakan kegiatan (pembinaan IMTAQ secara rutin, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai keagamaan, budaya luhur bangsa sehingga menjadi sumber kearifan) yang bertujuan untuk membentuk warga sekolah yang beriman dan bertakwa melalui kegiatan keagamaan;
e.       Melaksanakan kegiatan (membudayakan kegiatan religious, integritas, mandiri, gotong royong, dan nasionalisme) yang bertujuan untuk membudayakan pendidikan karakter pada peserta didik;
f.       Melaksanakan kegiatan (budaya aman, nyaman, tertib, dan menyenangkan) yang bertujuan untuk menumbuhkan kondisi lingkungan sekolah ramah anak;
g.      Melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, rindang dan asri sebagai upaya dalam pelestarian dan pengelolaan lingkungan;
h.      Melaksanakan kegiatan (kerja sama antarwarga/keluarga besar sekolah dan lingkungan sekitar) yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif;
i.        Melaksanakan manejemen sekolah yang transparan dan partisipatif (memudahkan akses Sistem Informasi Manejemen).

B.     Profil Sekolah
B.1. Riwayat Singkat Pendiri dan Pembina SMP NEGERI 2 Sungguminasa
Awal mula berdirinya sekolah SMPN 2 SUNGGUMINASA ialah  pada awal mulanya dinamakan SMEP  selanjutnya berganti menjadi SMP didirikan  pada tahun 1979 yang mana didirikan oleh pemerintah Sungguminasa di provinsi Sulawesi selatan. Bangunan sekolah merupakan milik sendiri dari pemerintah. Lokasi sekolah berada kecamatan Somba Opu dengan jarak ke pusat kecamatan sejauh 1.5 KM. yang terletak pada lintasan penghubung kabupaten Gowa dan Takalar dan juga merupakan organisasi penyelenggaraan dari pemerintah.

No.
IDENTITAS SEKOLAH
1.
NAMA SEKOLAH
SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA
2.
NOMOR STATISTIK
201190 301002
3.
PROPINSI
SULAWESI SELATAN
4.
OTONOMI DAERAH
KAB. GOWA
5.
DESA / KELURAHAN
SUNGGUMINASA
6.
KECAMATAN
SOMBA OPU
7.
JALAN DAN NOMOR
ANDI MALOMBASANG NO. 1
8.
KODE POS
92111
9.
TELEPON
(0411) 861451
10.
FAKSIMILI / FAKS
(0411) 841577
11.
DAERAH
PERKOTAAN      PEDESAAN
12.
STATUS SEKOLAH
NEGERI               SWASTA


DISAMAKAN     DIAKUI
13.
KELOMPOK SEKOLAH
A             B          C
14.
AKREDITASI
A             B          C
15.
SURAT KEPUTUSAN/SK
NOMOR : 030 / U / 1979                     TGL.       : 17 FEBRUARI 1979
16.
PENERBIT SK.

17.
TAHUN BERDIRI
1979
18.
TAHUN PENEGERIAN
1979
19.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
PAGI  SIANG    PAGI DAN SIANG
20.
BANGUNAN SEKOLAH
MILIK SENDIRI
BUKAN MILIK SENDIRI
21.
LOKASI SEKOLAH
KEC. SOMBA OPU

1.       JARAK KE PUSAT KECAMATAN
±  1.5 KM

2.       JARAK KE PUSAT OTODIA
±  1  KM

3.       TERLETAK PADA LINTASAN
DESA     KECAMATAN
KAB / KOTA    PROPINSI
22.
SURAT KELEMBAGAAN
NO: 0601/0/1985 tertanggal 12 November 1985
23.
ORGANISASI PENYELENGGARAAN
PEMERINTAH  YAYASAN  ORGANSASI
MASYARAKAT
24.
PERJALANAN PERUBAHAN SEKOLAH
SMEP KE SMP
25.
NPSN
40301060

SMP Negeri 2 Sungguminasa hingga saat ini telah beberapa kali mengalami pergantian kepala sekolah, yaitu:
a. Drs. Abdul Muin
b. Muh. Idris BA
c.  Drs. A. Latief Makkalu
d.       Drs. Muh Hatta dj.
e.  Dra. Andi Wartiah, MM
f.  Drs. H Sulkarnain, M.Pd
g. Drs. Mukhlis Rahman
h. H. Muh. Iqbal, S.Pd., M.Pd.
i.   Adri Lairing, S.Pd.
j.   Muhammad Irfan Mahmud, S.Pd.

B.2 Fasilitas Sekolah
B.2. Fasilitas Sekolah
No.
Fasilitas
Jumlah
Luas (M2)
Kondisi
1.
Ruang Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah

1

8 x 5

Baik
2.
Ruang Tata Usaha
1
8 x 5
Baik
3.
Ruang Kelas
24
9 x 7

4.
Perpustakaan
1

Baik
5.
Lab. Komputer
1

Baik
6.
Lab. IPA/Ruang Pertemuan
1
15 x 9
Baik
7.
Gudang
1

Baik
8.
Kantor/Ruang Guru
1
18 x 7
Baik
9.
Mushallah
1

Baik
10.
WC
5
2 x 2
Rusak Ringan
11.
Halaman Sekolah
Ada
-
Baik
12.
Kantin
Ada
-
Baik
13.
Ruang BP
1

Baik
14.
Ruang UKS
1

Baik
15.
Dapur
1
2 x 2
Baik
16.
Listrik
Ada
-
Baik
17.
Air PAM
Ada
-
Baik
18.
Wifi
Ada
-
Baik
19.
Telepon Sekolah
Ada
-
Baik

B.3 Keadaan Siswa
Berdasarkan data  keadaan siswa dari hasil observasi dapat di nyatakan bahwa siswa yang bersekolah di SMPN 2 Sungguminasa  sebagian besar berasal  dari keluarga mampu yang terdiri dari anak pegawai swasta dan PNS. Selain dari itu ada yang berasal dari keluarga kurang mampu dengan berlatar belakang keluarga petani, buruh dan lain-lain. Jarak yang siswa tempuh menuju sekolah pun berbeda-beda, sama halnya dengan transportasi yang siswa gunakan kesekolah, ada yang mengendarai motor, angkutan umum dan ada pula yang berjalan kaki.

B.3.1. Penerimaan Siswa Baru
Penerimaan siswa baru di SMPN 2 Sungguminasa sudah mengikuti kurrikulum 2013  dengan system PPDB. Di mana pemerintah menerima peserta didik baru yang berdomisili sesuai wilayah sekolahnya. Hal ini dilakukan untuk menghidari siswa lebih banyak mendaftar di sekolah favorit yang jauh dari wilayah domisiliya. Adapun pertimbangan dari system zonasi ini yaitu jarak tempat tinggal ke sekolah, usia yang sesuai, sertifikasi hasil ujian Nasional.
Secara umum, penerimaan peserta didik baru (PPDB) ada yang melalui jalur prestasi.  Penilain dan kriteria prestasi berdasarkan ketetapan pemeritah provinsi, misalnya untuk peserta jalur prestasi di Surabaya, harus pernah juara kompetisi nasional dan internasionaal (peringkat 1,2,3,)atau juara pertama tingkat provinsi bisa memilih sekolah pilihan tetapi hanya satu pilihan sekolah saja.
 Jalur regular memilih sekolah berdasarkan zona yang yang sesuai domisili. Dengan kriteria penilaian antara lain Nilai rata-rata hasil UN, Urutan Pilihan Sekolah, perbandingan UN yang lebih besar, dengan urutan ( Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA).

B.3.2. Proses Kenaikan Kelas
1.                   Dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran atau setiap semester genap.
2.      Kenaikan kelas didasarkan pada penilaian hasil belajar pada semerter genap, dengan pertimbangan seluruh SK/KD yang belum tuntas pada semester ganjil, harus dituntaskan sampai mencapai KKM yang ditetapkan, sebelum akhir semester genap. Hal ini sesuai dengan prinsip belajar tuntas (mastery learning), peserta yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan KKM yang ditetapkan, maka yang bersangkutan harus mengikuti pembelajaran remedial sampai siswa yang bersangkutan mampu mencapai KKM dimaksud. Artinya, nilai kenaikan kelas harus tetap  memperhitungkan hasil belajar peserta didik selama satu tahun pelajaran yang sedang berlangsung.
3.      Guru mata pelajaran yang bersangkutan membuat daftar soal ujian dan kemudian di kumpul kepada pihak sekolah atau Tata Usaha untuk ditindak lanjuti.
4.      Siswa yang Lulus secara SK/KD dan lulus secara attitude dari mata pelajaran yang bersangkutan diboleh kan untuk mengikuti ujian.
5.      Siswa yang berhasil dalam ujian berhak untuk naik ketingkat selanjutnya atau naik kelas.

B.3.3 Waktu Belajar
Kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di SMPN 2 Sungguminasa  berawal dari 07 : 15 – 12 : 00 (kelas pagi), 13 : 00 – 17 : 00 (kelas siang).
Sehingga dengan adanya pembagian waktu belajar tersebut, guru bisa mengimbangi kelas yang akan digunakan dalam proses pembelajaran
B.3.4. Jumlah Siswa
Daftar keadaan siswa tahun tahun ajaran 2019/2020 pada semester ganjil, yaitu :

·         Data siswa sekolah SMP NEGERI 2 SUNGGUINASA
No.
Kelas
L
P
Jumlah Siswa
Rombel

1.
VII
200
262
462
14
2.
VIII
208
241
449
14
3.
IX
198
244
442
14
Jumlah
606
747
1.353
42





B.4.  Personil
SMP Negeri 2 Sungguminasa dipimpin oleh seorang kepala sekolah dan dibantu oleh seorang wakil kepala sekolah serta guru PNS maupun honorer dan staf tata usaha  serta petugas keamanan.

B.4.1. Guru

No.

Nama

Nip
Jabatan Guru
Mata Pelajaran
1
Dra.Husniah
19621009 198703 2 006
Gr. Madya
Pend.Agama
2
Syamsiah H.,S.Ag.
19590715 199003 2 002
Gr. Madya
Pend.Agama
3
Dra.Putri Hanis
19620802 198903 2 013
Gr. Madya
Pend.Agama
4
A.Hendriyana H,S.Pd.I.,M.Pd.I.
-
Gr.Honor
Pend.Agama
5
Cahaya, S.Pd


-
Pend.Agama
6
Nursyidah, S.Ag


-
Pend.Agama
7
Suciati Putri, S.Sos
-

Gr.Honor
Pend.Agama
8
Flordianus



PA. Kristen
9
Drs.Dahlan
19630727 200604 1 007
Gr.Pratama
PKn
10
Nasruddin Hamzar SIP.
19690315 200604 1 014
Gr.Pratama
PKn
11
Hartati , S.Pd
-

Gr.Honor
PKn
12
Sri Ismayanti, S.Pd
-
Gr.Honor
PKn
13
Kiki Rezkiyanti Sahar.S.Pd
-
Gr.Honor
PKn
14
Rahmatiah Abdullah. S.Pd
19680527 199412 2 007
Gr. Madya
PKn
15
Aida Juriah S.Pd.
19650623 198803 2 011
Gr. Madya
Bhs. Indo
16
Hj.Rahmadhani S.Pd.,M.Pd
19691112 199802 2 007
Gr. Madya
Bhs. Indo
17
St.Nurhaedah, S.Pd
19710731 199802 2 003
Gr. Madya
Bhs. Indo
18
Indrawaty  D.R., S.Pd
19810511 200901 2 005
Gr.Pratama
Bhs. Indo
19
H.Roy  Rasyid
19590321 198110 1 001
Gr. Madya
Bhs. Indo
20
Hadijah ,S.Pd
19841114 201407 2 003
Gr.Pratama
Bhs. Indo
21
Satriani,S.Pd


Gr.Honor
Bhs. Indo
22
Habib Burhan . S.Pd
-
Gr.Honor
Bhs. Indo
23
Siskawati,S.Pd
-

Gr.Honor
Bhs. Indo
24
Erniwati, S.Pd.,M.Pd

Gr.Honor
Bhs. Indo
25
Suherwin, S.Pd
-

Gr.Honor
Bhs. Indo
26
Hj.Retna  Iswari
19661208 198903 2 010
Gr. Madya
Bhs.  Inggris
27
Irwan Nurdin , S.Pd.
19600220 198212 1 001
Gr. Madya
Bhs.  Inggris
28
Hj.Harlina Amir , S.Pd
19621231 198503 2 063
Gr. Madya
Bhs.  Inggris
29
Muzdalifah.M. S.Pd
19771126 200604 2 015

Gr.Pratama
Bhs.  Inggris
30
Anzar  Agus. S.Pd. M.Pd
19790423 200701 1 005
Gr.Pratama
Bhs.  Inggris
31
Nurlina Yusup, S.Pd
19810603 201407 2 003
Gr.Pratama
Bhs.  Inggris
32
Rasdiyanah,S.Pd
19830910 200804 2 003
Gr.Pratama
Bhs.  Inggris
33
Fitriani Burhan,S.Pd
-
Gr.Honor
Bhs.  Inggris
34
Hj. Nurhayati,  S.Pd.
19600416 198102 2 001
Gr. Madya
Matematika
35
Muntaha , S.Pd.
19611231 198111 2 005
Gr. Madya
Matematika
36
Sitti Patimah,S.Pd.
19611121 199412 2 001
Gr. Madya
Matematika
37
Hj.Nurfiah ,S.Pd.
19651231 198512 2 009
Gr. Madya
Matematika
38
Mardiana,   S.Pd.
19790224 200604 2 019
Gr.Pratama
Matematika
39
Andi . Mula , S.Pd.
19800424 200701 2 018
Gr.Pratama
Matematika
40
Widiyawati,  S.Pd.
19810625  2007012 008
Gr.Pratama
Matematika
41
Muslimin Arsyad, S.Pd
-
Gr.Honor
Matematika
42
Kartini S.Pd
-

Gr.Honor
Matematika
43
Salmah  ,S.Pd.
19630719 198411 2 002
Gr. Madya
IPA  Terpadu
44
Dra.Hj.Hamidah
19600104 198403 2 002
Gr. Madya
IPA  Terpadu
45
Muh.Anwar , S.Pd.
19671129 199001 1 003
Gr Madya
IPA  Terpadu
46
Hj.Halijah , S.Pd.
19640310 198411 2 001
Gr. Madya
IPA  Terpadu
47
Hj.Sukdiarti , S.Pd.
19640512 198411 2 002
Gr. Madya
IPA  Terpadu
48
Dra.Rahmawati
19641207 198903 2 005
Gr. Madya
IPA  Terpadu
49
Syahraini , S.Pd.
19770617 200604 2 024
Gr.Pratama
IPA  Terpadu
50
Harsawati , S.Pd.
19770418 200604 2 019
Gr.Pratama
IPA  Terpadu
51
Ilman Borahima. AR, S.Pd.
-

Gr.Honor

IPA  Terpadu
52
Hj. Armiati  K .  SE
19800307 201410 2 001
Gr.Pratama
IPS  Terpadu
53
A.  Keteng  Asni , SE
19720810 201410 2 001
Gr.Pratama
IPS  Terpadu
54
Rosmawati , S.Pd.
19761005 201407 2 004
Gr.Pratama
IPS  Terpadu
55
Abd. Kadir , S.Pd
19721125 200701 1 010
Gr.Madya
IPS  Terpadu
56
Yuningsih M, SE
-

Gr.Honor
IPS  Terpadu
57
Sri   Indrati . SE
-

Gr.Honor
IPS  Terpadu
58
Muriyati , S.Pd.
19591231 198303 2 077
Gr. Madya
Seni Budaya
59
Hj.Asliah , S.Pd.
19600206 198411 2 002
Gr. Madya
Seni Budaya
60
Nurlaela , S.Pd.
19680405 199103 2 013
Gr. Madya
Seni Budaya
61
Hj.Husniah
19600424 198112 2 008
Gr Madya
Seni Budaya
62
Salmiah Salim ,S.Pd.
-
Gr.Honor
Seni Budaya
63
A.Dian Oktavia Pratiwi,S.Pd
-
Gr.Honor
Seni Budaya
64
Asriani Cora, S.Pd
-
Gr.Honor
Seni Budaya
65
Firdaus Hambali.  S.Pd
19660323 198903 1 011
Gr. Madya
Penjaskes
66
Drs.Muharimin
19681231 199803 1 041
Gr. Madya
Penjaskes
67
Dra.Djumarni
19630510 198903 2 009
Gr. Madya
Penjaskes
68
Rusli  AT,. S.Pd.
19740822 200604 1 011
Gr.Pratama
Penjaskes
69
Ahmad. Sidiq, S.Pd
-
Gr.Honor
Penjaskes
70
Kurniah.S.Pd
-

Gr.Honor
Penjaskes
71
Teguh K. .S.Kom.MT
19840813 201001 1 029
Gr.Pratama
TIK
72
Ismawati, S.Pd
-

Gr.Honor
Prakarya
73
Hasmah  Nuke.  S.Pd
19641231 199003 2 051

Gr Madya
B K
74
Nurul Hikmah,S.Pd
19841105 201101 2 005
Gr.Pratama
B K
75
Munahidah , S.Pd.
19630505 199003 2 004
Gr. Madya
B K
76
Dian Reski Amelia F.S.Pd
-
Gr.Honor
B K
77
Mardiana . S.Pd


Gr.Honor
B K
78
St. Rajalia
19601017 198102 2 002
Gr Madya
B K

B.4.2.Staf        
     Staf yang membantu jalannya administrasi sekolah dan lain-lain di SMP Negeri 2 Sungguminasa adalah sebagai berikut:
NO
NAMA/NIP
TUGAS TAMBAHAN SESUAI FUNGSI SEKOLAH
1.
Muh. Syukri, S.Pd
NIP.196409121986031034Hj.

Kepala Tata Usaha
2.
Hj. Sutriany Rahman, SE
NIP.196208061986032013

Tata Usaha
3.
Saerah , S.Pd
NIP.196505041986032022

Tata Usaha
4.
Sukirah, S.Pd
NIP.196708111988032014

Tata Usaha
5.
Ilyas,S.Pd
NIP.197106111993031006

Tata Usaha
6.
Hj. St. Kasmumah, S.Pd
NIP.196011151991032005

Tata Usaha
7.
St. Hasmani
NIP.196008181981032011

Tata Usaha
8.
Nurmi, S.Pd

Tata Usaha
9
Nabula Uznul Khatima, SE

Tata Usaha
10.
Harsani, S.Ip

Tata Usaha
11.
Nurlaela, S.Pd
Nip. 19680405 199103 2 013
Kepala perpustakaan
12.
Salmah, S.Pd
Nip. 19630719 198411 2 002
Kepala Laboratorium

B.4.3. Petugas Keamanan
            Demi menjaga keamanan dan ketertiban SMP Negeri 2 Sungguminasa, maka diperlakukan peran petugas keamanan. berikut adalah nama-nama petugas keamanan yang ada di SMP Negeri 2 Sungguminasa :
NO
NAMA
JABATAN
1.
Nurdin depalawa
Keamanan
2.
Komaruddin Daeng Nyala
Keamanan
3.
Retno
Keamanan





BAB II
PELAKSANAAN DAN  PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH

A.    Ulasan Bidang Studi
A.1. Persiapan Perangkat Pembelajaran
Sebelum melaksanakan proses pembelajaran, guru terlebih dahulu menyiapkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, buku paket, dan bahan ajar. Tujuannya agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Sama halnya dengan guru, sebelum mengajar mahasiswa magang 3 juga terlebih dahulu  mempersiapkan diri dengan membuat perangkat pembelajaran yang hendak digunakan dalam proses pembelajaran, tapi disini mahasiswa hanya menggunakan yang RPP, buku paket, dan bahan ajar. Perangkat pembelajaran ini disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah yang bersangkutan.Dalam hal ini, SMP Negeri 2 Sungguminasa menggunakan kurikulum 2013.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan panduan kegiatan guru dalam kegiatan pembelajaran sekaligus uraian kegiatan siswa yang berhubungan dengan kegiatan guru yang dimaksudkan. RPP ini disusun berdasarkan indikator-indikator yang telah disusun yang mengacu pada prinsip dan karakteristik pembelajaran yang dipilih berisi tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar, RPP yang disusun mencakup alokasi waktu  3 x 40 menit dan 2 x 40 menit untuk setiap pertemuan (tatap muka).
Pembelajaran harus dirancang sebagai suatu sistem,artinya pembelajaran itu terdiri atas komponen-komponen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Komponen-komponen pembelajaran yang dikembangkan merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan dan bersinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Sebagai suatu sistem, komponen tujuan harus menjadi fokus utama perencanaan pembelajaran sehingga pengembangan materi/bahan ajar, metode yang akan dikembangkan, media atau sumber belajar lain yang akan dipakai dan evaluasi yang akan digunakan harus selalu mengacu pada bagaimana tujuan pembelajaran tersebut dapat dicapai secara optimal.
Berikut contoh format RPP berdasarkan silabus Kurikulum 2013.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :          
Mata Pelajaran:     
Kelas/Semester      :    
Materi pokok         :
Alokasi Waktu      :
A.                Kompetensi Inti
B.                 Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
C.                 Tujuan Pembelajaran
D.                Materi Pembelajaran
E.                 Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
F.                  Kegiatan Pembelajaran
G.                Sumber Belajar
H.                Contoh Instrumen untuk Penilaian
I.                   Penilaian hasil Belajar

(Untuk lebih lengkapnya, RPP bisa dilihat pada lampiran)

A.2. Masalah Proses
Proses pembelajaran pada hakikatnya adalah proses belajar siswa sebagai manusia pembelajar. Oleh karena itu, dalam melakukan perencanaan, seorang guru harus mengutamakan pada proses belajar siswa itu sendiri sebagai manusia yang akan belajar. Pandangan psikologi yang sesuai dengan prinsip ini adalah pandangan humanisme yang menyatakan bahwa siswa merupakan subjek yang memiliki akal pikiran. Oleh sebab itu, pada pelaksanaannya seorang guru harus mempertimbangkan bahwa siswa yang akan dihadapi adalah manusia yang  memiliki kemauan, kebutuhan, dan minat serta karakteristik yang berbeda-beda.
Proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting, disinilah siswa menentukan apakah siswa mau belajar atau tidak. Masalah proses belajar siswa sangat terpengaruh oleh faktor intern siswa dimana keadaan yang muncul dari dalam diri siswa itu sendiri seperti intelegensi, motivasi belajar serta kepercayaan diri.Intelegensi sangat besar pengaruhnya terhadap siswa dalam belajar, dimana siswa yang berintelegensi tinggi akan berhasil dibanding mereka yang berintelegensi rendah. Siswa yang sangat lambat (berintelegensi rendah) dalam belajar yakni keadaan siswa yang memiliki bakat akademik yang kurang memadai dan perlu pelajaran tambahan atau ekstra yang menjadi salah satu alternatif penyelesaian masalah seperti ini.
Kurangnya motivasi siswa dalam belajar juga sangat berpengaruh dalam proses belajar. Siswa yang kurang bersemangat (motivasi) dalam belajar seperti bermalas-malasan akan membuat mereka tidak memperhatikan pelajaran dan membuat siswa bosan dalam belajar.
Rasa percaya diri siswa yang kurang.Banyak siswa yang kurang percaya diri, padahal siswa tersebut memiliki kemampuan belajar yang baik.Hal ini juga merupakan hambatan siswa dalam belajar.
Adapun faktor ekstern siswa seperti lingkungan sekitar yang tidak mendukung aktivitas belajar siswa. Contohnya alat-alat pendukung sarana belajar yang kurang memadai serta pencahayaan ruang kelas yang membuat proses belajar kurang efektif.

A.3. Partisipasi dan Adaptasi Sekolah
Dalam memaksimalkan proses pembelajaran, maka setiap persoalan yang dihadapi dikomunikasikan dengan pihak-pihak yang ada di sekolah dan diberikan solusi yang terbaik. Untuk lebih meningkatkan keakraban antara mahasiswa magang 3 dengan para guru dan staff sekolah, maka setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah, mahasiswa magang 3 selalu ikut aktif dalam acara tersebut.Misalnya, pada hari senin mengikuti upacara penaikan bendera, ikut serta dalam mengadakan kerja bakti di sekolah, serta kegiatan lainnya yang diadakan di sekolah selama kegiatan magang 3 ini.

B.     Bimbingan Guru Pamong dan Dosen Tutor
B.1. Kegiatan Latihan Mengajar
Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, mahasiswa magang 3 melihat guru pamong mengajar di kelas sebagai bahan observasi mahasiswa untuk belajar dan mempersiapkan diri untuk mengaplikasikan kemampuannya di hadapan siswa. Guru pamong memberikan informasi mengenai situasi dan kondisi kelas dan siswanya, sehingga dapat memberikan metode pembelajaran yang terbaik untuk digunakan pada saat pembelajaran berlangsung. Proses pembelajaran yang akan dilakukan tentunya memerlukan persiapan yang matang agar dapat berjalan dengan lancar, karena itu perlu dibuat perangkat pembelajaran dan rencana pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang telah dibuat tercermin dalam proses pembelajaran. Selain persiapan perangkat pembelajaran, mahasiswa juga perlu menguasai materi pelajaran yang akan di sampaikan kepada siswa agar tidak mengalami kendala saat pembelajaran berlangsung.
Namun, penguasaan materi tidaklah cukup jika komunikasi kepada siswa terhambat, karena komunikasi dalam hal penyampaian materi kepada siswa harus efektif dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik.Selain itu, penampilan dalam mengajar juga perlu dipersiapkan agar tidak mengundang hal-hal yang tidak diinginkan. Penampilan disini dapat berupa cara berpakaian dan berperilaku. Penampilan harus sebaik mungkin agar siswa juga akan tertarik dalam mengikuti pelajaran.
Selain bimbingan dari Guru Pamong, bimbingan yang diberikan oleh Dosen Pembimbing sehubungan dengan pelaksanaan magang 3 ini juga tidak kalah penting.Dosen Pembimbing dalam pelaksanaan magang 3 ini memberikan bimbingan terhadap mahasiswa tentang bagaimana cara atau teknik dalam menghadapi anak didik (siswa) sehingga apa yang kita sampaikan dapat dengan mudah dimengerti oleh para peserta didik

B.2. Kegiatan Pendidikan Lain
Pada pelaksanaan kegiataan magang 3 tepatnya di SMP Negeri 2 Sungguminasa selain kegiatan mengajar atau teaching dikenal pula adanya kegiatan non-mengajar atau non teaching. Kegiatan non teaching meliputi :
a.       Melaksanakan administrasi sekolah, yakni melakukan absensi sebagai upaya memotivasi siswa untuk aktif mengikuti pelajaran.
b.       Mengikuti upacara secara rutin.
c.        Kerja bakti
d.       Mengikuti upacara  pada tanggal 17 Agustus sebagai bentuk partisipasi dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia

C.    Kegiatan Penanggulangan Masalah
C.1. Proses Belajar Mengajar
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan interaksi antara guru dan  siswa dimana akan diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Proses pembelajaran juga diartikan sebagai suatu proses terjadinya interaksi antara pelajar, pengajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran, yang berlangsung dalam suatu lokasi tertentu dalam jangka satuan waktu tertentu pula.
Berdasarkan pendapat kedua ahli tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran sebagai suatu proses interaksi antara guru dan murid dimana akan dikhiri dengan proses evaluasi hasil belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang berlangsung dalam suatu lokasi dan jangka waktu tertentu.
Dalam Pelaksanaan magang 3, kendala dan hambatan pasti ada. Salah satunya adalah ketika pertama kali tampil di depan kelas, terlebih pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Namun, sekecil apapun masalah selalu berkonsultasi dengan guru pamong. Dalam rangka mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal dalam penyampaian materi di depan kelas, maka hal- hal yang perlu dilakukan adalah:
a.       Sebelum mengajar, terlebih dahulu membuat perangkat pembelajaran yaitu Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
b.      Menguasai materi yang akan diajarkan.
c.       Menguasai metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan.
d.      Menguasai kelas/ ruangan tempat mengajar agar proses belajar mengajar dapat berlangsung tanpa hambatan.

C.2. Penanggulangan Masalah Pendidikan Lainnya
         Proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan apabila faktor-faktor pendukungnya dapat terpenuhi, diantaranyan adalah penampilan yang luwes, strategi belajar yang matang, dan metode mengajar yang sesuai dengan materi pelajaran.
         Dalam pelaksanaan Magang 3, berbagai permasalahan dan hambatan tentunya ada. Salah satu diantaranya adalah pada saat tampil di depan kelas dimana terjadi kegaduhan siswa dan membuat proses belajar mengajar menjadi terhambat. Salah satu upaya untuk mengatasi hal ini adalah memberikan arahan kepada siswa bahwa jika guru sedang menjelaskan, maka siswa harus memperhatikan. Karena apabila guru menjelaskan dan siswa asyik sendiri dengan urusannya tanpa memperhatikan penjelasan materi dari guru, maka apa yang dijelaskan oleh guru sulit dipahami siswa. Setelah diam, barulah kita melanjutkan pelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa tadi untuk mengerjakan tugas yang diberikan.Apabila ada siswa yang kurang paham, maka mahasiswa magang 3 mendekatinya dan memberikan penjelasan tentang tugas yang sedang dikerjakan/dibahas.
Kegiatan pendidikan lainnya (non teaching) kurang dilakukan dibanding dengan kegiatan yang semestinya dilakukan seperti mengajar karena kurangnya kesempatan siswa maupun kami sendiri.Kegiatan pendidikan lainnya (non teaching) yang dilakukan di lokasi Magang 3 seperti diadakannya jum’at Ibadah, kerja bakti.

C.3. Latihan Mengajar
Kegiatan latihan mengajar merupakan kegiatan inti dari seluruh kegiatan Magang 3. Setelah melakukan observasi, maka mahasiswa akan melanjutkan dengan pelaksanaan pembelajaran.
Mahasiswa magang 3 harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk setiap satu kali pertemuan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan tepat dan memudahkan mahasiswa magang 3 dalam mengajar dan juga memudahkan bagi para siswa untuk lebih mengerti dan memahami materi yang disampaikan oleh mahasiswa magang 3 di depan kelas, sehingga proses belajar mengajar di SMP Negeri 2 Sungguminasa dapat berjalan dengan baik dan sistematis.
Saat latihan mengajar terhadap siswa di dalam kelas masih banyak siswa yang kurang dengan minat belajar terhadap bidang studi, kami mengusahakan untuk meminimalkan siswa yang kurang dengan minat belajarnya dengan pendekatan terhadap siswa tersebut. Hal ini bertujuan  agar siswa dapat tertarik pada bidang studi ini.  


BAB III
PENUTUP
A.              KESIMPULAN
      Magang 3 Merupakan Mata Kuliah Wajib Di ikuti Oleh Mahasiswa FKIP Unismuh Makassar Sebagai Sarana Melatih Mahasiswa Untuk Menjadi Calon Guru Profesional, apa yang telah dipelajari di kampus Diterapkan disekolah sesuai dengan kemampuan mahasiswa itu sendiri,  Mahasiswa wajib Mempersiapkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, buku paket, dan bahan ajar. Tujuannya agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
SMP Negeri 2 Sungguminasa, Sekolah yang Menerapkan Kurikulum 2013 Pada tahun ajaran 2019/2020, Dengan Kurikulum Tersebut Mahasiswa Mampu Melaksanakan Kewajiban Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Seni Budaya yang berbasis Era Teknologi Informasi 4.0. Dengan menggunakan Perangkat LCD, dan Siswa Diperlihatkan Video  Pembelajaran, Terkait Dengan Materi Seni Budaya, Sekaligus siswa dapat belajar dari audio visual di internet.

B.               SARAN
1.      Sebelum tampil di depan kelas hendaknya mempersiapkan diri dan menguasai materi yang akan diajarkan.
2.      Sebagai seorang calon guru harus memiliki kreativitas dan inovasi baru dalam menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar khususnya kreativitas dalam menyusun materi pembelajaran, agar lebih menarik dan menyenangkan. Sehingga siswa mampu belajar dengan nyaman dan lebih aktraktif.
3.      Kerapihan berpakaian dan komunikasi yang baik antara siswa dengan guru (mahasiswa magang 3) perlu tercipta agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.
4.      Diharapkan adanya perbaikan kekurangan-kekurangan pada masa yang akan datang, baik itu kekurangan atau kesalahan teknis oleh pihak penyelenggara maupun kekurangan yang dirasakan oleh Mahasiswa magang 3  itu sendiri, sehingga apa yang diharapkan bersama dapat tercipta sebagai seorang guru yang profesional pada bidangnya masing-masing.  



























DAFTAR PUSTAKA

Dokumentasi  Data Administrasi SMP Negeri 2 Sungguminasa. Tahun ajaran 2019/2020

Muh Nur Salama. 2015. “Laporan Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar”. Makassar: FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar

Syamsuri, Andi Sukri, dkk. 2018. “Buku Panduan Magang 3. Makassar: FKIP Universitas  Muhammadiyah Makassar.

               Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil BelajarYogyakarta : Pustaka Pelajar. 18

 Uno, B. Hamzah & Mohamad, Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan Paikem:  Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

 Akdon. 2006. Strategic Managemet for Education management. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




LAMPIRAN

·         Instrumen Magang III
·         Laporan Penilaian Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing
·         Absensi Pelaksanaan Magang III
·         Absensi Kelas
·         RPP
·         Dokumentasi













INSTRUMEN
PROGRAM MAGANG III





Nama                    : Firdaus
NIM                     : 10541083015
Program Studi       : Strata 1(S1)
Jurusan                 : Pendidikan Seni Rupa
Lokasi Magang     : jln. Andi Mallombasang No. 1
  ( SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA )
                            


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2019/2020





KEGIATAN I
Berdasarkan dengan pimpinan sekolah, guru pamong, guru-guru lain dan staf tata usaha sekolah.
1.        Nama-nama pimpinan sekolah dan staf tata usaha sekolah
No
Nama
Jabatan
Alamat
1
Muhammad Irfan Mahmud, S.Pd.
Kepala sekolah
Jl. Rajawali Asr. Lompobattang A 23
2
Hj. Halijah, S.Pd
Wakil Kepala Sekolah
Jl. Flamboyan II
3
Abd. Kadir, S.Pd
Urusan Kurikulum
Jl. Dg. Ngadde Stp. 4 No. 11
4
Irwan Nurdin, S.Pd
Urusan sarana
Jl. Dahlia Lr. 312
5
Nasruddin Hamsar, S.IP
Urusan Humas
Jl. Baji Dakka No. 5

2.        Nama guru pamong dan guru-guru lain
No
Nama
Jabatan
1
Nurlaela S.Pd
Seni Budaya
(Guru Pamong)
2
Muriyati , S.Pd.
Seni Budaya
3
Hj.Asliah , S.Pd.
Seni Budaya
4
Nurlaela , S.Pd.
Seni Budaya
5
Hj.Husniah
Seni Budaya
6
Salmiah Salim ,S.Pd.
Seni Budaya
7
A.Dian Oktavia Pratiwi,S.Pd
Seni Budaya
8
Asriani Cora, S.Pd
Seni Budaya
9
Andi Mula, S.Pd
Matematika
10
St. Fatimah, S.Pd
Matematika
11
Muntaha, S.Pd
Matematika
12
Hj. Nurfiah, S.Pd
Matematika
13
Dra. Rahmawati
IPA
14
Muhammad Anwar, S.Pd.
IPA & Kepala Lab IPA
15
Kiki Rezkiyanti Sahar.S.Pd
Pkn

3.      Nama staf tata usaha
No
Nama
Jabatan
Alamat
1
Muh. Syukri, S.Pd
NIP.196409121986031034.
Ketua Tata Usaha
Jl. Pabanggiang
2
Hj. Sutriany Rahman, SE
NIP.196208061986032013
Tata Usaha
Jl. Kamboja Bontokamase
3
Saerah , S.Pd
NIP.196505041986032022
Tata Usaha
Komp. Katangka
4
Sukirah, S.Pd
NIP.196708111988032014
Tata Usaha
Bonto Rea Palangga

4.        Kesan saudara dalam perkenalan ini :
Kepala sekolah, guru beserta staf disekolah ini ramah terhadap mahasiswa magang 3 terbukti dengan kesan yang sangat baik saat penyerahan di sekolah SMP Negeri 2 Sungguminsa ini. Mereka pun memaklumi jika ada yang belum kami mengerti sebab rata-rata dari mereka juga merupakan alumni Universitas Muhammadiyah Makassar.
5.        Manfaat yang saudara peroleh dalam perkenalan ini:
a.              Dapat berkenalan dengan kepala sekolah, guru dan para staf
b.             Dapat mengetahui alamat kepala sekolah, guru dan para staf
c.              Dapat mengetahui mata pelajaran yang dibawakan oleh setiap guru


KEGIATAN II

Mengenal lokasi sekolah, gedung sekolah, ruang kelas, kantor, dan fasilitas lainnya.
1.        Nama dan Lokasi Sekolah
Nama Sekolah      : SMP Negeri 2 Sungguminasa
Letak Sekolah      : Di Pinggir Jalan Poros Sungguminasa
Alamat Sekolah    : Jl. Andi Mallombasang No. 1 Sungguminasa
2.        Kondisi Gedung / Bagian Sekolah
No
Ruang
Jumlah
Luas
Keterangan
1
Kepala Sekolah dan Wakil
1
8 x 5 m
Kondisi baik
2
Ruang Guru
1
18 x 7 m
Kondisi baik
3
Tata Usaha
1
8 x 5 m
Kondisi baik
4
Perpustakaan
1
7 x 12 m
Kondisi baik
5
Lab. IPA
1
9 x 15 m
Kondisi baik
6
Penjaga Sekolah
1
1.5 x1.5
Kondisi baik
7
Mushallah
1
9 x 9 m
Kondisi baik
8
Lab. Computer
1
8 x 15 m
Kondisi baik
9
Toilet / WC
6
2 x 2
Kondisi baik
10
Gudang
1
2 x 3,5 m
Kondisi baik
11
Ruang kurikulum
1
4 x 6 m
Kondisi baik
12
Ruang Osis
1
 6 x 3 m
Kondisi baik
13
UKS
1
7 x 4 m
Kondisi baik
14
Halaman Sekolah
1
21 x 50
Kondisi baik
15
Kantin
7
3 x 3 m
Kondisi baik
16
PMR/Pramuka
1
5 x 3 m
Kondisi baik
17
BK
1
3 x 7 m
Kondisi baik
18
Koperasi
1
7 x 5 m
Kondisi baik
19
Bangsal Kendaraan
1
8 x 4 m
Kondisi baik

3.        Kesan saudara terhadap kondisi gedung, kelas, dan ruangan lainnya :
Kondisi gedung sekolah di SMP Negeri 2 Sungguminasa sudah cukup baik dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.
4.        Manfaat yang saudara peroleh dengan kegiatan pengenalan gedung dan fasilitas sekolah tersebut :
a.              Mengetahui letak ruangan-ruangan yanga ada di sekolah seperti mushollah, perpustakaan, dan laboratorium
b.             Dapat memanfaatkan fasilitas yang ada sesuai dengan fungsinya masing-masing
c.              Dapat melakukan perbaikan kondisi ruangan yang kurang baik sehingga dapat menjadi lebih teratur dan dapat digunakan sepenuhnya.




KEGIATAN III

Mempelajari tugas-tugas guru di sekolah, tata tertib sekolah baik untuk guru maupun siswa.
1.        Tugas Kepala Sekolah
a.              Kepala sekolah selaku edukator bertugas dan berfungsi melaksanakan proses pembelajaran siswa secara efektif dan efisien
b.             Kepala sekolah selaku manager mempunyai tugas :
1)        Menyusun perencanaan
2)        Mengorganisasikan kegiatan
3)        Mengarahkan kegiatan
4)        Mengkoordinasikan kegiatan
5)        Melaksanakan pengawasan
6)        Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
7)        Menentukan kebijaksanaan
8)        Mengadakan rapat
9)        Mengatur proses belajar mengajar
10)    Mengatur administrasi
11)    Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
12)    Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait
c.              Kepala sekolah selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrasi
1)        Perencanaan
2)        Pengorganisasian
3)        Pengarahan
4)        Pengkoordinasian
5)        Pengawasan
6)        Kurikulum
7)        Kesiswaan
8)        Ketata usahaan
9)        Ketenangan
10)    Kantor
11)    Keuangan
12)    Perpustakaan
13)    Laboratorium
14)    Ruang keterampilan / kesenian
15)    Bimbingan konseling
16)    UKS dan OSIS
d.             Kepala sekolah selaku supervisor bertugas menyelenggarakan supervise mengenai :
1)        Proses belajar mengajar
2)        Kegiatan bimbingan dan konseling
3)        Kegiatan ekstrakurikuler
4)        Kegiatan ketata usahaan
5)        Kegiatan kerja sama dengan masyarakat
6)        Sarana dan prasarana
7)        Kegiatan OSIS
8)        6 K
Dalam melaksanakan tugasnya, kepala sekolah dapat mengelegasikan kepada wakil kepala sekolah.

2.        Tugas Guru Kelas / Wali Kelas
Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Tugas dan tanggung jawab seorang guru meliputi :
a.              Melaksanakan kegiatan pembelajaran
b.             Melengkapi program dan perangkat pembelajaran, meliputi :
1)        Buku panduan pembelajaran
2)        Rencana program pembelajaran
3)        Analisis materi pembelajaran
4)        Rincian yang efektif
5)        Daftar nilai
6)        Daftar hadir
c.              Melaporkan hasil perkembangan siswa pada mata pelajaran yang diajarkan
d.             Menciptakan suasana yang tenang sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik
e.              Mampu memancing minat belajar siswa
f.              Mampu memotivasi siswa untuk menggunakan sarana sekolah seperti perpustakaan dan sarana Ibadah untuk meningkatkan kualitas siswa
g.             Membantu kepala sekolah dan guru pamong untuk mengatasi permasalahan siswa dalam proses pembelajaran
h.             Memberikan keteladanan bagi siswa, meliput :
1)        Tutur kata
2)        Sikap
3)        Tindakan dan perbuatan
4)        Busana / pakaian
5)        Interaksi dalam masyarakat

3.        Tugas Tata Usaha
Tugas dan tanggung jawab staf/tata usaha adalah:
a.              Menyusun program tata usaha sekolah
b.             Mengelola keuangan sekolah
c.              Mengurus administrasi ketenagaan siswa
d.             Membina dan mengembangkan karier pegawai
e.              Menyusun administrasi perlengkapan sekolah
f.              Menyusun dan menyajikan data/statistic sekolah
g.             Mengkoordinasikan dan melakukan 6 k
h.             Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala



KEGIATAN IV

1.        Mencatat Model Rancangan Pembelajaran Guru Pamong di Sekolah.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1)        Identitas terdiri atas :
a)        Satuan Pendidikan
b)        Kelas/Semester
c)        Mata Pelajaran
d)       Materi Pokok
e)        Alokasi Waktu
2)        Kompetensi Inti ( K I )
3)        Kompetensi Dasar
4)        Indikator
5)        Tujuan Pembelajaran
6)        Materi Pembelajaran
7)        Metode Pembelajaran
8)        Media Pembelajaran
9)        Sumber Belajar
10)    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a)        Kegiatan Pendahuluan
b)        Kegiatan Inti
c)        Kegiatan Penutup
11)    Penilaian
2.        Kesan
a.         Rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dimiliki guru sudah lengkap
b.         Untuk penilaian terhadap siswa, guru memiliki absen khusus yang sesuai dengan kurikulum 2013 yang dipakai saat ini di sekolah SMP Negeri 2 Sungguminasa.


KEGIATAN V

1.        Observasi Kegiatan Belajar Mengajar
Nama Guru                      :   Nurlaela, S.Pd.
Kelas                                :   VIII.1 , VIII.2 VIII.3
No
Cara mengajar/kegiatan/kegiatan mengajar
Ya
Tidak
Ket
1
Memulai Pembelajaran (Salam, Doa, Apersepsi)
ü

Baik
2
Membuka Pelajaran
ü

Baik
3
Memberikan/Melakukan Pertanyaan
ü

Baik
4
Memberikan Penguatan/Ket. Mengajar
ü

Baik
5
Menjelaskan Materi dengan Sistematis
ü

Baik
6
Menggunakan Media/Alat Peraga
ü

Baik
7
Antusias dalam Kegiatan Mengajar
ü

Baik
8
Mengelola Pembelajaran dengan Diskusi
ü

Baik
9
Adanya Variasi/Gaya Guru
ü

Baik
10
Bahasa yang Mudah dan Jelas
ü

Baik
11
Menulis di Papan Tulis Bagian yang dijelaskan
ü

Baik
12
Memberikan Kesempatan Murid untuk Bertanya
ü

Baik
13
Mengadakan Kesimpulan
ü

Baik
14
Melaksanakan Penilaian
ü

Baik

2.        Kesan
Dari observasi terhadap kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan, saya dapat mengetahui metode pembelajaran guru serta bagaimana respon siswa terhadap metode yang diterapkan, sehingga jika kurang optimal maka akan dilakukan metode pembelajaran yang lain. Dapat mengenali suasana kelas dan kegiatan rutin yang dilakukan sebelum memulai pelajaran. Guru pamong sangat ramah dan baik serta paham betul tentang bagaimana menjadi mahasiswa magang.





Komentar

Postingan Populer