LAPORAN KEGIATAN MAGANG 3 (SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA)
LAPORAN
KEGIATAN MAGANG 3
SMP NEGERI 2 SUNGGUMINASA
Oleh :
NAMA : FIRDAUS
NIM : 10541083015
PROGRAM STUDI STRATA 1 (S1)
JURUSAN PENDIDIKAN SENI RUPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
SEPTEMBER 2019
LEMBAR PENGESAHAN KEGIATAN MAGANG 3
Laporan
Program MAGANG 3 oleh mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Makassar di SMP Negeri 2 Sungguminasa Tahun ajaran 2019/2020
dinyatakan diterima dan disahkan.
Yang
melaksanakan kegiatan ini adalah :
Nama : Firdaus
NIM : 10541083015
Jurusan : Pendidikan Seni Rupa
Program
Studi : Strata 1 (S1)
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Sungguminasa,
17 September 2019
Dosen
Pembimbing Guru Pembimbing
Soekarno
Buchary Pasyah, S.Pd., M.Sn. Nurlaela, S.Pd.
NIDN
: 0916038401
NIP. 19680405 199103 2 013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP Negeri 2 Sungguminasa
Muhammad Irfan
Mahmud. S.Pd.
NIP 19770424 200604 1 013
LEMBAR
PENILAIAN
Berdasarkan
pengamatan dan laporan MAGANG
3
oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar.
Yang Melaksanakan program ini adalah:
Nama : Firdaus
NIM :
10541083015
Jurusan :
Pendidikan Seni Rupa
Program Studi : Strata
1 (S1)
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Maka
guru
dan dosen pembimbing memberikan
nilai A/B/C/D/E(………)
pada Magang 3 kegiatan ini.
Sungguminasa,
17 September 2019
Dosen
Pembimbing Guru Pembimbing
Soekarno
Buchary Pasyah, S.Pd., M.Sn. Nurlaela, S.Pd.
NIDN
: 0916038401
NIP. 19680405 199103 2 013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP Negeri 2 Sungguminasa
Muhammad Irfan
Mahmud. S.Pd.
NIP 19770424 200604 1 013
LEMBAR PENILAIAN AKHIR
PROGRAM MAGANG 3
Berdasarkan
pengamatan dan laporan Program Magang 3
oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar.
Yang
melaksanakan program ini adalah :
Nama : Firdaus
NIM : 10541083015
Jurusan : Pendidikan Seni Rupa
Program Studi : Strata 1 (S1)
Fakultas : Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan
Maka
guru pamong
dan dosen pembimbing
memberikan nilai akhir sesuai aspek dan bobot penilaian akhir program Magang 3 sebagai berikut :
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Bobot (B)
|
Penilaian oleh
|
||||
Guru
|
Dosen
|
||||||
Skor (S)
|
S x B
|
Skor (S)
|
S x B
|
||||
1
|
Kegiatan Nonmengajar
|
N1
|
1
|
||||
2
|
Praktik Mengajar
|
N2
|
3
|
||||
3
|
Laporan Magang 3
|
N3
|
3
|
||||
4
|
Kompetensi Sosial dan
Kepribadian
|
N4
|
1
|
||||
Jumlah
|
8
|
Jum.
S x B
|
Jum.
S x B
|
Jumlah Skor Guru dan Dosen (Jumlah S x B)
|
Nilai Akhir*
|
|
Angka
|
Huruf
|
|
A/B/C/D/E***
|
* Nilai akhir Angka
dan Huruf diisi oleh Dosen
** Coret yang tidak
perlu
Sungguminasa,
17 September 2019
Dosen
Pembimbing Guru Pembimbing
Soekarno
Buchary Pasyah, S.Pd., M.Sn. Nurlaela, S.Pd.
NIDN
: 0916038401 NIP. 19680405 199103 2 013
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP Negeri 2 Sungguminasa
Muhammad Irfan
Mahmud. S.Pd.
NIP. 19770424 200604 1 013
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, itulah kata yang dapat penulis ucapkan
sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.,yang senantiasa memberi berbagai karunia
dan Rahmat yang tak terhingga kepada seluruh makhluk-Nya terutama kita selaku
hamba-Nya. Salam dan salawat kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang
merupakan panutan kita sampai akhir zaman. Dengan keyakinan itu, penulis dapat
menyelesaikan kewajiban akademik dalam Magang 3 SMP Negeri
2
Sungguminasa
Keberhasilan Magang 3 ini ditentukan oleh berbagai faktor, oleh karena itu kami ucapkan terima kasih
kepada :
1. Kedua orang tua, Bapak Syamsuddin dan Ibu
Faridah Wahab tercinta yang telah member pendidikan kedisiplinan, do’a dan
motivasi sampai sekarang.
2. Bapak, Dr. Rahman Rahim selaku rektor Universitas Muhammadiyah Makassar
3. Bapak Erwin Akib, M.Pd., Ph.D. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar.
4. Bapak, Dr.
Andi Baetal Mukaddas, S.Pd.,MSn. Ketua Prodi Pendidikan Seni Rupa FKIP Unismuh
Makassar.
5. Bapak, Soekarno Buchary
Pasyah, S.Pd., M.Sn. Selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan kritik dan
saran yang senantiasa menjadi arah dan dorongan dalam pelaksanaan Magang
6. Bapak Muhammad Irfan Mahmud, S.Pd. selaku kepala sekolah SMP Negeri 2 Sungguminasa yang telah memberikan
kesempatan untuk melaksanakan Magang 3
7. Ibu Nurlaela, S.Pd selaku
guru pembimbing yang telah memberikan arahan serta bimbingan dalam pelaksanaan
Magang 3
8. Bapak dan ibu Guru serta Staf tata usaha SMP
Negeri 2 Sungguminasa
9. Rekan – rekan mahasiswa Magang 3 SMP Negeri 2 Sungguminasa yang telah
memberikan masukan-masukan dalam pelaksanaan Magang 3.
10. Siswa-siswi SMP Negeri 2 Sungguminasa Terutama
kelas VIII.1 VIII.2 & VIII.3
11. Semua pihak yang telah membantu dalam
pelaksanaan Magang 3 di SMP Negeri 2 Sungguminasa
Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini dapat menjadi masukan
yang bermanfaat, khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya. Semoga segala
apa yang menjadi jerih payah bernilai ibadah di sisi Allah SWT.
Billahi Fisabilil Haq Fastabiqul Khaerat
Wassalamu Alaikum Wr.Wb.
Sungguminasa, 17 September 2019
Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN.................................................................................... ii
LEMBAR PENILAIAN......................................................................................... iii
LEMBAR PENILAIAN AKHIR .......................................................................... iv
KATA PENGANTAR............................................................................................ vi
DAFTAR ISI............................................................................................................ viii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
A. Visi Misi Sekolah............................................................................................... 1
B. Profil Sekolah.................................................................................................... 2
B.1 Riwayat Singkat Pendiri dan
Pembina Sekolah tempat Magang 3....... 2
B.2 Fasilitas Sekolah......................................................................................... 5
B.3 Keadaan Siswa........................................................................................... 6
B.3.1 Penerimaan Siswa Baru..................................................................... 6
B.3.2 Proses Kenaikan Kelas...................................................................... 6
B.3.3 Waktu Belajar.................................................................................... 7
B.3.4 Jumlah Siswa..................................................................................... 7
B.4 Personil........................................................................................................ 8
B.4.1 Guru.................................................................................................. 8
B.4.2 Staf.................................................................................................... 11
B.4.3 Petugas Keamanan............................................................................ 12
BAB II PELAKSANAAN DAN PERMASALAHAN PENDIDIKAN
DI SEKOLAH........................................................................................... 13
A. Ulasan Bidang Studi......................................................................................... 13
viii
|
A.2
Masalah Proses........................................................................................ 14
A.3
Partisipasi dan Adaptasi Sekolah............................................................ 15
B. Bimbingan Guru Pamong dan Dosen
Tutor.................................................. 15
B.1 Kegiatan Latihan Mengajar..................................................................... 15
B.2 Kegiatan Pendidikan Lain....................................................................... 16
C. Kegiatan
Penanggulangan Masalah............................................................... 17
C.1 Proses Belajar Mengajar.......................................................................... 17
C.2 Penanggulangan Masalah Pendidikan
Lainnya....................................... 17
C.3 Latihan Mengajar.................................................................................... 18
BAB III SIMPULAN DAN SARAN..................................................................... 19
A.
Kesimpulan
.................................................................................................. 19
B.
Saran............................................................................................................. 19
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 20
DAFTAR LAMPIRAN – LAMPIRAN
A.
Instrumen Magang III
B.
Laporan Penilaian
Guru Pamong dan Dosen Pembimbing
C.
Absensi Pelaksanaan
Magang III
D.
Absensi Kelas
E.
RPP
F.
Dokumentasi
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Visi
Misi Sekolah
Email :
smpnduasungguminasa@yahoo.com
Website :
www.smpnegeri2sungguminasa.net
Jl.
Andi Mallombasang No. 1 Telp. 0411-865571
Sungguminasa, 92111.
1. Visi
Sekolah
“Menjadikan peserta didik cerdas berkarakter, ramah
lingkungan berprestasi pada bidang akademik dan non akademik dengan
berlandaskan iman dan taqwa”.
2. Misi
Sekolah
Untuk
mewujudkan visi yang telah dirumuskan,maka yang harus dilakukan sekolah adalah
:
1.
Meningkatkan
disiplin dan kualitas layanan pendidikan yang profesional.
2.
Meningkatkan
kesadaran warga sekolah dalam menjangga lingkungan sekolah yang bersih, asri,
nyaman, untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan.
3.
Meningkatkan
sumber daya manusia tenaga pendidik dan kependidikan.
4.
Meningkatkan
kegiatan pembelajaran yang berkualitas berbasis sekolah yang literat.
5.
Meningkatkan
prestasi akademik dan non akademik.
6.
Menyelenggarakan
kegiatan keagamaan.
3. Tujuan
sekolah
a.
Melaksanakan kegiatan (pengembangan strategi pembelajaran
dengan pendekatan Scientific yang berbasis ICT) yang
bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang akademik;
b.
Melaksanakan kegiatan (berbagai kompetisi OSN, O2SN, FLS2N dan FLSN) yang bertujuan
meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang non akademik;
c.
Melaksanakan kegiatan (mengembangkan system pembelajaran dan
penilaian sesuai dengan standar nasional) yang bertujuan mewujudkan tenaga
pendidik dan kependidikan yang profesional dan kompeten;
d. Melaksanakan
kegiatan (pembinaan IMTAQ secara rutin, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai
keagamaan, budaya luhur bangsa sehingga menjadi sumber kearifan) yang bertujuan
untuk membentuk warga sekolah yang beriman dan bertakwa melalui kegiatan
keagamaan;
e.
Melaksanakan kegiatan (membudayakan kegiatan religious,
integritas, mandiri, gotong royong, dan nasionalisme) yang bertujuan untuk
membudayakan pendidikan karakter pada peserta didik;
f.
Melaksanakan kegiatan (budaya aman, nyaman, tertib, dan
menyenangkan) yang bertujuan untuk menumbuhkan kondisi lingkungan sekolah ramah
anak;
g.
Melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan
lingkungan yang bersih, sehat, rindang dan asri sebagai upaya dalam pelestarian
dan pengelolaan lingkungan;
h.
Melaksanakan kegiatan (kerja sama antarwarga/keluarga besar sekolah dan lingkungan sekitar) yang bertujuan
untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar
yang kondusif;
i.
Melaksanakan manejemen sekolah yang transparan dan
partisipatif (memudahkan akses Sistem Informasi Manejemen).
B.
Profil
Sekolah
B.1. Riwayat Singkat Pendiri dan
Pembina SMP NEGERI 2 Sungguminasa
Awal mula berdirinya
sekolah SMPN 2 SUNGGUMINASA ialah pada
awal mulanya dinamakan SMEP selanjutnya
berganti menjadi SMP didirikan pada tahun
1979 yang mana didirikan oleh pemerintah Sungguminasa di provinsi Sulawesi
selatan. Bangunan sekolah merupakan milik sendiri dari pemerintah. Lokasi
sekolah berada kecamatan Somba Opu dengan jarak ke pusat kecamatan sejauh 1.5
KM. yang terletak pada lintasan penghubung kabupaten Gowa dan Takalar dan juga
merupakan organisasi penyelenggaraan dari pemerintah.
No.
|
IDENTITAS
SEKOLAH
|
|
1.
|
NAMA
SEKOLAH
|
SMP
NEGERI 2 SUNGGUMINASA
|
2.
|
NOMOR
STATISTIK
|
201190 301002
|
3.
|
PROPINSI
|
SULAWESI
SELATAN
|
4.
|
OTONOMI
DAERAH
|
KAB.
GOWA
|
5.
|
DESA
/ KELURAHAN
|
SUNGGUMINASA
|
6.
|
KECAMATAN
|
SOMBA
OPU
|
7.
|
JALAN
DAN NOMOR
|
ANDI MALOMBASANG NO. 1
|
8.
|
KODE
POS
|
92111
|
9.
|
TELEPON
|
(0411) 861451
|
10.
|
FAKSIMILI
/ FAKS
|
(0411) 841577
|
11.
|
DAERAH
|
|
12.
|
STATUS
SEKOLAH
|
|
13.
|
KELOMPOK
SEKOLAH
|
|
14.
|
AKREDITASI
|
|
15.
|
SURAT
KEPUTUSAN/SK
|
NOMOR
: 030 / U / 1979
TGL. : 17 FEBRUARI 1979
|
16.
|
PENERBIT
SK.
|
|
17.
|
TAHUN
BERDIRI
|
1979
|
18.
|
TAHUN
PENEGERIAN
|
1979
|
19.
|
KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR
|
|
20.
|
BANGUNAN
SEKOLAH
|
|
21.
|
LOKASI
SEKOLAH
|
KEC.
SOMBA OPU
|
1. JARAK KE PUSAT KECAMATAN
|
± 1.5 KM
|
|
2. JARAK KE PUSAT OTODIA
|
± 1 KM
|
|
3. TERLETAK PADA LINTASAN
|
||
22.
|
SURAT
KELEMBAGAAN
|
NO: 0601/0/1985 tertanggal 12 November 1985
|
23.
|
ORGANISASI
PENYELENGGARAAN
|
|
24.
|
PERJALANAN
PERUBAHAN SEKOLAH
|
SMEP
KE SMP
|
25.
|
NPSN
|
40301060
|
SMP
Negeri 2 Sungguminasa hingga saat ini telah beberapa kali mengalami pergantian
kepala sekolah, yaitu:
a. Drs.
Abdul Muin
b.
Muh. Idris BA
c. Drs. A. Latief Makkalu
d. Drs. Muh Hatta dj.
e. Dra. Andi Wartiah, MM
f. Drs. H Sulkarnain, M.Pd
g.
Drs. Mukhlis Rahman
h.
H. Muh. Iqbal, S.Pd., M.Pd.
i. Adri Lairing, S.Pd.
j. Muhammad
Irfan Mahmud, S.Pd.
B.2
Fasilitas Sekolah
B.2. Fasilitas Sekolah
No.
|
Fasilitas
|
Jumlah
|
Luas (M2)
|
Kondisi
|
1.
|
Ruang
Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah
|
1
|
8
x 5
|
Baik
|
2.
|
Ruang
Tata Usaha
|
1
|
8
x 5
|
Baik
|
3.
|
Ruang
Kelas
|
24
|
9
x 7
|
|
4.
|
Perpustakaan
|
1
|
Baik
|
|
5.
|
Lab.
Komputer
|
1
|
Baik
|
|
6.
|
Lab.
IPA/Ruang Pertemuan
|
1
|
15
x 9
|
Baik
|
7.
|
Gudang
|
1
|
Baik
|
|
8.
|
Kantor/Ruang
Guru
|
1
|
18
x 7
|
Baik
|
9.
|
Mushallah
|
1
|
Baik
|
|
10.
|
WC
|
5
|
2
x 2
|
Rusak
Ringan
|
11.
|
Halaman
Sekolah
|
Ada
|
-
|
Baik
|
12.
|
Kantin
|
Ada
|
-
|
Baik
|
13.
|
Ruang
BP
|
1
|
Baik
|
|
14.
|
Ruang
UKS
|
1
|
Baik
|
|
15.
|
Dapur
|
1
|
2
x 2
|
Baik
|
16.
|
Listrik
|
Ada
|
-
|
Baik
|
17.
|
Air
PAM
|
Ada
|
-
|
Baik
|
18.
|
Wifi
|
Ada
|
-
|
Baik
|
19.
|
Telepon
Sekolah
|
Ada
|
-
|
Baik
|
B.3
Keadaan Siswa
Berdasarkan data keadaan siswa dari hasil observasi dapat di
nyatakan bahwa siswa yang bersekolah di SMPN 2 Sungguminasa sebagian besar berasal dari keluarga mampu yang terdiri dari anak
pegawai swasta dan PNS. Selain dari itu ada yang berasal dari keluarga kurang
mampu dengan berlatar belakang keluarga petani, buruh dan lain-lain. Jarak yang
siswa tempuh menuju sekolah pun berbeda-beda, sama halnya dengan transportasi
yang siswa gunakan kesekolah, ada yang mengendarai motor, angkutan umum dan ada
pula yang berjalan kaki.
B.3.1. Penerimaan Siswa
Baru
Penerimaan siswa baru di SMPN 2
Sungguminasa sudah mengikuti kurrikulum 2013
dengan system PPDB. Di mana pemerintah menerima peserta didik baru yang
berdomisili sesuai wilayah sekolahnya. Hal ini dilakukan untuk menghidari siswa
lebih banyak mendaftar di sekolah favorit yang jauh dari wilayah domisiliya.
Adapun pertimbangan dari system zonasi ini yaitu jarak tempat tinggal ke
sekolah, usia yang sesuai, sertifikasi hasil ujian Nasional.
Secara umum, penerimaan peserta didik
baru (PPDB) ada yang melalui jalur prestasi.
Penilain dan kriteria prestasi berdasarkan ketetapan pemeritah provinsi,
misalnya untuk peserta jalur prestasi di Surabaya, harus pernah juara kompetisi
nasional dan internasionaal (peringkat 1,2,3,)atau juara pertama tingkat
provinsi bisa memilih sekolah pilihan tetapi hanya satu pilihan sekolah saja.
Jalur regular memilih sekolah berdasarkan zona
yang yang sesuai domisili. Dengan kriteria penilaian antara lain Nilai
rata-rata hasil UN, Urutan Pilihan Sekolah, perbandingan UN yang lebih besar,
dengan urutan ( Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA).
B.3.2. Proses Kenaikan
Kelas
1.
Dilaksanakan pada setiap akhir tahun
pelajaran atau setiap semester genap.
2.
Kenaikan kelas didasarkan pada penilaian
hasil belajar pada semerter genap, dengan pertimbangan seluruh SK/KD yang belum
tuntas pada semester ganjil, harus dituntaskan sampai mencapai KKM yang
ditetapkan, sebelum akhir semester genap. Hal ini sesuai dengan prinsip belajar
tuntas (mastery learning), peserta yang belum mencapai ketuntasan belajar
sesuai dengan KKM yang ditetapkan, maka yang bersangkutan harus mengikuti
pembelajaran remedial sampai siswa yang bersangkutan mampu mencapai KKM
dimaksud. Artinya, nilai kenaikan kelas harus tetap memperhitungkan hasil belajar peserta didik
selama satu tahun pelajaran yang sedang berlangsung.
3.
Guru mata pelajaran yang bersangkutan
membuat daftar soal ujian dan kemudian di kumpul kepada pihak sekolah atau Tata
Usaha untuk ditindak lanjuti.
4.
Siswa yang Lulus secara SK/KD dan lulus
secara attitude dari mata pelajaran yang bersangkutan diboleh kan untuk
mengikuti ujian.
5.
Siswa yang berhasil dalam ujian berhak
untuk naik ketingkat selanjutnya atau naik kelas.
B.3.3
Waktu Belajar
Kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di SMPN 2 Sungguminasa berawal dari 07 : 15 – 12 : 00 (kelas pagi),
13 : 00 – 17 : 00 (kelas siang).
Sehingga
dengan adanya pembagian waktu belajar tersebut, guru bisa mengimbangi kelas
yang akan digunakan dalam proses pembelajaran
B.3.4. Jumlah Siswa
Daftar
keadaan siswa tahun tahun ajaran 2019/2020 pada semester ganjil, yaitu :
·
Data
siswa sekolah SMP NEGERI 2 SUNGGUINASA
No.
|
Kelas
|
L
|
P
|
Jumlah Siswa
|
Rombel
|
1.
|
VII
|
200
|
262
|
462
|
14
|
2.
|
VIII
|
208
|
241
|
449
|
14
|
3.
|
IX
|
198
|
244
|
442
|
14
|
Jumlah
|
606
|
747
|
1.353
|
42
|
B.4. Personil
SMP
Negeri 2 Sungguminasa dipimpin oleh seorang kepala sekolah dan dibantu oleh seorang
wakil kepala sekolah serta guru PNS maupun honorer dan staf tata usaha serta petugas keamanan.
B.4.1.
Guru
No.
|
Nama
|
Nip
|
Jabatan Guru
|
Mata Pelajaran
|
1
|
Dra.Husniah
|
19621009 198703 2 006
|
Gr. Madya
|
Pend.Agama
|
2
|
Syamsiah H.,S.Ag.
|
19590715 199003 2 002
|
Gr. Madya
|
Pend.Agama
|
3
|
Dra.Putri Hanis
|
19620802 198903 2 013
|
Gr. Madya
|
Pend.Agama
|
4
|
A.Hendriyana H,S.Pd.I.,M.Pd.I.
|
-
|
Gr.Honor
|
Pend.Agama
|
5
|
Cahaya, S.Pd
|
-
|
Pend.Agama
|
|
6
|
Nursyidah, S.Ag
|
-
|
Pend.Agama
|
|
7
|
Suciati Putri, S.Sos
|
-
|
Gr.Honor
|
Pend.Agama
|
8
|
Flordianus
|
PA. Kristen
|
||
9
|
Drs.Dahlan
|
19630727 200604 1 007
|
Gr.Pratama
|
PKn
|
10
|
Nasruddin Hamzar SIP.
|
19690315 200604 1 014
|
Gr.Pratama
|
PKn
|
11
|
Hartati , S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
PKn
|
12
|
Sri Ismayanti, S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
PKn
|
13
|
Kiki Rezkiyanti Sahar.S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
PKn
|
14
|
Rahmatiah Abdullah. S.Pd
|
19680527 199412 2 007
|
Gr. Madya
|
PKn
|
15
|
Aida Juriah S.Pd.
|
19650623 198803 2 011
|
Gr. Madya
|
Bhs. Indo
|
16
|
Hj.Rahmadhani S.Pd.,M.Pd
|
19691112 199802 2 007
|
Gr. Madya
|
Bhs. Indo
|
17
|
St.Nurhaedah, S.Pd
|
19710731 199802 2 003
|
Gr. Madya
|
Bhs. Indo
|
18
|
Indrawaty
D.R., S.Pd
|
19810511 200901 2 005
|
Gr.Pratama
|
Bhs. Indo
|
19
|
H.Roy Rasyid
|
19590321 198110 1 001
|
Gr. Madya
|
Bhs. Indo
|
20
|
Hadijah ,S.Pd
|
19841114 201407 2 003
|
Gr.Pratama
|
Bhs. Indo
|
21
|
Satriani,S.Pd
|
Gr.Honor
|
Bhs. Indo
|
|
22
|
Habib Burhan . S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Bhs. Indo
|
23
|
Siskawati,S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Bhs. Indo
|
24
|
Erniwati, S.Pd.,M.Pd
|
Gr.Honor
|
Bhs. Indo
|
|
25
|
Suherwin, S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Bhs. Indo
|
26
|
Hj.Retna
Iswari
|
19661208 198903 2 010
|
Gr. Madya
|
Bhs.
Inggris
|
27
|
Irwan Nurdin , S.Pd.
|
19600220 198212 1 001
|
Gr. Madya
|
Bhs.
Inggris
|
28
|
Hj.Harlina Amir , S.Pd
|
19621231 198503 2 063
|
Gr. Madya
|
Bhs.
Inggris
|
29
|
Muzdalifah.M. S.Pd
|
19771126 200604 2 015
|
Gr.Pratama
|
Bhs.
Inggris
|
30
|
Anzar Agus.
S.Pd. M.Pd
|
19790423 200701 1 005
|
Gr.Pratama
|
Bhs.
Inggris
|
31
|
Nurlina Yusup, S.Pd
|
19810603 201407 2 003
|
Gr.Pratama
|
Bhs.
Inggris
|
32
|
Rasdiyanah,S.Pd
|
19830910 200804 2 003
|
Gr.Pratama
|
Bhs.
Inggris
|
33
|
Fitriani Burhan,S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Bhs.
Inggris
|
34
|
Hj. Nurhayati,
S.Pd.
|
19600416 198102 2 001
|
Gr. Madya
|
Matematika
|
35
|
Muntaha , S.Pd.
|
19611231 198111 2 005
|
Gr. Madya
|
Matematika
|
36
|
Sitti Patimah,S.Pd.
|
19611121 199412 2 001
|
Gr. Madya
|
Matematika
|
37
|
Hj.Nurfiah ,S.Pd.
|
19651231 198512 2 009
|
Gr. Madya
|
Matematika
|
38
|
Mardiana,
S.Pd.
|
19790224 200604 2 019
|
Gr.Pratama
|
Matematika
|
39
|
Andi . Mula , S.Pd.
|
19800424 200701 2 018
|
Gr.Pratama
|
Matematika
|
40
|
Widiyawati,
S.Pd.
|
19810625
2007012 008
|
Gr.Pratama
|
Matematika
|
41
|
Muslimin Arsyad, S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Matematika
|
42
|
Kartini S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Matematika
|
43
|
Salmah ,S.Pd.
|
19630719 198411 2 002
|
Gr. Madya
|
IPA
Terpadu
|
44
|
Dra.Hj.Hamidah
|
19600104 198403 2 002
|
Gr. Madya
|
IPA
Terpadu
|
45
|
Muh.Anwar , S.Pd.
|
19671129 199001 1 003
|
Gr Madya
|
IPA
Terpadu
|
46
|
Hj.Halijah , S.Pd.
|
19640310 198411 2 001
|
Gr. Madya
|
IPA
Terpadu
|
47
|
Hj.Sukdiarti , S.Pd.
|
19640512 198411 2 002
|
Gr. Madya
|
IPA
Terpadu
|
48
|
Dra.Rahmawati
|
19641207 198903 2 005
|
Gr. Madya
|
IPA
Terpadu
|
49
|
Syahraini , S.Pd.
|
19770617 200604 2 024
|
Gr.Pratama
|
IPA
Terpadu
|
50
|
Harsawati , S.Pd.
|
19770418 200604 2 019
|
Gr.Pratama
|
IPA
Terpadu
|
51
|
Ilman Borahima. AR, S.Pd.
|
-
|
Gr.Honor
|
IPA
Terpadu
|
52
|
Hj. Armiati K
. SE
|
19800307 201410 2 001
|
Gr.Pratama
|
IPS
Terpadu
|
53
|
A.
Keteng Asni , SE
|
19720810 201410 2 001
|
Gr.Pratama
|
IPS Terpadu
|
54
|
Rosmawati , S.Pd.
|
19761005 201407 2 004
|
Gr.Pratama
|
IPS
Terpadu
|
55
|
Abd. Kadir , S.Pd
|
19721125 200701 1 010
|
Gr.Madya
|
IPS Terpadu
|
56
|
Yuningsih M, SE
|
-
|
Gr.Honor
|
IPS Terpadu
|
57
|
Sri Indrati
. SE
|
-
|
Gr.Honor
|
IPS Terpadu
|
58
|
Muriyati , S.Pd.
|
19591231 198303 2 077
|
Gr. Madya
|
Seni Budaya
|
59
|
Hj.Asliah , S.Pd.
|
19600206 198411 2 002
|
Gr. Madya
|
Seni Budaya
|
60
|
Nurlaela , S.Pd.
|
19680405 199103 2 013
|
Gr. Madya
|
Seni Budaya
|
61
|
Hj.Husniah
|
19600424 198112 2 008
|
Gr Madya
|
Seni Budaya
|
62
|
Salmiah Salim ,S.Pd.
|
-
|
Gr.Honor
|
Seni Budaya
|
63
|
A.Dian Oktavia Pratiwi,S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Seni Budaya
|
64
|
Asriani Cora, S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Seni Budaya
|
65
|
Firdaus Hambali.
S.Pd
|
19660323 198903 1 011
|
Gr. Madya
|
Penjaskes
|
66
|
Drs.Muharimin
|
19681231 199803 1 041
|
Gr. Madya
|
Penjaskes
|
67
|
Dra.Djumarni
|
19630510 198903 2 009
|
Gr. Madya
|
Penjaskes
|
68
|
Rusli AT,.
S.Pd.
|
19740822 200604 1 011
|
Gr.Pratama
|
Penjaskes
|
69
|
Ahmad. Sidiq, S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Penjaskes
|
70
|
Kurniah.S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Penjaskes
|
71
|
Teguh K. .S.Kom.MT
|
19840813 201001 1 029
|
Gr.Pratama
|
TIK
|
72
|
Ismawati, S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
Prakarya
|
73
|
Hasmah
Nuke. S.Pd
|
19641231 199003 2 051
|
Gr Madya
|
B K
|
74
|
Nurul Hikmah,S.Pd
|
19841105 201101 2 005
|
Gr.Pratama
|
B K
|
75
|
Munahidah , S.Pd.
|
19630505 199003 2 004
|
Gr. Madya
|
B K
|
76
|
Dian Reski Amelia F.S.Pd
|
-
|
Gr.Honor
|
B K
|
77
|
Mardiana . S.Pd
|
Gr.Honor
|
B K
|
|
78
|
St. Rajalia
|
19601017 198102 2 002
|
Gr Madya
|
B K
|
B.4.2.Staf
Staf yang membantu jalannya administrasi
sekolah dan lain-lain di SMP
Negeri 2 Sungguminasa adalah
sebagai berikut:
NO
|
NAMA/NIP
|
TUGAS
TAMBAHAN SESUAI FUNGSI SEKOLAH
|
1.
|
Muh. Syukri, S.Pd
NIP.196409121986031034Hj.
|
Kepala Tata Usaha
|
2.
|
Hj. Sutriany Rahman, SE
NIP.196208061986032013
|
Tata Usaha
|
3.
|
Saerah , S.Pd
NIP.196505041986032022
|
Tata Usaha
|
4.
|
Sukirah, S.Pd
NIP.196708111988032014
|
Tata Usaha
|
5.
|
Ilyas,S.Pd
NIP.197106111993031006
|
Tata Usaha
|
6.
|
Hj. St. Kasmumah, S.Pd
NIP.196011151991032005
|
Tata Usaha
|
7.
|
St. Hasmani
NIP.196008181981032011
|
Tata Usaha
|
8.
|
Nurmi, S.Pd
|
Tata Usaha
|
9
|
Nabula Uznul Khatima, SE
|
Tata Usaha
|
10.
|
Harsani, S.Ip
|
Tata Usaha
|
11.
|
Nurlaela, S.Pd
Nip.
19680405 199103 2 013
|
Kepala perpustakaan
|
12.
|
Salmah, S.Pd
Nip.
19630719 198411 2 002
|
Kepala Laboratorium
|
B.4.3.
Petugas Keamanan
Demi
menjaga keamanan dan ketertiban SMP Negeri 2 Sungguminasa, maka diperlakukan
peran petugas keamanan. berikut adalah nama-nama petugas keamanan yang ada di
SMP Negeri 2 Sungguminasa :
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
1.
|
Nurdin
depalawa
|
Keamanan
|
2.
|
Komaruddin
Daeng Nyala
|
Keamanan
|
3.
|
Retno
|
Keamanan
|
PELAKSANAAN
DAN PERMASALAHAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH
A.
Ulasan
Bidang Studi
A.1.
Persiapan Perangkat Pembelajaran
Sebelum
melaksanakan proses pembelajaran, guru terlebih dahulu menyiapkan perangkat
pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, buku paket, dan bahan ajar.
Tujuannya agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran
bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Sama
halnya dengan guru, sebelum mengajar mahasiswa magang 3 juga terlebih
dahulu mempersiapkan diri dengan membuat
perangkat pembelajaran yang hendak digunakan dalam proses pembelajaran, tapi
disini mahasiswa hanya menggunakan yang RPP, buku paket, dan bahan ajar.
Perangkat pembelajaran ini disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah
yang bersangkutan.Dalam hal ini, SMP Negeri 2 Sungguminasa menggunakan kurikulum
2013.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan panduan kegiatan guru dalam kegiatan
pembelajaran sekaligus uraian kegiatan siswa yang berhubungan dengan kegiatan
guru yang dimaksudkan. RPP ini disusun berdasarkan indikator-indikator yang
telah disusun yang mengacu pada prinsip dan karakteristik pembelajaran yang
dipilih berisi tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber
belajar, dan penilaian hasil belajar, RPP yang disusun mencakup alokasi waktu
3 x 40 menit dan 2 x 40 menit untuk setiap pertemuan (tatap muka).
Pembelajaran
harus dirancang sebagai suatu sistem,artinya pembelajaran itu terdiri atas
komponen-komponen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi.
Komponen-komponen pembelajaran yang dikembangkan merupakan satu kesatuan yang
saling berhubungan dan bersinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. Sebagai suatu sistem, komponen tujuan harus menjadi fokus utama perencanaan pembelajaran
sehingga pengembangan materi/bahan ajar, metode yang akan dikembangkan, media
atau sumber belajar lain yang akan dipakai dan evaluasi yang akan digunakan
harus selalu mengacu pada bagaimana tujuan pembelajaran tersebut dapat dicapai
secara optimal.
Berikut contoh format
RPP berdasarkan silabus Kurikulum 2013.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran:
Kelas/Semester :
Materi
pokok :
Alokasi Waktu :
A.
Kompetensi Inti
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
C.
Tujuan Pembelajaran
D.
Materi Pembelajaran
E.
Pendekatan, Strategi, dan Metode
Pembelajaran
F.
Kegiatan Pembelajaran
G.
Sumber Belajar
H.
Contoh Instrumen untuk Penilaian
I.
Penilaian hasil Belajar
(Untuk
lebih lengkapnya, RPP bisa dilihat pada lampiran)
A.2.
Masalah Proses
Proses
pembelajaran pada hakikatnya adalah proses belajar siswa sebagai manusia
pembelajar. Oleh karena itu, dalam melakukan perencanaan, seorang guru harus
mengutamakan pada proses belajar siswa itu sendiri sebagai manusia yang akan
belajar. Pandangan psikologi yang sesuai dengan prinsip ini adalah pandangan
humanisme yang menyatakan bahwa siswa merupakan subjek yang memiliki akal
pikiran. Oleh sebab itu, pada pelaksanaannya seorang guru harus
mempertimbangkan bahwa siswa yang akan dihadapi adalah manusia yang memiliki kemauan, kebutuhan, dan minat serta
karakteristik yang berbeda-beda.
Proses
belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting, disinilah siswa menentukan
apakah siswa mau belajar atau tidak. Masalah proses belajar siswa sangat
terpengaruh oleh faktor intern siswa dimana keadaan yang muncul dari dalam diri
siswa itu sendiri seperti intelegensi, motivasi belajar serta kepercayaan
diri.Intelegensi sangat besar pengaruhnya terhadap siswa dalam belajar, dimana
siswa yang berintelegensi tinggi akan berhasil dibanding mereka yang
berintelegensi rendah. Siswa yang sangat lambat (berintelegensi rendah) dalam
belajar yakni keadaan siswa yang memiliki bakat akademik yang kurang memadai
dan perlu pelajaran tambahan atau ekstra yang menjadi salah satu alternatif
penyelesaian masalah seperti ini.
Kurangnya
motivasi siswa dalam belajar juga sangat berpengaruh dalam proses belajar.
Siswa yang kurang bersemangat (motivasi) dalam belajar seperti bermalas-malasan
akan membuat mereka tidak memperhatikan pelajaran dan membuat siswa bosan dalam
belajar.
Rasa
percaya diri siswa yang kurang.Banyak siswa yang kurang percaya diri, padahal
siswa tersebut memiliki kemampuan belajar yang baik.Hal ini juga merupakan
hambatan siswa dalam belajar.
Adapun
faktor ekstern siswa seperti lingkungan sekitar yang tidak mendukung aktivitas
belajar siswa. Contohnya alat-alat pendukung sarana belajar yang kurang memadai
serta pencahayaan ruang kelas yang membuat proses belajar kurang efektif.
A.3.
Partisipasi dan Adaptasi Sekolah
Dalam
memaksimalkan proses pembelajaran, maka setiap persoalan yang dihadapi
dikomunikasikan dengan pihak-pihak yang ada di sekolah dan diberikan solusi
yang terbaik. Untuk lebih meningkatkan keakraban antara mahasiswa magang 3
dengan para guru dan staff sekolah, maka setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh
sekolah, mahasiswa magang 3 selalu ikut aktif dalam acara tersebut.Misalnya,
pada hari senin mengikuti upacara penaikan bendera, ikut serta dalam mengadakan
kerja bakti di sekolah, serta kegiatan lainnya yang diadakan di sekolah selama
kegiatan magang 3 ini.
B.
Bimbingan
Guru Pamong dan Dosen Tutor
B.1.
Kegiatan Latihan Mengajar
Sebelum
melaksanakan kegiatan pembelajaran, mahasiswa magang 3 melihat guru pamong
mengajar di kelas sebagai bahan observasi mahasiswa untuk belajar dan
mempersiapkan diri untuk mengaplikasikan kemampuannya di hadapan siswa. Guru pamong
memberikan informasi mengenai situasi dan kondisi kelas dan siswanya, sehingga
dapat memberikan metode pembelajaran yang terbaik untuk digunakan pada saat
pembelajaran berlangsung. Proses pembelajaran yang akan dilakukan tentunya
memerlukan persiapan yang matang agar dapat berjalan dengan lancar, karena itu
perlu dibuat perangkat pembelajaran dan rencana pembelajaran. Perangkat
pembelajaran yang telah dibuat tercermin dalam proses pembelajaran. Selain
persiapan perangkat pembelajaran, mahasiswa juga perlu menguasai materi
pelajaran yang akan di sampaikan kepada siswa agar tidak mengalami kendala saat
pembelajaran berlangsung.
Namun,
penguasaan materi tidaklah cukup jika komunikasi kepada siswa terhambat, karena
komunikasi dalam hal penyampaian materi kepada siswa harus efektif dengan
menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik.Selain itu,
penampilan dalam mengajar juga perlu dipersiapkan agar tidak mengundang hal-hal
yang tidak diinginkan. Penampilan disini dapat berupa cara berpakaian dan berperilaku.
Penampilan harus sebaik mungkin agar siswa juga akan tertarik dalam mengikuti
pelajaran.
Selain
bimbingan dari Guru Pamong, bimbingan yang diberikan oleh Dosen Pembimbing
sehubungan dengan pelaksanaan magang 3 ini juga tidak kalah penting.Dosen
Pembimbing dalam pelaksanaan magang 3 ini memberikan bimbingan terhadap
mahasiswa tentang bagaimana cara atau teknik dalam menghadapi anak didik
(siswa) sehingga apa yang kita sampaikan dapat dengan mudah dimengerti oleh
para peserta didik
B.2.
Kegiatan Pendidikan Lain
Pada pelaksanaan kegiataan magang 3 tepatnya di SMP Negeri 2 Sungguminasa
selain kegiatan mengajar atau teaching
dikenal pula adanya kegiatan non-mengajar atau non teaching. Kegiatan non
teaching meliputi :
a.
Melaksanakan administrasi sekolah, yakni
melakukan absensi sebagai upaya memotivasi siswa untuk aktif mengikuti
pelajaran.
b.
Mengikuti upacara secara rutin.
c.
Kerja bakti
d.
Mengikuti upacara pada tanggal 17 Agustus sebagai bentuk
partisipasi dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia
C.
Kegiatan
Penanggulangan Masalah
C.1.
Proses Belajar Mengajar
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan
interaksi antara guru dan siswa dimana akan diakhiri dengan proses
evaluasi hasil belajar. Proses pembelajaran juga diartikan sebagai suatu proses
terjadinya interaksi antara pelajar, pengajar dalam upaya mencapai tujuan
pembelajaran, yang berlangsung dalam suatu lokasi tertentu dalam jangka satuan
waktu tertentu pula.
Berdasarkan pendapat kedua ahli tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran sebagai suatu proses interaksi antara guru dan murid dimana akan dikhiri dengan
proses evaluasi hasil belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang
berlangsung dalam suatu lokasi dan jangka waktu tertentu.
Dalam Pelaksanaan magang 3, kendala dan hambatan pasti ada.
Salah satunya adalah ketika pertama kali tampil di depan kelas, terlebih pada
saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Namun, sekecil apapun masalah
selalu berkonsultasi dengan guru pamong. Dalam rangka mencapai tingkat
keberhasilan yang maksimal dalam penyampaian materi di depan kelas, maka hal-
hal yang perlu dilakukan adalah:
a. Sebelum mengajar, terlebih dahulu
membuat perangkat pembelajaran yaitu Silabus dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP).
b. Menguasai materi yang akan
diajarkan.
c. Menguasai metode yang sesuai dengan
materi yang diajarkan.
d. Menguasai kelas/ ruangan tempat
mengajar agar proses belajar mengajar dapat berlangsung tanpa hambatan.
C.2.
Penanggulangan Masalah Pendidikan Lainnya
Proses belajar mengajar akan berjalan
dengan baik sesuai dengan harapan apabila faktor-faktor pendukungnya dapat
terpenuhi, diantaranyan adalah penampilan yang luwes, strategi belajar yang
matang, dan metode mengajar yang sesuai dengan materi pelajaran.
Dalam pelaksanaan Magang 3, berbagai
permasalahan dan hambatan tentunya ada. Salah satu diantaranya adalah pada saat
tampil di depan kelas dimana terjadi kegaduhan siswa dan membuat proses belajar
mengajar menjadi terhambat. Salah satu upaya untuk mengatasi hal ini adalah
memberikan arahan kepada siswa bahwa jika guru sedang menjelaskan, maka siswa
harus memperhatikan. Karena apabila guru menjelaskan dan siswa asyik sendiri
dengan urusannya tanpa memperhatikan penjelasan materi dari guru, maka apa yang
dijelaskan oleh guru sulit dipahami siswa. Setelah diam, barulah kita
melanjutkan pelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa tadi untuk
mengerjakan tugas yang diberikan.Apabila ada siswa yang kurang paham, maka
mahasiswa magang 3 mendekatinya dan memberikan penjelasan tentang tugas yang
sedang dikerjakan/dibahas.
Kegiatan
pendidikan lainnya (non teaching) kurang dilakukan dibanding dengan kegiatan
yang semestinya dilakukan seperti mengajar karena kurangnya kesempatan siswa
maupun kami sendiri.Kegiatan pendidikan lainnya (non teaching) yang dilakukan
di lokasi Magang 3 seperti diadakannya jum’at Ibadah, kerja bakti.
C.3.
Latihan Mengajar
Kegiatan latihan mengajar merupakan kegiatan inti dari seluruh
kegiatan Magang 3. Setelah melakukan observasi, maka mahasiswa akan melanjutkan
dengan pelaksanaan pembelajaran.
Mahasiswa magang 3 harus mempersiapkan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) untuk setiap satu kali pertemuan agar tujuan pembelajaran
dapat tercapai dengan tepat dan memudahkan mahasiswa magang 3 dalam mengajar
dan juga memudahkan bagi para siswa untuk lebih mengerti dan memahami materi
yang disampaikan oleh mahasiswa magang 3 di depan kelas, sehingga proses
belajar mengajar di SMP Negeri 2 Sungguminasa dapat berjalan dengan baik dan
sistematis.
Saat
latihan mengajar terhadap siswa di dalam kelas masih banyak siswa yang kurang
dengan minat belajar terhadap bidang studi, kami mengusahakan untuk
meminimalkan siswa yang kurang dengan minat belajarnya dengan pendekatan
terhadap siswa tersebut. Hal ini bertujuan
agar siswa dapat tertarik pada bidang studi ini.
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Magang 3 Merupakan Mata Kuliah Wajib Di
ikuti Oleh Mahasiswa FKIP Unismuh Makassar Sebagai Sarana Melatih Mahasiswa
Untuk Menjadi Calon Guru Profesional, apa yang telah dipelajari di kampus
Diterapkan disekolah sesuai dengan kemampuan mahasiswa itu sendiri, Mahasiswa wajib Mempersiapkan perangkat
pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, buku paket, dan bahan ajar.
Tujuannya agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran
bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
SMP
Negeri 2 Sungguminasa, Sekolah yang Menerapkan Kurikulum 2013 Pada tahun ajaran
2019/2020, Dengan Kurikulum Tersebut Mahasiswa Mampu Melaksanakan Kewajiban
Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Seni Budaya yang berbasis Era
Teknologi Informasi 4.0. Dengan menggunakan Perangkat LCD, dan Siswa Diperlihatkan
Video Pembelajaran, Terkait Dengan
Materi Seni Budaya, Sekaligus siswa dapat belajar dari audio visual di
internet.
B.
SARAN
1. Sebelum
tampil di depan kelas hendaknya mempersiapkan diri dan menguasai materi yang
akan diajarkan.
2. Sebagai seorang calon guru harus memiliki
kreativitas dan inovasi baru dalam menunjang keberhasilan dalam proses belajar
mengajar khususnya kreativitas dalam menyusun materi pembelajaran, agar lebih
menarik dan menyenangkan. Sehingga siswa mampu belajar dengan nyaman dan lebih
aktraktif.
3. Kerapihan
berpakaian dan komunikasi yang baik antara siswa dengan guru (mahasiswa magang
3) perlu tercipta agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.
4. Diharapkan
adanya perbaikan kekurangan-kekurangan pada masa yang akan datang, baik itu
kekurangan atau kesalahan teknis oleh pihak penyelenggara maupun kekurangan
yang dirasakan oleh Mahasiswa magang 3 itu sendiri, sehingga apa yang diharapkan
bersama dapat tercipta sebagai seorang guru yang profesional pada bidangnya
masing-masing.
DAFTAR PUSTAKA
Dokumentasi Data Administrasi SMP Negeri 2 Sungguminasa.
Tahun ajaran 2019/2020
Muh Nur Salama. 2015. “Laporan Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar”. Makassar: FKIP
Universitas Muhammadiyah Makassar
Syamsuri, Andi Sukri,
dkk. 2018. “Buku Panduan Magang 3.
Makassar: FKIP Universitas Muhammadiyah
Makassar.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 18
Uno, B. Hamzah & Mohamad, Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan Paikem: Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Akdon.
2006. Strategic Managemet for Education
management. Bandung: Alfabeta.
Djamarah,
Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,
Suharsimi. 2012. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
LAMPIRAN
·
Instrumen
Magang III
·
Laporan
Penilaian Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing
·
Absensi
Pelaksanaan Magang III
·
Absensi
Kelas
·
RPP
·
Dokumentasi
INSTRUMEN
PROGRAM
MAGANG III
Nama : Firdaus
NIM : 10541083015
Program
Studi : Strata 1(S1)
Jurusan
: Pendidikan Seni Rupa
Lokasi
Magang : jln. Andi Mallombasang No. 1
( SMP NEGERI 2
SUNGGUMINASA )
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2019/2020
KEGIATAN I
Berdasarkan dengan pimpinan sekolah,
guru pamong, guru-guru lain dan staf tata usaha sekolah.
1.
Nama-nama
pimpinan sekolah dan staf tata usaha sekolah
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Alamat
|
1
|
Muhammad Irfan Mahmud, S.Pd.
|
Kepala sekolah
|
Jl.
Rajawali Asr. Lompobattang A 23
|
2
|
Hj. Halijah, S.Pd
|
Wakil Kepala Sekolah
|
Jl.
Flamboyan II
|
3
|
Abd. Kadir, S.Pd
|
Urusan Kurikulum
|
Jl.
Dg. Ngadde Stp. 4 No. 11
|
4
|
Irwan Nurdin, S.Pd
|
Urusan sarana
|
Jl. Dahlia Lr. 312
|
5
|
Nasruddin Hamsar, S.IP
|
Urusan Humas
|
Jl. Baji Dakka No. 5
|
2.
Nama
guru pamong dan guru-guru lain
No
|
Nama
|
Jabatan
|
1
|
Nurlaela S.Pd
|
Seni Budaya
(Guru Pamong)
|
2
|
Muriyati ,
S.Pd.
|
Seni Budaya
|
3
|
Hj.Asliah ,
S.Pd.
|
Seni Budaya
|
4
|
Nurlaela ,
S.Pd.
|
Seni Budaya
|
5
|
Hj.Husniah
|
Seni Budaya
|
6
|
Salmiah Salim
,S.Pd.
|
Seni Budaya
|
7
|
A.Dian
Oktavia Pratiwi,S.Pd
|
Seni Budaya
|
8
|
Asriani Cora,
S.Pd
|
Seni Budaya
|
9
|
Andi
Mula, S.Pd
|
Matematika
|
10
|
St.
Fatimah, S.Pd
|
Matematika
|
11
|
Muntaha,
S.Pd
|
Matematika
|
12
|
Hj.
Nurfiah, S.Pd
|
Matematika
|
13
|
Dra.
Rahmawati
|
IPA
|
14
|
Muhammad Anwar, S.Pd.
|
IPA & Kepala Lab IPA
|
15
|
Kiki Rezkiyanti
Sahar.S.Pd
|
Pkn
|
3. Nama
staf tata usaha
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Alamat
|
1
|
Muh. Syukri, S.Pd
NIP.196409121986031034.
|
Ketua Tata Usaha
|
Jl.
Pabanggiang
|
2
|
Hj. Sutriany Rahman, SE
NIP.196208061986032013
|
Tata Usaha
|
Jl.
Kamboja Bontokamase
|
3
|
Saerah , S.Pd
NIP.196505041986032022
|
Tata Usaha
|
Komp.
Katangka
|
4
|
Sukirah, S.Pd
NIP.196708111988032014
|
Tata Usaha
|
Bonto
Rea Palangga
|
4.
Kesan saudara dalam
perkenalan ini :
Kepala sekolah,
guru beserta staf disekolah ini ramah terhadap mahasiswa magang 3 terbukti
dengan kesan yang sangat baik saat penyerahan di sekolah SMP Negeri 2
Sungguminsa ini. Mereka pun memaklumi jika ada yang belum kami mengerti sebab
rata-rata dari mereka juga merupakan alumni Universitas Muhammadiyah Makassar.
5.
Manfaat yang saudara
peroleh dalam perkenalan ini:
a.
Dapat berkenalan
dengan kepala sekolah, guru dan para staf
b.
Dapat mengetahui
alamat kepala sekolah, guru dan para staf
c.
Dapat mengetahui mata
pelajaran yang dibawakan oleh setiap guru
KEGIATAN II
Mengenal lokasi sekolah, gedung sekolah,
ruang kelas, kantor, dan fasilitas lainnya.
1.
Nama dan Lokasi
Sekolah
Nama Sekolah :
SMP Negeri 2 Sungguminasa
Letak Sekolah :
Di Pinggir Jalan Poros Sungguminasa
Alamat Sekolah :
Jl.
Andi Mallombasang No. 1 Sungguminasa
2.
Kondisi Gedung / Bagian Sekolah
No
|
Ruang
|
Jumlah
|
Luas
|
Keterangan
|
1
|
Kepala
Sekolah dan Wakil
|
1
|
8
x 5 m
|
Kondisi
baik
|
2
|
Ruang
Guru
|
1
|
18
x 7 m
|
Kondisi
baik
|
3
|
Tata
Usaha
|
1
|
8
x 5 m
|
Kondisi
baik
|
4
|
Perpustakaan
|
1
|
7
x 12 m
|
Kondisi
baik
|
5
|
Lab.
IPA
|
1
|
9
x 15 m
|
Kondisi
baik
|
6
|
Penjaga
Sekolah
|
1
|
1.5
x1.5
|
Kondisi
baik
|
7
|
Mushallah
|
1
|
9
x 9 m
|
Kondisi
baik
|
8
|
Lab.
Computer
|
1
|
8
x 15 m
|
Kondisi
baik
|
9
|
Toilet
/ WC
|
6
|
2
x 2
|
Kondisi
baik
|
10
|
Gudang
|
1
|
2
x 3,5 m
|
Kondisi
baik
|
11
|
Ruang
kurikulum
|
1
|
4
x 6 m
|
Kondisi
baik
|
12
|
Ruang
Osis
|
1
|
6 x 3 m
|
Kondisi
baik
|
13
|
UKS
|
1
|
7
x 4 m
|
Kondisi
baik
|
14
|
Halaman
Sekolah
|
1
|
21
x 50
|
Kondisi
baik
|
15
|
Kantin
|
7
|
3
x 3 m
|
Kondisi
baik
|
16
|
PMR/Pramuka
|
1
|
5
x 3 m
|
Kondisi
baik
|
17
|
BK
|
1
|
3
x 7 m
|
Kondisi
baik
|
18
|
Koperasi
|
1
|
7
x 5 m
|
Kondisi
baik
|
19
|
Bangsal
Kendaraan
|
1
|
8
x 4 m
|
Kondisi
baik
|
3.
Kesan saudara terhadap kondisi gedung,
kelas, dan ruangan lainnya :
Kondisi gedung sekolah di SMP Negeri 2
Sungguminasa sudah cukup baik dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang
memadai.
4.
Manfaat yang saudara peroleh dengan
kegiatan pengenalan gedung dan fasilitas sekolah tersebut :
a.
Mengetahui letak ruangan-ruangan yanga
ada di sekolah seperti mushollah, perpustakaan, dan laboratorium
b.
Dapat memanfaatkan fasilitas yang ada
sesuai dengan fungsinya masing-masing
c.
Dapat melakukan perbaikan kondisi ruangan
yang kurang baik sehingga dapat menjadi lebih teratur dan dapat digunakan
sepenuhnya.
KEGIATAN III
Mempelajari
tugas-tugas guru di sekolah, tata tertib sekolah baik untuk guru maupun siswa.
1.
Tugas
Kepala Sekolah
a.
Kepala sekolah selaku
edukator bertugas dan berfungsi melaksanakan proses pembelajaran siswa secara
efektif dan efisien
b.
Kepala sekolah selaku
manager mempunyai tugas :
1)
Menyusun perencanaan
2)
Mengorganisasikan
kegiatan
3)
Mengarahkan kegiatan
4)
Mengkoordinasikan
kegiatan
5)
Melaksanakan pengawasan
6)
Melakukan evaluasi
terhadap kegiatan
7)
Menentukan
kebijaksanaan
8)
Mengadakan rapat
9)
Mengatur proses
belajar mengajar
10) Mengatur
administrasi
11) Mengatur
Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
12) Mengatur
hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait
c.
Kepala sekolah selaku
administrator bertugas menyelenggarakan administrasi
1)
Perencanaan
2)
Pengorganisasian
3)
Pengarahan
4)
Pengkoordinasian
5)
Pengawasan
6)
Kurikulum
7)
Kesiswaan
8)
Ketata usahaan
9)
Ketenangan
10) Kantor
11) Keuangan
12) Perpustakaan
13) Laboratorium
14) Ruang
keterampilan / kesenian
15) Bimbingan
konseling
16) UKS
dan OSIS
d.
Kepala sekolah selaku
supervisor bertugas menyelenggarakan supervise mengenai :
1)
Proses belajar
mengajar
2)
Kegiatan bimbingan dan
konseling
3)
Kegiatan
ekstrakurikuler
4)
Kegiatan ketata
usahaan
5)
Kegiatan kerja sama
dengan masyarakat
6)
Sarana dan prasarana
7)
Kegiatan OSIS
8)
6 K
Dalam melaksanakan tugasnya, kepala sekolah dapat
mengelegasikan kepada wakil kepala sekolah.
2.
Tugas
Guru Kelas / Wali Kelas
Guru
bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan proses
belajar mengajar secara efektif dan efisien. Tugas dan tanggung jawab seorang
guru meliputi :
a.
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran
b.
Melengkapi program dan
perangkat pembelajaran, meliputi :
1)
Buku panduan
pembelajaran
2)
Rencana program
pembelajaran
3)
Analisis materi
pembelajaran
4)
Rincian yang efektif
5)
Daftar nilai
6)
Daftar hadir
c.
Melaporkan hasil
perkembangan siswa pada mata pelajaran yang diajarkan
d.
Menciptakan suasana
yang tenang sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik
e.
Mampu memancing minat
belajar siswa
f.
Mampu memotivasi siswa
untuk menggunakan sarana sekolah seperti perpustakaan dan sarana Ibadah untuk
meningkatkan kualitas siswa
g.
Membantu kepala
sekolah dan guru pamong untuk mengatasi permasalahan siswa dalam proses
pembelajaran
h.
Memberikan keteladanan
bagi siswa, meliput :
1)
Tutur kata
2)
Sikap
3)
Tindakan dan perbuatan
4)
Busana / pakaian
5)
Interaksi dalam
masyarakat
3.
Tugas
Tata Usaha
Tugas
dan tanggung jawab staf/tata usaha adalah:
a.
Menyusun program tata
usaha sekolah
b.
Mengelola keuangan
sekolah
c.
Mengurus administrasi
ketenagaan siswa
d.
Membina dan
mengembangkan karier pegawai
e.
Menyusun administrasi
perlengkapan sekolah
f.
Menyusun dan
menyajikan data/statistic sekolah
g.
Mengkoordinasikan dan
melakukan 6 k
h.
Menyusun laporan
pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala
KEGIATAN IV
1.
Mencatat Model Rancangan Pembelajaran Guru Pamong di
Sekolah.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1)
Identitas
terdiri atas :
a)
Satuan
Pendidikan
b)
Kelas/Semester
c)
Mata Pelajaran
d)
Materi Pokok
e)
Alokasi Waktu
2)
Kompetensi Inti
( K I )
3)
Kompetensi Dasar
4)
Indikator
5)
Tujuan
Pembelajaran
6)
Materi
Pembelajaran
7)
Metode
Pembelajaran
8)
Media
Pembelajaran
9)
Sumber Belajar
10)
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
a)
Kegiatan
Pendahuluan
b)
Kegiatan Inti
c)
Kegiatan Penutup
11)
Penilaian
2.
Kesan
a.
Rancangan
rencana pelaksanaan pembelajaran yang dimiliki guru sudah lengkap
b.
Untuk penilaian
terhadap siswa, guru memiliki absen khusus yang sesuai dengan kurikulum 2013
yang dipakai saat ini di sekolah SMP Negeri 2 Sungguminasa.
KEGIATAN V
1.
Observasi
Kegiatan Belajar Mengajar
Nama Guru :
Nurlaela, S.Pd.
Kelas : VIII.1 , VIII.2 VIII.3
No
|
Cara mengajar/kegiatan/kegiatan mengajar
|
Ya
|
Tidak
|
Ket
|
1
|
Memulai
Pembelajaran (Salam, Doa, Apersepsi)
|
ü
|
Baik
|
|
2
|
Membuka
Pelajaran
|
ü
|
Baik
|
|
3
|
Memberikan/Melakukan
Pertanyaan
|
ü
|
Baik
|
|
4
|
Memberikan
Penguatan/Ket. Mengajar
|
ü
|
Baik
|
|
5
|
Menjelaskan
Materi dengan Sistematis
|
ü
|
Baik
|
|
6
|
Menggunakan
Media/Alat Peraga
|
ü
|
Baik
|
|
7
|
Antusias
dalam Kegiatan Mengajar
|
ü
|
Baik
|
|
8
|
Mengelola
Pembelajaran dengan Diskusi
|
ü
|
Baik
|
|
9
|
Adanya
Variasi/Gaya Guru
|
ü
|
Baik
|
|
10
|
Bahasa
yang Mudah dan Jelas
|
ü
|
Baik
|
|
11
|
Menulis
di Papan Tulis Bagian yang dijelaskan
|
ü
|
Baik
|
|
12
|
Memberikan
Kesempatan Murid untuk Bertanya
|
ü
|
Baik
|
|
13
|
Mengadakan
Kesimpulan
|
ü
|
Baik
|
|
14
|
Melaksanakan
Penilaian
|
ü
|
Baik
|
2.
Kesan
Dari observasi
terhadap kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan, saya dapat mengetahui
metode pembelajaran guru serta bagaimana respon siswa terhadap metode yang
diterapkan, sehingga jika kurang optimal maka akan dilakukan metode
pembelajaran yang lain. Dapat mengenali suasana kelas dan kegiatan rutin yang
dilakukan sebelum memulai pelajaran. Guru pamong sangat ramah dan baik serta
paham betul tentang bagaimana menjadi mahasiswa magang.
Komentar
Posting Komentar